CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2819135cf6c4596d45e021/mengapa-jalan-tol-harus-bayar-apakah-bisa-gratis

Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?

Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
Foto: gridoto.com

Sebagai salah satu bagian dari percepatan pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah beberapa tahun terakhir ini, jalan tol di Indonesia memiliki peran yang cukup vital. Dengan dibangunnya jalan tol, akses dari suatu tempat menuju ke tempat lainnya dapat lebih mudah dicapai. Utamanya, jalan tol dapat mengefisiensikan waktu yang harus di tempuh dalam sebuah perjalanan jika dibandingkan lewat jalan non-tol yang rata-rata memiliki segudang permasalahan seperti macet, jalanan berlubang, dan lain sebagainya. Namun, pernahkah kita penasaran mengapa jalan tol menerapkan tarif bagi para penggunanya?Apakah mungkin bagi kita untuk melewati jalan tol tanpa mengeluarkan uang?

Jawabannya adalah karena pemerintah berhutang untuk membangun jalan tol tersebut. Dana yang dibutuhkan juga cukup besar dan jika sangat sulit apabila hanya mengandalkan pajak untuk membangun infrastruktur seperti jalan tol. Oleh karena itu, biasanya pemerintah menjalin kerjasama dengan para investor untuk melaksanakan pembangunan jalan tol tersebut.

Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
Foto: cnnindonesia.com

Setelah pembangunan jalan tol telah rampung, pemerintah akan diberi waktu untuk mengembalikan uang yang dipinjamkan oleh investor. Pemberian waktu tersebut disebut dengan masa konsesi. Biasanya, jalan tol di Indonesia memiliki masa konsesi selama 50 tahun. Jadi, selama 50 tahun tersebut, pemerintah harus dapat mengembalikan uang investor plus dengan bunganya. Oleh karena itulah, jalan tol memiliki tarif masuk bagi pengendara yang hendak menggunakannya.
 

Kemudian, apakah pemakaian jalan tol bisa gratis? Jawabannya tentu saja bisa. Ketika masa konsesi telah habis, jalan tol akan sepenuhnya dipegang pemerintah. Selanjutnya, hanya pemerintah yang bisa memutuskan, akan tetap menerapkan tarif pagi pengguna atau tidak alias digratiskan. Tapi biasanya, di Indonesia sendiri tarif jalan tol akan tetap diterapkan untuk membantu pendanaan pemerintah guna membangun jalan tol baru.


Sumber:
Pemikiran TS 
dan
https://www.indopress.id/article/nas...is-jalan-tol 

Sumber Gambar:
Google Image 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samc01 dan 21 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kulitkacang10
Halaman 1 dari 7
Diamankan oleh TS

Tambahan dari agan/sista:
Quote:

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SouwSteveChe dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kulitkacang10
kalo disuruh bayar aja laku trus ngapain harus digratisin
emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
grinti.anget dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
nice trit gansss emoticon-Cendol (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
monkeydragonrf dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post Vandisk
bener juga ente wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
monkeydragonrf dan 3 lainnya memberi reputasi
Balasan post Vandisk
Quote:


sayangnya tidak friendly buat masyarakat kalau bayar terus wkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post mpasha14
Quote:


thx gan emoticon-Cendol (S)
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Krn utang negara bukan cm pembangunan tol aja emoticon-Frown(
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post rianna.nai
Quote:


iya ganemoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan rianna.nai memberi reputasi
gapapalah wong mobil aja kebeli masa bayar tol doang ngeluh .. malu sama mobil apalgi mobil mahal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post barif94
Quote:


nah itu diaa emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Baru baca thread ini dan ya bener juga sih apa yg disampein hehe mantap nice info
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Mengapa Jalan Tol Harus Bayar? Apakah Bisa Gratis?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:

Semoga trit ane bisa sedikit membantu gan emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
bayar aja masih ngantri, apalagi gratis?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Balasan post MrJeffBezos
Quote:


Biasanya kan antri terjadi di pintu tol karena sedang bayar tarifnya. Kalo gratis mungkin lain ceritanya. Tapi belum pernah dicoba sihh tol gratis, jadi belum tau juga
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
bisa "gak bayar", tp nnti ditarikin dari pajak BBM untuk maintenance nya. mau?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Natsirrazaq dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post samradler
Quote:


Waduh bahaya emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Nice info.
Lewat jalan tol mah termasuk mahal buat ane gan.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Kagak bakalan gratis ..., kecuali kalau pajak dinaikkan dan sebagian darinya digunakan untuk membiayai proses perawatan jalan.

Terkait hal seperti ini, pemerintah harus betul-betul pintar mengkalkulasi (meski itu sifatnya prediksi) keseluruhan biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar upah (aparat, wakil rakyat), membiayai biaya perawatan sarana-prasarana yang sudah ada, membiayai proses pembangunan selanjutnya, dengan apa yang didapat.

Apa yang didapat itu, pada masa kini, masih "dibantu" oleh keberadaan sumber daya alam tak terbarui, entah 20-30 tahun lagi, ketika itu kian menipis jumlahnya. Sementara jumlah hasil dari pembangunan akan terus bertambah dari tahun ke tahunnya. Sedangkan kalau mau mendapatkannya dari pajak dari wajib pajak, itu juga akan menemui kendala, ketika jumlah yang dominan adalah mereka yang terbebas dari kewajiban membayar pajak, karena apa yang mereka peroleh di kesehariannya tidak sampai melampaui batas acuan terkena pajak.

Lha ..., opo maneh sing bakal didol ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Itu tol Jagorawi udh sampai masa konsensus masih bayar gab
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di