CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
RW di Surabaya Minta Maaf Gunakan Istilah Nonpribumi dalam Surat Edaran
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e27c61d88b3cb6d2e6b37fd/rw-di-surabaya-minta-maaf-gunakan-istilah-nonpribumi-dalam-surat-edaran

RW di Surabaya Minta Maaf Gunakan Istilah Nonpribumi dalam Surat Edaran

RW di Surabaya Minta Maaf Gunakan Istilah Nonpribumi dalam Surat Edaran

Surabaya - Pengurus RW 03 Kelurahan Bangkingan menanggapi surat edaran soal iuran bagi pribumi dan nonpribumi yang terlanjur viral. Pengurus RW mengakui bahwa redaksional surat tersebut salah dan meminta maaf.

"Saya mohon maaf sebesar-besarnya bila kata-kata redaksinya pribumi dan nonpribumi itu tidak sengaja. Memang itu kesalahan dari kami," kata Ketua RW 03, Paran saat ditemui detikcom, Selasa (21/1/2020) malam.

"Sekali lagi mohon maaf apabila ada salah satu pihak yang tidak nyaman, tersinggung ya sekali lagi saya mewakili dari pengurus RW 03 mohon maaf. Dan tidak ada maksud apa-apa," imbuhnya.

Paran melanjutkan, kata pribumi dan nonpribumi yang dicantumkan di surat edaran tersebut hanya copy paste dari surat edaran dari pengurus sebelumnya. Pihaknya memakai kata-kata tersebut juga tidak bermaksud menyudutkan satu etnis tertentu. Sebab selama ini kata itu dianggap biasa.

"Redaksional pribumi dan nonpribumi itu tidak ada kesengajaan menyudutkan etnis tertentu. Kebetulan kata pribumi kami itu kan juga mengadopsi dari bahasa (redaksional) yang lama. Nggak ada masalah," terangnya.

Menurut Paran, pengertian pribumi dan nonpribumi yang dipakai tidak bermaksud diskriminatif atau menyudutkan satu etnis tertentu. Tapi itu hanya untuk penyebutan warga yang sudah mempunyai Kartu Keluarga kelurahan setempat dan pendatang

"Pengertian pribumi di sini itu orang yang sudah ber-KK RW 03 Kelurahan Bangkingan sini. Itu namanya pribumi. Kalau nonpribumi itu punya rumah di RW 03 tapi tidak ber-KK RW 03. Nah itu dikatakan nonpribumi," jelas Paran.

"Makanya kemarin karena ada pendatang sama warga asli karena di sini kan kebanyakan orang-orang desa kulturnya itu ya bilang pribumi nonpribumi. Nah itu kemarin redaksinya kita memang salah mencantumkan itu," lanjutnya.

Surat edaran yang menarik iuran bagi warga, menurut Paran, merupakan hal wajar di Surabaya. Meski begitu, tarikan iuran yang dilakukan tarifnya relatif sesuai aturan masing-masing RT dan RW.

"Saya kira itu semua di Surabaya baik itu RT RW itu punya aturan sendiri-sendiri tentang iuran," sambungnya.


Ditanya untuk apa iuran tersebut, Paran menyebut iuran dari warga itu dipakai untuk mengadakan berbagai kegiatan tahunan warga. "Soal iuran itu untuk kegiatan rutinan setiap tahun, misal sedekah bumi, pentas 17 Agustusan dan itu kita ambil dari swadaya masyarakat. Bahkan untuk kegiatan kemarin saja kita menghabiskan sekitar Rp 60 juta," terangnya.

Paran juga menegaskan bahwa selama ini iuran kepada warga baik pribumi dan nonpribumi sudah berjalan dengan baik. Dan tidak ada keluhan atau protes dari warga. "Nggak ada biasa saja nggak ada keluhan warga soal iuran selama ini. Cuma ketepatan di RW 03 viral akhirnya jadi ramai. Alasannya itu tadi dikatakan diskriminatif dan lain-lain. Padahal tidak," terangnya.

