CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pecat Helmy Yahya, Dewas TVRI Singgung Utang Anggaran Hak Siar Liga Inggris Rp 37,8 M
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e26fe4ef4ae2f2d2324e98a/pecat-helmy-yahya-dewas-tvri-singgung-utang-anggaran-hak-siar-liga-inggris-rp-378-m

Pecat Helmy Yahya, Dewas TVRI Singgung Utang Anggaran Hak Siar Liga Inggris Rp 37,8 M

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Dewan Pengawas TVRI Arief Hidayat Thamrin mengatakan bahwa TVRI baru pertama kali dalam sejarah memiliki utang dalam jumlah signifikan, yaitu di era Direktur Utama Helmy Yahya.Total utang anggaran TVRI tahun 2019 yang dilimpahkan ke tahun 2020 tercatat Rp 37,8 miliar.

 

"Makanya kami tidak ingin kerugian lembaga ini membawa sebuah kesulitan bagi TVRI ke depan dan kami tegas yang salah pasti jenderalnya sehingga kami melakukan pemberhentian pada Direktur Utama," ujar Arief dalam rapat bersama Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat, Jakarta, Selasa, 21 Januari 2020.

 

Arief berujar Dewan Pengawas sejatinya sudah mengingatkan secara preemtive kepada Direksi TVRI bahwa akan ada anggaran terhutang tahun 2019 yang mesti dilimpahkan ke anggaran tahun 2020. Namun pada akhirnya tetap terjadi dan merugikan lembaga. "Ini kami sendiri sangat kecewa."

 

Berdasarkan paparan yang disajikan Dewan Pengawas, tampak bahwa anggaran terutang itu paling besar tercantum pada pembelian hak siar sebesar Rp 33,8 miliar. Pembelian hak siar itu terdiri atas hak siar Liga Inggris Rp 27 miliar dan BWF Rp 5,8 miliar.

 

Selain itu juga utang biaya sewa pemilu Rp 625,7 juta, belanja bahan Rp 433,6 juta, sewa Rp 1,9 miliar, perjalanan dalam kota Rp 11,35 juta,perjalanan dinas luar negeri Rp 53,2 juta. Selain itu juga ada utang jasa profesi Rp 882 juta.

 
"Sesuai notulen DPR ada SKK honor penyiar LPP TVRI, walaupun secara laporan direksi mengatakan SKK terbayar keseluruhan. Tapi di jasa profesi ada SKK honor penyiar yang belum terbayar. Ada juga honor narasumber yang belum terbayar," tutur dia.

 

Dewan Pengawas TVRI sebelumnya telah memecat Helmy Yahya melalui surat bernomor 8/DEWS/TVRI/2020. Sebelum dipecat, Helmy sempat dinonaktifkan dari jabatannya pada 4 Desember 2019. Helmy lalu mengirim surat pembelaan yang dikirimkan kepada Dewan Pengawas pada 18 Desember 2019.

 

CAESAR AKBAR

https://bisnis.tempo.co/read/1297952...garan-rp-378-m
profile-picture
rullycmtn memberi reputasi
jadi kudu gak boleh ada utang sama sekali gitu?kudu nol utang walo gak ada yang nonton gitu?
profile-picture
profile-picture
pdt.henderson dan extreme78 memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Kayanya..amplop sumpalan nya tebel nih dari pemegang hak siar di sini..emoticon-Traveller cmiw
harus ada tayangan releji yang ada azab azabnya...jangan lupa acara ust somat...di jamin kebal emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
samradler dan steven.thereds memberi reputasi
Maksudnya uang sejumlah segitu biasanya dibagi-bagi ke dewas ya? emoticon-Ngakak
profile-picture
rgenpeninsula memberi reputasi
Gitu ya
utangnya terhitung hutang positif.
dengan adanya liga inggris, penonton meningkat, iklan juga jadi banyak

kalau dewasnya kolot dan udah tua yah gini
profile-picture
samradler memberi reputasi
pancingan dulu itu mah biar banyak ditonton org, kalo sdh rame baru mikirin manajemen iklan

