CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Jangan Dibuang! Inilah Tips Mengolah Nasi Sisa Menjadi Makanan Yang Lezat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e29094f68cc956b9025b731/jangan-dibuang-inilah-tips-mengolah-nasi-sisa-menjadi-makanan-yang-lezat

Jangan Dibuang! Inilah Tips Mengolah Nasi Sisa Menjadi Makanan Yang Lezat

Jangan Dibuang! Inilah Tips Mengolah Nasi Sisa Menjadi Makanan Yang Lezat
Sumber: https://beritagar.id

Apakah yang akan agan lakukan ketika mendapati sisa nasi di meja makan ? Apakah agan akan membuangnya ?, atau memberikan sisa sisa nasi agan untuk pakan ternak atau unggas ? Daripada dibuang alangkah baiknya jika agan dapat mengolah sisa nasi yang masih bisa dikonsumsi menjadi makanan yang tetap enak. Apa bisa ?, tentu saja bisa, dengan cara cara yang mudah berikut ini agan dapat mengolah sisa nasi menjadi makanan yang enak. Berikut ini adalah tipsnya.

1. Kerupuk
Jangan Dibuang! Inilah Tips Mengolah Nasi Sisa Menjadi Makanan Yang Lezat
Sumber: https://www.hipwee.com

Salah satu alternatif mudah mengolah nasi sisa adalah dengan membuatnya menjadi kerupuk. Caranya sangat mudah sekali, agan bisa merendam nasi sisa dengan air panas selama kurang lebih lima menit, lalu tiriskan. Haluskan bawang putih dan garam, lalu campurkan dengan nasi sisa yang sudah direndam tadi. Ulek sampai halus, tambahkan tepung aci, dan aduk sampai kalis. Setelah itu, agan bisa membentuknya menjadi bentuk lonjong besar, lalu kukus. Setelah matang, iris tipis adonan tadi dan jemur sampai kering. Untuk jadi kerupuk, agan tinggal menggorengnya saja sampai garing dan berwarna kecoklatan.

2. Bola-Bola Nasi
Jangan Dibuang! Inilah Tips Mengolah Nasi Sisa Menjadi Makanan Yang Lezat
Sumber: https://www.hipwee.com

Cara berikutnya untuk mengolah nasi sisa menjadi camilan yang enak adalah dengan membuat bola bola nasi. Bola bola nasi dengan aneka toping bisa menjadi camilan yang menggiurkan dan mengenyangkan. Selain rasanya nikmat, cara membuatnya juga sangat mudah. Agan hanya tinggal membuat bola-bola nasi yang diisi dengan daging, sayuran atau keju. Setelah itu, celupkan ke dalam kocokan telur dan gulingkan pada tepung panir. Kemudian goreng sampai matang.

3. Burger
Jangan Dibuang! Inilah Tips Mengolah Nasi Sisa Menjadi Makanan Yang Lezat
Sumber: https://club.iyaa.com

Nasi sisa yang agan punya ternyata juga bisa diolah menjadi pengganti roti burger  lho! Selain karena rasanya yang enak,burger nasi juga lebih mengenyangkan, jika dilihat dari kebiasaan orang Indonesia yang 'belum makan kalau tidak makan nasi' pasti akan sangat cocok dengan makanan ini. Cara membuatnya juga mirip dengan burger umumnya. Bentuklah nasi sisa menjadi bentuk bulat, lalu pipihkan. Setelah itu, agan bisa mengolesnya dengan mentega dan panggang sebentar. Agan bisa mengisi burger nasi tersebut dengan smoked beef, telur mata sapi, tomat, keju slice atau bahan lain sesuai selera.

