CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
3 Cara Sederhana Merawat Ban Tubeless, Biar Lebih Awet
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2d07f965b24d3c1a5265c4/3-cara-sederhana-merawat-ban-tubeless-biar-lebih-awet

3 Cara Sederhana Merawat Ban Tubeless, Biar Lebih Awet

3 Cara Sederhana Merawat Ban Tubeless, Biar Lebih Awet

Jakarta, IDN Times - Banyak yang menganggap ban tubeless lebih kuat dan dari ban biasa. Padahal gak selamanya begitu. Sebab kuat atau nggaknya sangat tergantung pada penggunaan dan perawatannya.

Ban tubeless memang lebih tahan bocor di jalanan yang penuh ranjau paku, tapi di jalanan offroad lain ceritanya. Di jalan offroad, ban biasa lebih bisa diandalkan. Itu sebabnya kenapa motor-motor endurance dan trail selalu menggunakan ban jenis ini. 

Selain itu ban tubeless menggunakan bahan yang lebih lunak dari ban biasa. Karena itu usianya lebih pendek. Umur pemakaian ban tubeless hanya sekitar 1,5 tahun. Sementara usia pakai ban biasa bisa mencapai 2 tahun.

Tapi jangan cemas, berikut beberapa tip memelihara ban tubeless biar tetap awet.

1. Rajin cek angin dan mengisinya dengan nitrogen3 Cara Sederhana Merawat Ban Tubeless, Biar Lebih Awet
Kalau kamu menggunakan ban tubeless, jangan malas untuk mengecek tekanan anginnya, ya. Sebab ban yang terlalu keras atau kempes itu gak bagus buat ban. Selain itu membahayakan pengendara juga.

Akan lebih baik kalau kamu menggunakan nitrogen untuk ban tubeless. Kenapa sih kok gitu ya? Karena kalau nitrogen anginnya masih murni dan tidak mengandung uap air, sedangkan jika diisi dengan angin biasa dari kompresor terdapat uap airnya. Uap air ini yang membuat bannya jadi lebih panas dan pantulannya jadi lebih keras.

2. Jangan bebani motor dengan beban berlebih3 Cara Sederhana Merawat Ban Tubeless, Biar Lebih Awet
Membawa beban yang begitu berat juga dapat mempengaruhi usia pakai ban tubeless loh guys. Beban berat dapat mempengaruhi tekanan ban dan membuat ban menjadi cepat tipis. Karena itu jangan membawa barang-barang yang kelewat berat di atas motor. Hindari membawa kulkas atau mesin cuci, ya!

3. Menambal ban tubeless dengan cara tip top3 Cara Sederhana Merawat Ban Tubeless, Biar Lebih Awet
Ban tubeless juga bisa bocor. Kebocoran biasanya terjadi secara halus, karena itu diperlukan cara khusus untuk menambalnya, yaitu menambal ban dari dalam (tip top). Tapi, siap-siap harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit ya guys.


Sumber : https://www.idntimes.com/automotive/...mpaign=network

---



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di