CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Sista /
Sejarah dan Model Hijab di Indonesia dari Masa ke Masa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2bc1d268cc954edc00ffdf/sejarah-dan-model-hijab-di-indonesia-dari-masa-ke-masa

Sejarah dan Model Hijab di Indonesia dari Masa ke Masa

Sejarah dan Model Hijab di Indonesia dari Masa ke Masa
Gambar: alif.id

Hijab adalah penutup aurat bagi wanita di kalangan muslim.

Menutup aurat bagi muslimah hukumnya adalah wajib, dengan batas-batas tertentu dan telah disepakati ulama yang merujuk pada al-Qur'an serta Hadits sebagai sumber utama.

Meski terjadi perbedaan pendapat di antara kalangan ulama mengenai batasan aurat tersebut, ane kira itu merupakan hal yang wajar. Di mana-mana berbeda pendapat itu biasa. Kita kudu terbiasa menerima perbedaan pendapat dengan santun, dan berhak mengikuti pendapat yang dirasa tepat serta dianggap sesuai.

Namun, di sini ane tidak hendak mengajak membahas mengenai perbedaan pendapat terkait batas aurat, tetapi hendak sedikit mengulas sejarah hijab dan berbagai modelnya dari waktu ke waktu.

Catatan sejarah menyebut, budaya pemakaian hijab ada sejak abad ke-17, di mana seorang muslimah bangsawan dari Makassar yang kali pertama mengenakan. Meski belum ada bukti dokumentasi berupa foto, sebab foto pertama di dunia baru ada sejak abad ke-19 atau pada 1826 karya Joseph Nicephore Niepce.

Lantas, cara berhijab muslimah bangsawan Makassar tersebut ditiru oleh perempuan Jawa pada awal 1900-an.

Quote:


Catatan sejarah lain menyebutkan, hijab baru mulai dikenal (khususnya di Indonesia) pada tahun 1980-an. Dahulu, penyebutan kerudung dan jilbab lebih familiar daripada hijab.

Hal tersebut bermula dari pengaruh Revolusi Iran yang anti-Barat masuk ke Indonesia dan mendorong para aktivis untuk menunjukkan identitas keislamannya.

Jika kita membuka kembali lembar sejarah, ada beberapa pahlawan wanita muslim yang berhijab; contohnya HR Rasuna Said dan Hajjah Rahmah El Yunusiyyah. Ada pula pahlawan wanita muslim yang tidak berhijab.

Sekitar tahun 1970, hijab sebagai penutup aurat muslimah yang menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan tangan, belum populer di Indonesia, dan belum sepopuler saat ini.

Kebanyakan, para wanita muslimah pada masa itu masih mengenakan jarik/sewek, kebaya, dan kerudung berupa kain tipis panjang sebagai penutup kepala yang cukup disampirkan ke pundak dengan leher masih terlihat.

Quote:


Sayangnya pada masa Orde Baru, pemerintah beranggapan jika jilbab adalah simbol politis yang berasal dari Mesir dan Iran, di mana situasi politiknya tidak sesuai dengan situasi budaya Indonesia, sehingga pada masa itu penggunaan jilbab di sekolah-sekolah sempat dilarang.

Beruntungnya pada 1991 pemerintah kembali mengizinkan.

Pasca reformasi, saat jilbab semakin marak dan mendapat tempat di muka publik, komersialisasi pun mulai masuk sebagai bagian dari mode.

Di tahun-tahun saat booming grup musik kasidah Nasyida Ria yang tampilan dengan jilbab yang modelnya lebih beragam dan ramai, memengaruhi tren berjilbab di kalangan wanita muslim kala itu.

Quote:


Selanjutnya tren jilbab berubah lebih pada segiempat yang dimodel sederhana, simpel, tetapi tetap santun. Dilipat menjadi tiga sisi dan cukup dililit dengan jarum, sehingga bagian leher tertutup.

Spoiler for model jilbab sederhana:


Lantas, memasuki era industri 4.0 ini, model jilbab juga semakin beragam, mulai dari burka, hijab yang menutup sempurna (syar'i), hingga model jilbab yang kian modis dengan berbagai kreasi dari tangan desainer.