4. Bubur
Jangan Dibuang! Inilah Tips Mengolah Nasi Sisa Menjadi Makanan Yang Lezat
Sumber: https://www.hipwee.com

Jika agan bosan makan nasi putih, mungkin agan bisa mencoba membuat bubur dari nasi sisa. Caranya membuatnya sama dengan pembuatan bubur pada umumnya. Agan hanya perlu memasukkan nasi sisa tersebut ke dalam panci dengan menambahkan air kaldu atau santan. Masak sampai nasi tersebut berubah menjadi bubur. Hidangkan dengan topping sesuai selera, seperti abon, kecap, dan kerupuk. Jangan lupa tambahkan cekap asin untuk memperkaya cita rasa. 

5. Pudding
Jangan Dibuang! Inilah Tips Mengolah Nasi Sisa Menjadi Makanan Yang Lezat

Sumber: https://cookpad.com


Siapa bilang nasi sisa hanya bisa diolah menjadi kudapan asin? Jika agan termasuk penyuka makanan manis, maka agan juga bisa mengolah nasi sisa di rumah menjadi rice pudding. Pudding dari nasi sisa tak kalah enak dari makanan manis lainnya dan cara pembuatannya juga cukup simpel. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat rice pudding juga sangat sederhana. Agan hanya perlu menambahkan susu, telur, dan gula pada nasi. Setelah itu, masak hingga mendidih dan mengental. Lalu masukkan adonan dalam cetakan puding dan siap disajikan ketika dingin.

Di atas adalah beberapa tips mengolah nasi sisa yang masih bisa dikonsumsi menjadi makanan yang enak. Daripada membuang nasi sisa lebih baik mengolahnya kembali, selain menjadi makanan atau camilan yang en dan tentu saja lebih hemat, mengolah nasi sisa juga dapat mengurangi sampah makanan dan supaya makanan tersebut tidak mubazir tentunya.emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup

Sumber: https://resepkoki.id 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bang.dot dan 7 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
kek mana ya rasa pudding nasi
profile-picture
yogapranata0008 memberi reputasi
Quote:


Enak ko gan. Nggak kalah dengan puding aslinya
nasi goreng
Quote:


Zeeppp emoticon-Jempol
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Hah baru tau ada puding nasi wkwk
udah paling bener nasinya dimasukin kulkas terus digoreng nyam nyam nyam
Quote:


Mantap..emoticon-Jempol
nasi yg baru aja kurang suka apalagi yg bekas gan
Wah.. nggak nyangka nasi bisa dibuat menjadi puding? tapi ane belum bisa bayangin sih gimana rasanya.hehe.. kalau di rumah ane sih nasi sisa biasanya dijemur terus dijual ke pasar.. harganya 5 ribu / kg, lumayan kan daripada cuma dibuang emoticon-Big Grin
kalo dirumah ada sisa nasi, dikasih kuciing xixi
dibikin pudinh, kk gimana rasanya tu?
Di kampung ane banyak banget yang manfaatin nasi sisa jadi kerupuk.. rasanya enak
Kalo dirumah ane ada nasi sisa pasti langsung dibikin nasi goreng biar ga kebuang wkwk


Quote:


Kucingnya makan nasi gan? Wkwkwk wihhh oke jgga tu kucing ane taunya biasanya ayam yg makan nasi sisa
profile-picture
aquarian95 memberi reputasi


Quote:


Hah nasinya dimasukin kulkas dulu gan? Wkwk biar apa tu gan
kerupuk dari nasi tu kalau di tempat ane namanya karak...
wkwkwk
mau makan soto, kare, timlo, sop, bakso, atau makanan tak berkuah pasti nggak bakal ketinggalan tu pake karak...
karak aja cuma di cocol sambel bawah / sambel korek udah mantab banget rasanya... wkwkwk
Quote:


iyaa gan dimasukin ke kulkas biar nasinya engga lembek, kan nasi goreng lebih enak kalo nasinya ngga lembek heheh itu ngeliat tutorial dari siapa ya lupa, masterchef pokonya
Masya allah bisa di buat burger jg ya
wah oke juga nih


Quote:


Ohhh iya gann benerr.. kalo nasi yg terlalu lembek gitu emg gaenak banget sih dibikin nasi goreng.. ane baru tau nih bisa pake cara masukin kulkas.. thx gan infonya
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di