CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Nian Cerita Rakyat tentang Tahun Lunar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2bd8acf4ae2f0f0205402d/nian-cerita-rakyat-tentang-tahun-lunar

Nian Cerita Rakyat tentang Tahun Baru Lunar

Nian Cerita Rakyat tentang Tahun Lunar

Lebih dari 1 milliar orang di China, dan negara-negara lain di seluruh dunia hari ini merayakan Tahun Baru Imlek dan menyambut pergantian tahun yang sudah dilakukan secara turun-temurun dari kebiasaan kuno yang dimulai sekitar 3.400 tahun yang lalu.

Tanggal Tahun Baru China, yang juga disebut Festival Musim Semi, berubah setiap tahun karena didasarkan pada kalender lunar. Sementara kalender Gregorian barat didasarkan pada orbit bumi mengelilingi matahari, China dan sebagian besar negara Asia menggunakan kalender lunar yang didasarkan pada orbit bulan di pada bumi. Tahun Baru China selalu jatuh berdekatan dengan bulan kedua setelah titik balik matahari dari musim dingin.

Kepercayaan Buddhisme dan Taoisme menambahkan warna baru kemudian untuk Tahun Baru China, namun perayaan Tahun Baru China sebenarnya jauh lebih tua usianya daripada kedua agama tersebut. Seperti kebanyakan masyarakat agraris pada umumnya, Tahun Baru China berakar pada perayaan Musim Semi. Tahun Baru China merupakan awal dari persiapan untuk musim tanam baru. Seluruh tujuan dalam sejarah penciptaan kalender dan pencatatan waktu adalah untuk memfasilitasi kegiatan pertanian. adalah penting untuk mengetahui kapan harus mengolah tanah dan menabur benih. Selain itu, kalender Cina kuno juga menjadi dasar untuk kegiatan agama, kegiatan dinasti, dan juga event sosial. Tulang-tulang Oracle yang bertuliskan catatan-catatan astronomi menunjukkan bahwa perayaan itu ada paling tidak sudah ada pada awal abad ke-14 SM, ketika Dinasti Shang berkuasa, namun ada juga yang percaya bahwa tradisi ini sudah dimulai sejak Kaisar Yao dan Shun (2.300 SM).

Quote:


Quote:


Quote:




Sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagogkritikal dan 24 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh liamonters
Halaman 1 dari 3
hmm, br tau ane jk perayaan imlek di daratan tiongkok bukan berasal dr agama budha, tao, konfusius......

lalu. tradisi mnyalakan petasan itu awal mula nya berasal dr dinasti mana ya, agan ts ??
Quote:


nice thread agan TS, semoga jadi HT emoticon-Big Grin

Penduduk desa selalu merasa ketakutan selama Musim Dingin, namun seiring berjalannya waktu, mereka mengetahui bahwa Nian yang ganas takut pada tiga hal, warna merah, api, dan kebisingan.

karena inilah lampion & ornamen lain kebanyakan warnanya merah(?)
Diubah oleh kreator.9.ES
di upin ipin pernah ada episode yang membahas nian dan festival ini.
Quote:


Bunyi-bunyian yang dipakai itu untuk mengusir Nian itu bukan petasan melainkan bambu yang dibakar yg berisi bubuk hitam dan oleh sebab itu muncul sebutan baozhu atau bambu yang meledak. Ruas-ruas bambu itu mengandung udara yang kalau dibakar akan meletus. Di buku Shijing atau Kitab Nyanyian sudah disebut tingliao yang artinya bambu terbakar sampai keluar bunyi ledakan.

dari sebelum masehi udah ada itu, tapi mulai populer sejak zaman Han, sampai zaman Song ada pabrik petasan dan kembang api.

Quote:


yes, dan juga karena warna merah melambangkan kebahagiaan.
Diubah oleh liamonters

#26,963

Kalau agan mengucapkan "Happy Chinese New Year 2571" ke Orang Tionghoa di AS, mereka pasti kebingungan karena tahunya sekarang ini tahun 4718.
barongsai kalo mengacu wiki ada Nian ada juga Qilin tergantung daerahnya

https://en.wikipedia.org/wiki/Lion_dance

sedangkan kalo di indo selama ini ane denger sih Qilin, malah baru tau ada Nian.
Quote:


Qilin beda lagi dengan barongsai dan Nian.
Qilin kalau cerita rakyatnya muncul saat ada orang besar lahir, makanya pas jerapah dikenal oleh zheng he, dibawa ke Kaisar Zhu Di dan dikeramatkan sebagai qilin
Lihat 1 balasan
Itu yang makan malam bersama saat Imlek, Ada yang lebih sakral dari makan malam bersama biasa, namanya yu sheng (鱼生): makan malam bersama dengan prosesi yang lebih detail.

Yu sheng ini sejenis salad yang terdiri dari beragam jenis makanan, seperti irisan sayur, ikan, mie, dll. Jadi semua bahan belum tercampur. Bumbu berupa saus wijen juga terpisah. Lalu peserta mengaduk sajian bersama-sama.

Quote:


Ini yang membedakan dengan makan malam bersama biasa. Diutamakan menggunakan meja bundar, nggak wajib sih karena kalau keluarga besar yang banyak orang kan mau nggak mau menggunakan meja biasa. Meja bundar itu simbol mata angin dan kehidupan. Sebelumnya peserta saling memberikan selamat, standar lah xin nian kuai le, gong xi fa cai, wan shi ru yi, dll. Lalu mulai prosesi pertama memeras lemon ke irisan ikan, terus menabur merica, lanjut menyiram saus wijen, sampai semua bahan tersaji di dalam satu wadah.

Nah, step by step ada yang harus diucapkan. Saat memeras lemon bilang ini, saat menabur merica bilang itu, saat menyiram saus wijen bilang ini, dst. Pokoknya nanti terakhir bersama-sama bilang "lo hei, lo hei" sambil mengaduk.

Quote:


Ini momen paling ditunggu anak-anak. Kapan lagi kan mengaduk bar-bar dengan mengangkat sumpit tinggi-tinggi sambil bercanda?

emoticon-Ngakak (S)

Makan deh bareng-bareng sampai habis.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Shyesun.pucha dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post liamonters
di bahas sekalian gan mumpung sesuai momennya emoticon-Big Grin
Quote:


ini kisah tentang Yongle dan qilin
Kaisar Yongle Dan Qillin
https://kask.us/ivjGY
#ForumKaskus via @KASKUS
profile-picture
profile-picture
2V7 dan jembloengjava memberi reputasi
Wah br tau ane ceritanya.. klo anak di rmh mah nyebutnya balongcay wkwkwk emoticon-Hammer2emoticon-Toast
Merah untuk keberuntungan. emoticon-Imlek emoticon-Imlek
Hmm..
Jadi berawal dari budaya suatu daerah berakhir ke petayaan agama.
Oke, I see..
emoticon-sudahkuduga
Post ini telah dihapus oleh KS06
Ane tahu nian malah di salah satu game rpg emoticon-Leh Uga eventnya membahas tentang nian yang jadi boss buat di hunt emoticon-Leh Uga
Waaah... Ane baru tauk nih...
emoticon-Matabelo
Quote:


dari namanya aja udh keliatan bukan perayaan agama.. "chinese new year" bukan "buddha new year", "konghucu new year", dsb
profile-picture
indahmami memberi reputasi
nian itu barongsai yah emoticon-Smilie
mirip2 ane liat
berdasarkan kepercayaan orang sana, tiap tahun ganti binatang. skrg tikus, entah tahun depan.
Lihat 1 balasan
baru tau ane gan informasinya
nice thread gan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di