bisa jadi surplus sayangnya dewas kurang cerdas urusan bisnis


dewas terlalu fokus nyari2 kesalahan, ga mikirin kemajuan tvri yg mulai banyak ditonton masyarakat
profile-picture
samradler memberi reputasi
Diubah oleh codimo
Muter2 cari alesan...
Perlu ada yang bongkar ni masalah TVRI
profile-picture
rajkapoor memberi reputasi
Disini seh pihak MOLA hrs menjelaskan ke publik gimana sistem kontrak hak siar EPL dgn TVRI, misalnya berapa persen pembagian utk pembayaran hak siar ke EPL, apakah pihak TVRI membayar lebih besar drpd pihak MOLA? Itu juga hrs ditelusuri, baru diputuskan apakah dri segi bisnis itu perjanjian yg merugikan atau bisa memberi profit.
profile-picture
rajkapoor memberi reputasi
jujur emang profil helmy yahya ini bnyak positif sehingga bnyak yg membela,
tpi emang siaran TVRI klau nda berubah, pasti tambah bnyak yg meninglkan, sepertinya y siaran tetap ada tnpa ada yg menonton atau sedikit emoticon-Berduka (S) , apalagi dah jmanya streaming dan internet

emang sih TVRI ini cenderung berat dan monoton, Helmy berani buat gebrakan walau ternyata utang juga, mhal juga y disetor ke mola pdhal isinya kdang pertndingan yg tidak bigmatch
profile-picture
rajkapoor memberi reputasi
ada utang
ada income masuk

Wajar kan?
Semua tau bisnis tv udah gak profitable,sekarang udah beralih ke streaming semua.lu mau profitable contoh stasiun tv sampah, mereka tau audience nya kelas bawah, mindless fuckers with no preference plus dangdut, dangdut sells like sex tape.
Plus timnas indon, jual itu dengan embel embel nasionalisme,sponsor akan datang sendirinya,persetan hasil akhir

Verdict :
Dewan pengawas sudah melakukan hal yang benar. Lo mau nonton bola, beli kuota inet,emak lu mau dangdut dan gosip settingan, everybody wins
profile-picture
profile-picture
Aparatkaskus dan lumb3rjack memberi reputasi
Diubah oleh tonidookie
Lihat 1 balasan
(beli hak siar liga inggris) - (pendapatan sponsors) = profit stasiun tv
Penonton bisa nonton Gratis lewat stasiun relay tiap kota ,penonton khusus lewat satelit/parabola ngenes diacak

tv swasta cari duwit dari sponsors
Diubah oleh cahmlg123456
Quote:


Nah ane paling ga suka orang2 model kyk gini.

HRD perusahaan, audit, sgv, petugas perusahaan. Orang2 kyk gini yang paling ane benci.
Kalau masalahnya di hutang, kenapa langsung pecat? Bisa dipanggil, diminta penjelasan manajemen keuangan gimana caranya nutup utang, dsb. Utang segitu emang berbahaya buat TVRI? Berapa asetnya TVRI dan berapa batas hutang yg dibolehkan dari segi ekonom/akuntan?

Emang kl pecat langsung ilang utangnya? Emang rencananya Helmi tentang siaran TVRI tahun ini mau gimana? Apa masih akan nambah utang atau sudah punya strategi nambah income?

Dewas harusnya ambil keputusan berdasarkan proyeksi ke depan, bukan yg di masa lalu emoticon-Ngacir
Diubah oleh ev103
Easy Premier League bukan jati diri anak bangsa emoticon-Cool

Bata!
profile-picture
rajkapoor memberi reputasi
Balasan post tonidookie
Betul..net aja gagal. Harusnya tvri dgn kekuatan jaringan dan sdm lokal bisa bikin program kedaerahan yg ciamik. Modal bisa ditekan kalau manajemen yahud..ini mah konvensional, beli liga inggris..terlalu biasa ide si helmi
secara helmy publik figur, opini publik positif. Redaksi sempat mencoba cari tahu ke sejumlah karyawan tvri.

Ternyata di Tvri banyak bermasalah. contoh misal hutang, Tvri masuknya komisi I, harusnya tidak memiliki hutang seperi lembaga BUMN di komisi VI ada profit n utang,

kedua keterlambatan dan nyaris tidak bayar honor karyawan berbulan2 (klaim desember. audah dibayarkan) tapi masih ada hutang kepada karyawan.

ketiga honor narasumber yang siaran 2019, belum dibayarkan. seperti ulasan dewas d komisi I.

Dll

Ada baiknya publik juga harus cermat melihat semua situasi dari berbagai aspek, baik aturan dan regulasi.
Diubah oleh apnews


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di