CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Sering Diremehkan! Ternyata Buah Mengkudu Punya Segudang Khasiat Baik Bagi Tubuh
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e26efab6df2312f7e30869e/sering-diremehkan-ternyata-buah-mengkudu-punya-segudang-khasiat-baik-bagi-tubuh

Sering Diremehkan! Ternyata Buah Mengkudu Punya Segudang Khasiat Baik Bagi Tubuh

Sering Diremehkan! Ternyata Buah Mengkudu Punya Segudang Khasiat Baik Bagi Tubuh

Sumber: https://www.alodokter.com

Hai.. agan agan sekalian, bertemu kembali di threat saya.emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peace Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang salah satu buah yang sering dijauhi orang karena bau dan bentuknya. Yap, apalagi kalau bukan Buah Mengkudu.

Buah mengkudu adalah salah satu buah yang sering dihindari banyak orang karena baunya yang sangat menyengat dan rasanya yang kurang enak. Tekstur dan bentuk buah mengkudu yang kurang menarik juga menjadi alasan kebanyakan orang enggan mengonsumsinya. Tapi tahukah agan agan sekalian, kalau buah satu ini ternyata mengandung banyak manfaat baik untuk kesehatan loh. Apa saja manfaat tersebut ?  emoticon-Thinking  Nah berikut ini telah saya rangkum enam manfaat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh. emoticon-thumbsup

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sering Diremehkan! Ternyata Buah Mengkudu Punya Segudang Khasiat Baik Bagi Tubuh

Sumber: https://sajiansedap.grid.id

Manfaat buah mengkudu yang pertama adalah dapat meningkatkan sistim kekebalan tubuh. Kandungan scopoletin yang terkandung dalam buah mengkudu memiliki sifat anti bakteri, anti inflamasi, anti jamur dan anti histamin. Kandungan zat tersebut dapat meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh.Selain itu, sifat anti-bakteri buah mengkudu menunjukkan khasiat yang cukup ampuh untuk melawan bakteri E. coli ( penyebab gangguan pencernaan dan infeksi saluran kencing ), Staphylococcus aureus (penyebab infeksi kulit dan tulang, hingga sepsis) dan Proteus vulgaris (penyebab infeksi saluran kencing).

2. Menurunkan kadar kolesterol

Satu penelitian melibatkan 132 peserta yang termasuk kategori sebagai perokok berat. Setiap peserta diminta untuk rutin minum jus noni ( mengkudu ) atau pil plasebo selama sebulan. Hasilnya menunjukkan bahwa mengonsumsi 29 sampai 188 mililiter jus mengkudu bisa mengurangi total kolesterol dalam jumlah besar dan meningkatkan kadar lipoprotein dengan kepadatan tinggi. Lipoprotein kepadatan tinggi adalah bentuk kolesterol yang baik. Mengkudu juga mengurangi low-density lipoprotein, bentuk kolesterol yang buruk. Hasil penelitian ini telah diterbitkan dalam The Scientific World Journal edisi 2012.

3. Menurunkan gula darah

Penelitian pada hewan telah menunjukkan hasil yang menjanjikan terhadap manfaat buah mengkudu untuk mengendalikan kadar glukosa darah. Periset di Universitas Hindia Barat melakukan satu penelitian dan menemukan bahwa buah mengkudu memiliki sifat penurun gula darah. Penelitian ini melibatkan pemberian suplemen mengkudu atau obat diabetes resep pada tikus diabetes selama 20 hari untuk mempelajari efek gula darah. Studi tersebut menemukan bahwa mengkudu juga efektif sebagai obat diabetes dalam menurunkan gula darah. Hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine Oktober 2010 lalu.

4. Mencegah kanker

Sering Diremehkan! Ternyata Buah Mengkudu Punya Segudang Khasiat Baik Bagi Tubuh
Sumber: http://vemalas.blogspot.com

Buah mengkudu mengandung beragam antioksidan yang mampu memerangi risiko terkena kanker. Buah mengkudu memiliki sifat menstimulasi kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor. National Cancer Institute juga telah mendanai penelitian awal tentang manfaat buah untuk pencegahan dan pengobatan kanker payudara.

5. Melindungi dari risiko kerusakan tubuh akibat stroke

Minum jus mengkudu dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang bisa ditimbulkan akibat stroke. Periset dari Universitas Kobe Gakuin, Jepang melakukan uji lab pada hewan untuk menentukan apakah sifat-antioksidan dan anti-inflamasi dari buah mengkudu akan melindungi tikus lab dari kerusakan otak yang disebabkan oleh gangguan aliran darah sementara ke otak.
Begitu aliran darah pada tubuh tikus kembali pulih, kelompok tikus yang menerima jus mengkudu menunjukkan kerusakan neurologis yang lebih sedikit daripada kelompok kontrol. Periset mempublikasikan temuan mereka dalam buletin Biological and Pharmaceutical tahun 2009.

6. Mengurangi Stres

Manfaat lain yang diperoleh jika rajin mengonsumsi mengkudu adalah dapat mengurangi kondisi stres. Ini akan sangat bermanfaat bagi agan agan yang sedang memiliki beban pikiran yang sangat banyak, entah itu karena beban pekerjaan atau beban hidup yang lainnya emoticon-Shutup. Tapi selain mengosumsi buah atau jus mengkudu secara rutin, juga harus dibarengi dengan olahraga teratur seperti meditasi atau yoga untuk menghilangkan stres sepenuhnya. 

Nah, ternyata buah yang dihindari banyak orang ini memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh ya. Dan mungkin mulai saat ini agan agan yang tidak pernah menyukai buah mengkudu, bisa mencobanya. Semangatt..emoticon-thumbsupemoticon-Blue Guy Peace

Sumber: https://hellosehat.com
profile-picture
thewicthhunter memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di