"Selama ini juga kita tarik iuran sama dengan yang ada di surat edaran yang viral itu. Nggak ada biasa aja," pungkasnya.

https://m.detik.com/news/berita-jawa...surat-edaran/2

Menurut ane tetap rasis,karena kagak pantas bicara pribumi non pribumi terlebih lingkup RW...emoticon-Blue Guy Bata (L)

Sejarahnya di kampung2 itu hanya ada kata pendatang bukan non pribumi yang harus lapor 2 x 24 jam ....

Begitupula dengan formulir perpindahan,yang ada cuman pendatang....sekali lagi cuman pendatang wahai kaum rasisemoticon-Blue Guy Bata (L)

Harusnya di pecat aja nih RW emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh extreme78
Halaman 1 dari 11
jangan bertamu pas imlek ya, haram angpao orang non pribumi

Lagian sudah ada UU dan INPRES

RW di Surabaya Minta Maaf Gunakan Istilah Nonpribumi dalam Surat Edaran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
b42l4t4k dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh akamamichi
Lihat 5 balasan
Di indonesia ini yg pribumi siapa sih?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
b42l4t4k dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Ketakutan sama pendatang !


Ga bisa bersaing di bales naikin iuran sampe dobel !

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 13 lainnya memberi reputasi
ini mah pungli goblowk
kpk mana kpk

pungli kok diterapkan seenak jidat gini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aal31 dan 4 lainnya memberi reputasi
Kedepannya iuran dari "non pribumi" tetep dobel ga nih?
Nikmat uang kafir memang begitu menggoda emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Exorcizm dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
komunitas hobi minta maaf
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lickmyballs dan 9 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
"Pengertian pribumi di sini itu orang yang sudah ber-KK RW 03 Kelurahan Bangkingan sini. Itu namanya pribumi. Kalau nonpribumi itu punya rumah di RW 03 tapi tidak ber-KK RW 03. Nah itu dikatakan nonpribumi," jelas Paran.

pantesan gua pas sekolah dulu tuh banyak temen pada bilang bahasa indoensia susah emoticon-Mewek
ini pasti Pak Paran salah satunya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
tidak ada maksud apa2 , matamu lah , harus nya rt rw rasis kek gini dipecat, kalo enggak yang lain ikut2an juga rasis begitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 3 lainnya memberi reputasi
Kenapa istilah tersebut masih ada? Jadi penasaran, ingin lihat isi surat edaran nya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Wan jembut itu 100% prbumi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kevinekaa dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
minta maaf ternyata emoticon-Cool
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Ono-ono wae rek gae aturan
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan Theist memberi reputasi
Nasib minoritas, dimana2 mau ngapain dipersulit..
Giliran mau lebaran atau ada kegiatan, malah dipalakin dgn modus THR atau sumbangan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
b42l4t4k dan 8 lainnya memberi reputasi
Sudah bagus disebut non pribumi, kalau ane rw nyah malah ane tulis nguik

emoticon-Argentina
profile-picture
profile-picture
profile-picture
angkawan dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
gegara pidato wan abud bgst ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kurakurakuraba dan 4 lainnya memberi reputasi
Kgk ada yg nyerang “surabaya” nya nih buat para nguikers kntol mini? emoticon-DP emoticon-babi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kevinekaa dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post drs.obama
Quote:


cie cie terongris curhat


Quote:


Contoh orang dungu emoticon-DP emoticon-babi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
b42l4t4k dan 3 lainnya memberi reputasi
Melakukan pembedaan terhadap warga asli daerah tersebut dengan warga pendatang pun juga termasuk diskriminasi, apalagi dibedakan dengan tambahan pungutan liar
profile-picture
profile-picture
kevinekaa dan extreme78 memberi reputasi
Halaman 1 dari 11


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di