CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Omnibus Law Hapus Kewajiban Makanan Harus Bersertifikat Halal!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2663284601cf6aab35cadd/omnibus-law-hapus-kewajiban-makanan-harus-bersertifikat-halal

Omnibus Law Hapus Kewajiban Makanan Harus Bersertifikat Halal!

Omnibus Law Hapus Kewajiban Makanan Harus Bersertifikat Halal!

Jakarta - UU Cipta Lapangan Kerja menghapus pasal-pasal yang tersebar di 32 UU. Salah satunya pasal-pasal di UU Jaminan Produk Halal. Apa saja yang dihapus?

Berdasarkan Pasal 552 RUU Cipta Lapangan Kerja yang didapat detikcom, Selasa (21/1/2020), sejumlah pasal di UU Jaminan Halal akan dihapus yaitu Pasal 4, Pasal 29, Pasal 42, Pasal 44.

Pasal 4 UU Jaminan Halal mewajibkan semua produk yang beredar di Indonesia wajib bersertifikat halal. Selengkapnya Pasal 4 berbunyi:

Produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal.

Dengan dihapusnya Pasal 4 UU Produk Jaminan Halal, maka pasal yang menjadi turunan Pasal 4 juga dihapus. Yaitu:

Pasal 29
(1) Permohonan Sertifikat Halal diajukan oleh Pelaku Usaha secara tertulis kepada BPJPH.
(2) Permohonan Sertifikat Halal harus dilengkapi dengan dokumen:

a. data Pelaku Usaha;
b. nama dan jenis Produk;
c. daftar Produk dan Bahan yang digunakan; dan
d. proses pengolahan Produk.
(3) Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara pengajuan permohonan Sertifikat Halal diatur dalam Peraturan Menteri.

Pasal 42
(1) Sertifikat Halal berlaku selama 4 (empat) tahun sejak diterbitkan oleh BPJPH, kecuali terdapat perubahan komposisi Bahan.
(2) Sertifikat Halal wajib diperpanjang oleh Pelaku Usaha dengan mengajukan pembaruan Sertifikat Halal paling lambat 3 (tiga) bulan sebelum masa berlaku Sertifikat Halal berakhir.
(3) Ketentuan lebih lanjut mengenai pembaruan Sertifikat Halal diatur dalam Peraturan Menteri.

Pasal 44
(1) Biaya Sertifikasi Halal dibebankan kepada Pelaku Usaha yang mengajukan permohonan Sertifikat Halal.
(2) Dalam hal Pelaku Usaha merupakan usaha mikro dan kecil, biaya Sertifikasi Halal dapat difasilitasi oleh pihak lain.
(3) Ketentuan lebih lanjut mengenai biaya sertifikasi halal diatur dalam Peraturan Pemerintah.


Jokowi sebelumnya menyatakan Indonesia ingin ramping sehingga investasi efektif. Dia berharap UU Cipta Lapangan Kerja bisa menghapus 74 UU.

"Memang persoalan besar kita, regulasi kita 42.000 tumpang tindih yang ini akan kita selesaikan, minggu ini kita akan ajukan omnibus law ke DPR, ada 74 UU yang langsung kita revisi agar semua selesai. Kalau kita ajukan satu-satu 50 tahun tidak akan selesai, 1 UU menyelesaikan 74 UU," kata Jokowi.

https://m.detik.com/news/berita/d-48...rom=wpm_nhl_21


Jokowi memang luar biasa.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr7
Halaman 1 dari 4
astajim pendangkalan aqidah enih..

MUI gigit jari dong emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kadrun makin panasemoticon-Leh Uga

si pesek2 gimana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 3 lainnya memberi reputasi
Balasan post lickmyballs
Ga mungkin gigit jari jualan ny msh banyak..
Jualan agama tiap jaman juga laris terus..kan banyak orang butuh sorga
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan valkyr7 memberi reputasi
Rejeki anak Soleh dihapus emoticon-Marah kampret
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
Mi Samyang aja pake Stiker gak penting gini,
Padahal udah dari sananya, gak pake babi kan bikinnya, kan bego yang bikin stiker emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Pantes kadrun ngamuk-ngamuk. emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 2 lainnya memberi reputasi
Stiker nya cuma bikin pengusaha buang duit...
Mending pengusaha makanan dan minuman bkin sendiri ...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 3 lainnya memberi reputasi
Wah ini berita bagus pak. Bapak tau sendiri lah itu ngurus sertifikat halal dari lembaga yang itu harus ngeluarin biaya berapa? Belum lagi syaratnya aneh aneh, ga boleh nulis merry christmas atau apalah, sampai toko roti kemarin viral hanya untuk dapetin sertifikat ga jelas ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 9 lainnya memberi reputasi
label ini hanya mengincar yang berduit.

pedagang kecil bodo amat, mau tahu pake borax, gorengan pake plastik, ayam tiren, formalin. Bebas aja.

padahal konsumen terbanyak justru berbelanja di pedagang kecil/kaki lima.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kuroi2325 dan 12 lainnya memberi reputasi
Lebih baik diganti dengan kewajiban mencantumkan logo haram bagi makanan/minuman yang tidak halal. Lebih simpel emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eghycool dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
This is why gw lebih suka jadi wiraswasta, gak repot mikir apa2, paling banter cuman disuruh bikin SKU doang, beres!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
atmajazone dan 2 lainnya memberi reputasi
harus nya istilah nya diganti dari halal menjadi "bisa untuk muslim" dan haram menjadi "untuk selain muslim" , tinggal sesuaikan istilahnya.. karena kata serapan dari Arab ini tidak adil jika digunakan di indonesia yg majemuk, karena halal dan haram mengacu pada hukum islam.. hal ini menurut saya bisa menjadi ujaran kebencian kepada sesama yg tidak sama agama nya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Hore.... gabisa maksa stempel, gabisa maksa training wajib biaya suka2 emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan valkyr7 memberi reputasi
Quote:


Mana pake SKU bisa ganti status listrik di PLN jadi B1 lagi yg murah emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Saya lebih percaya "halalnya" KFC ato McD daripada warteg pak haji bu hajah emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh samradler
Diwajibkannya dihapus, ga serta merta mereka kering kan bisa pke cara lain

mis nya bisa diintimidasi lewat medsos klo si A ga ada stempel halal jadi makanannya diragukan emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan valkyr7 memberi reputasi
Ini bukannya yang direvisi kan menghapus kewajiban adanya label halal ...

jadi kalo misal produknya penjual ada label halal atau tidak ya ga masalah, terserah penjual kalau pingin ada label ya dia tinggal ngurus

Justru label yg wajib ada itu label BPOM
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Bukan.Arab dan 2 lainnya memberi reputasi
Malah bego emoticon-Frown
profile-picture
valkyr7 memberi reputasi
berita bagus buat yang mau buat usaha
profile-picture
valkyr7 memberi reputasi
Emang ga perlu sih, yg perlu cuman ada kata2x yg menyatakan ada kandungan babinyaatau tidak. Jika memang setelah di uji di BPOM dan ternyata emang ada kandungan babinya (padhal ga dicantumin kata2x tsbt), itu makanan bisa dibredel dan diumumin infonya ke khalayak umum.
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan valkyr7 memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di