KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Berbicara Tak Pantas di Sekitar Anak? Hal yang Harus Dihindari!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2d1cc18d9b17170b604cc5/berbicara-tak-pantas-di-sekitar-anak-hal-yang-harus-dihindari

Berbicara Buruk di Sekitar Anak? Hal yang Harus Dihindari!

Berbicara Buruk di Hadapan Anak? Hal yang Tak Pantas Dilakukan!


Setiap pasangan yang sudah menikah, pastilah memiliki harapan untuk memiliki momongan. Kehadiran anak akan ditunggu-tunggu datangnya. Dengan kehadiran sang buah hati akan menambah rasa cinta pada keduanya (suami-istri).


Mendidik seorang anak memang tak mudah, tetapi disinilah peran kedua orang tua. Kedua orang tua harus mampu mendidik anaknya dengan baik, karena anak itu butuh dididik dan dibimbing. Setiap orang pasti akan mengalami fase dimana pencarian jati diri, nah begitulah anak nantinya.

Berikut hal-hal yang tidak boleh dilakukan disaat ada anak disekeliling:

1. Jangan bertengkar di hadapan anak




Tidak ada yang suka melihat kedua orang tuanya bertengkar apapun permasalahannya. Anak akan lebih suka jika kedua orang tuanya saling damai, saling menyanyangi dan mengayomi. Melihat kedua orang tuanya yang bertengkar, pastilah akan membuat perasaan anak menjadi sedih, ada juga yang bisa membuat trauma, terlebih jika kedua orangtuanya saling memukul ketika bertengkar. Pandangan tiap anak berbeda-beda, ada yang memang anaknya tampak tegar, kuat dalam menghadapi kenyataan. Ada juga anak yang mudah sedih ketika menyikapi suatu permasalahan, dan lain-lain sebagainya.

Alangkah baiknya jika ada permasalahan, lebih baik dibicarakan di tempat yang tidak bisa dijangkau anak, lebih privasi gitu. Agar anak tak mendengar pertengkaran kedua orang tuanya. Selain juga bisa membuat psikis anak terganggu, anak juga akan tetap ingat kejadian yang dialaminya, takutnya anak juga akan meniru di kemudian hari. Tidak ada yang tahu, takdir seseorang kedepannya. Fisik, batin tiap anak berbeda-beda dalam menyikapi suatu hal.

2. Jangan membiasakan mengucapkan kata yang tak pantas di hadapan anak




Sering kali diantara kita pernah mengucapkan kata frontal yang tak mengenakkan. Kata-tak tersebut tidak baik jika diucapkan dihadapan anak. Terlebih jika kata yang keluar adalah kata yang tidak pantas. Apalagi jika yang mendengar anak yang masih di bawah umur. Dimana anak sering meniru perkataan orang lain, juga keadaan di sekitarnya. Hal ini kurang baik jika terus menerus tidak dicegah. Anak bisa saja mengikuti apa yang dikatakannya atau apa yang diucapkannya.

3. Jangan merendahkan orang lain



Perihal ini bukanlah masalah yang sepele. Merendahkan orang lain tidaklah baik dilakukan. Alangkah baiknya harus menghormati, memahami, dan menolong. Jangan sebaliknya. Terlebih jika mengucapkannya atau merendahkan di saat ada anak, baik anak kecil ataupun yang sudah remaja. Karena hal ini bisa jadi ditiru oleh anak nantinya. Kita tak tahu apa yang dipikirkannya, bukan?

"Ohh, iya, kemarin dia bilang gini, jadi aku gak salah dong kalau bilang gitu."

"Gak masalah dong, aku kan meniru dia."

Alangkah baiknya harus menjaga perkataan dengan baik, ya.

Nah seperti itulah, memang masih banyak lainnya yang harus dihindari di hadapan anak. Apa yang didengarkan, apa yang dilihat, apa yang terjadi dapat membentuk sifat anak nantinya. Entah hal yang baik atau sebaliknya. Memang segalanya harus berhati-hati dalam bertindak. Tidak boleh sembarang mengucapkan.





Sumber: opini pribadi, dan hasil pengamatan
Sumber gambar: google

profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 31 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ilafit
Halaman 1 dari 9
Silahkan berkomentar dengan bijak dan baik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 2 lainnya memberi reputasi
Hal yang terlihat biasa belum tentu akan biasa nantinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
erykamrdyna dan 2 lainnya memberi reputasi
Silahkan bermusyawarah dengan bijak
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
Kemungkinan besar bakalan di tiru oleh sang anak, di masa masih anak-anak anak lebih banyak belajar memperhatikan lingkungan sekitar.

Kita harus jaim di hadapan anak(bukan cuma sama gebetan doang)

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kucingkampung97
Quote:


Betul banget, kak. emoticon-2 Jempol
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
setuju banget ini mom, anak dalam masa pertumbuhn itu cara belajar mereka dengan mencontoh orang-orang disekitarnya
dari perkataan, kebiasaan, cara makan hampir semuanya mencontoh. jadi perlu hati-hati menjaga perkataan dan sikap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Iya, Gan. Semangat aja, ya. Berikan yang terbaik
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
Bicara bohong juga ga boleh
Misal anak kejedot meja, si Ibu bilang "Duh, mejanya nakal, ya? Nih Mama pukul, cup cup, jangan nangis lagi."

atau manggil anak katanya mau dikasih sesuatu, ternyata ga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Iya betul banget, kak. Gak boleh itu. Akan membuat anaknya menjadi terbiasa, ya
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan WardahRos memberi reputasi
menurut kita sepele dan bukan apa apa, pdhl anak merekam dengan jelass.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 2 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Quote:


Betul banget, kak. Karena kejadian buruk sulit sekali dilupakan, ya

Quote:


Semoga bermanfaat, Gan☺
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
Post ini telah dihapus
nah ini sih bener semua menurut ane, emang mesti jaga jaga deh kalau deket anak keciil, karena mereka kan pasti mudah nyontoh yaa
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan ilafit memberi reputasi
Quote:


emoticon-Kaskus Radio

Quote:


Betul banget, apalagi kalau meniru hal yang kurang baik. Itu gak baik buat perkembangan anak
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
Diubah oleh ilafit
karena anak adalah peniru ulung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
081364246972 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Betul banget, Kak
iya, karena apa yang anak dengan pasti mereka tirukan
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan ilafit memberi reputasi
Quote:


Betul banget, kak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:


Di sini banyak anak-anak yang suka niruin omongan kotor karena denger orang besar ngomong kotor
profile-picture
ilafit memberi reputasi
Halaman 1 dari 9


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di