Quote:


Begitulah sekelumit sejarah hijab di Indonesia yang telah mengalami perubahan model dari waktu ke waktu.

Jika kita melihat lembar sejarah, ada pahlawan wanita muslim yang berhijab, ada pula pahlawan wanita muslimah yang tidak berhijab, menunjukkan jika pemakaian hijab merupakan pilihan personal.

Menutup aurat bagi muslimah memang wajib, tetapi mungkin perempuan bebas memilih berdasarkan preferensi pribadi.

Ada yang berhijab simpel, ada yang berhijab khas Indonesia, ada yang berhijab sempurna (syar'i), ada yang mengenakan hijab stylish kekinian, dan berbagai modelnya. Mengenai batasan aurat yang terjadi perbedaan pendapat, mari kita saling menghormati. Mari terbiasa untuk belajar memahami argumentasi pendapat yang berbeda.

Dan yang paling penting, jangan menjadi orang yang merasa sudah paling benar serta paling suci, dengan penampilan lahiriyah kita yang mungkin telah memenuhi standar agama.


Salam santun dan damai

emoticon-Angel emoticon-Angel emoticon-Angel

___o0o___

referensi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gimi96 dan 38 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
klik gambar di bawah!

Sejarah dan Model Hijab di Indonesia dari Masa ke Masa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 2 lainnya memberi reputasi
berbagai model hijab di Indonesia dari waktu ke waktu emoticon-Angel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qisatria dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
model klasik atau kekinian yang kamu banget, Sis? emoticon-Angel
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Panjang juga sejarahnya emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sinare dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Iya, Gan emoticon-Blue Guy Smile (S)
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ShitPiration dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh segoroagungindo
Memang mestinya disebut
جلباب
Tahun 80an ane ingat rata-rata
Berkerudungnya masih seperti Fatimah
Atau yang lebih dikenal dengan Fatmawati

Maaf itupun kebanyakan
Masih banyak di atau dari pedesaan
Kalau di perkotaan jarang kalaupun ada Biasanya dianggap dari desa
Atau bahkan maaf
Sampai diidentikan dengan janda

الحمد لله
Sekarang perkembangannya
Di tanah air
Begitu baik dan bagus untuk siar

Ini kesaksian ane
Agar kelahiran 90an & 2000an yang membaca
Menjadi tahu



Ketiga putri ane pun sedari kecil
Sudah dibiasakan untuk memakai
جلباب

emoticon-Maaf Aganwatiemoticon-Maaf Aganwatiemoticon-Maaf Aganwati



profile-picture
profile-picture
profile-picture
teka22 dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Waah, cantik-cantik semua emoticon-Wowcantik
profile-picture
trifatoyah memberi reputasi
Quote:


Iya, Gan. Ane baca artikel sejarah, muslimah yang berjilbab di tahun 80-an dianggap tak lazim, ada yang dianggap kutuan, dan anggapan-anggapan aneh, sebab jaman itu banyak orang belum ngerti/tau tentang/seputar jilbab.

Wah emoticon-Wowcantik mantab sekali sejak kecil sudah diajarkan berjilbab
Quote:


Bening bener ya emoticon-Bukan IGO
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mbak.far dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sekarang udah banyak model yang lebih simpel dan modis gitu kayak pake scarf emoticon-Maaf Aganwati

dulu bahkan ada yang berlapis gitu, gak gerah apa yak?? hehe..
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
mantul ya ukhti emoticon-Maaf Agan
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
hijab : pelindung aurat
helm : pelindung kepala

ky nya emak2 naik motor pada belum paham nii emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
mbak.far dan 48y24rd memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane suka nya jilbobs dan Solehot gan
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ini juga pake hijab
Sejarah dan Model Hijab di Indonesia dari Masa ke Masa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qisatria dan 4 lainnya memberi reputasi
ukhti2
mantap...
profile-picture
riendzy92 memberi reputasi
wah banyak modelnya
profile-picture
AkuDanKontoIku memberi reputasi
gembok yah
kalo yang jaman dulu namanya kerudung itu.
di kampung ane, orang kristen juga pada pake kalo pas acara kumpul² acara kampung.

kalo yang namanya hijab harus menutup aurat sesuai tuntunan agama Islam.
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di