CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e25485df4d69571bf764da1/kagetnya-warga-dieng-bikin-septic-tank-eh-nemu-bangunan-diduga-candi

Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi

Kagetnya Warga Dieng: Bikin Septic Tank, Eh Nemu Bangunan Diduga Candi
Temuan bangunan diduga candi di Dieng (Foto: Istimewa)

Banjarnegara - Temuan struktur bangunan yang diduga candi di Dieng mengagetkan warga. Struktur bangunan ini ditemukan saat Alif Fauzi, warga Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara saat akan membuat septic tank.

Alif mengatakan pihaknya berencana untuk membuat rumah budaya di Dieng. Struktur bangunan mirip candi itu ditemukan saat dia melakukan penggalian.

"Awalnya kami tengah membuat rumah budaya, dan pada saat membuat septic tank, kan ada penggalian tanah, saat itu menemukan batuan kecil. Saat digali lagi ternyata berbentuk struktur bangunan," terang Alif saat dihubungi detikcom, Senin (20/1/2020).

Alif menyebut lokasi penemuan tumpukan batuan diduga candi ini merupakan bekas kebun kentang. Namun, saat masih digarap untuk tanaman kentang, meski beberapa kali mencangkul tidak ditemukan tanda-tanda terdapat susunan batu.

"Dulu dicangkul beberapa kali tidak pernah nemu ada susunan batu seperti ini. Mungkin karena saat mencangkul paling sampai kedalaman 50 sentimeter. Kalau sekarang penggalian sampai 1 meter dan ditemukan susunan batu," ujar Ketua Pokdarwis Dieng ini.

Dia menuturkan warga Dieng kerap melihat potongan batu yang digunakan untuk bangunan candi, khususnya di lereng sebelah utara. Namun, baru kali ini menemukan susunan batu yang rapi dan rapat.

"Sebenarnya kalau potongan-potongan batu, warga di sini sering menemukan terutama di lereng utara. Bisa jadi dulu itu sisa potongan-potongan batu yang akan digunakan untuk membuat candi. Tetapi kalau yang baru ditemukan ini susunannya rapi dan rapat," jelasnya.

Dia kemudian menyerahkan temuan ini kepada Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah untuk ditindaklanjuti. Termasuk apakah akan dipindah atau tetap berada di lokasi saat ini.

"Kami serahkan kepada BPCB untuk tindaklanjutinya seperti apa. Misalnya untuk penelitian apakah itu candi atau bukan, atau ke depannya mau seperti apa," ujarnya.

Dia berharap susunan batu tersebut bisa tetap berada di lokasi ini. Sehingga bangunan diduga candi itu bisa mendukung proyek rumah budaya Dieng yang sedang dibangun.

"Kalau harapan kami bisa tetap di sini untuk mendukung rumah budaya. Tetapi semuanya kami serahkan ke pihak BPCB," tuturnya.

Untuk keamanan, Alif menuturkan, pihaknya terus mengawasi lokasi tersebut. Apalagi, saat ini sudah ada yang menempati rumah budaya tersebut.

"Rumah budaya ini sudah ada yang menempati, jadi sekaligus untuk menjaga lokasi temuan susunan batu.
Sekarang memang sudah mulai ada yang datang untuk melihat, makanya perlu ada pengawasan," jelas Alif.

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-t...diduga-candi/2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekatse dan 27 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
Berita terkait :
Quote:


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
koi7 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh vasilizaitsev
Monyong loe emoticon-Leh Uga
di Dieng mah emang kerajaan, pasti banyak candi2 terkubur.

Loe ditugasin bwat plank "jangan gali sembarangan, di sini banyak candi." sudah belom emoticon-Bingung

Wikipedia : Kompleks candi-candi Hindu yang dibangun pada abad ke-7 Masehi, antara lain: Candi Gatotkaca, Candi Bima, Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Sembadra, Candi Srikandi, Candi Setyaki, Gangsiran Aswatama, Candi Nakula-Sadewa, Candi Parikesit, dan Candi Dwarawati.

itu semwa candi ada di Dieng. ada jg yg masih di pendam candi di jawa timur emoticon-Ngakak gak gw kasik taw lokasi nya emoticon-Stick Out Tongue takut nya ntar loe gali
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mibmobz
buang airnya pindah tempat lain dulu.... emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 3 lainnya memberi reputasi
Mungkin nyang lo temuin itu Septi Teng juga, Septi Teng candi bor emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 9 lainnya memberi reputasi
segera hancurkan tempat2 pemujaan emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
z8joxer dan 8 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 1 balasan
Abisini warga Dieng pada bikin galian septic tank semua siapa tau nemu candi emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan mubafirs memberi reputasi
Itu candi sisa2 kejayaan kerajaan agung sejagat mungkin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 3 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Temuan yang sangat berharga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 2 lainnya memberi reputasi
peninggalan nenek moyang

banyak amat ya candi disini yg terlantar gara2 digusur kadrun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekatse dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh MrJeffBezos
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
untung belom disiram sama kotoran manusia gan emoticon-Hammer2 emoticon-Wakaka
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
gali terus gan, sapa tau ada harta karun.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
nais inpoh
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Sering banget ditemukan candi terpendam seperti ini.Borobudur pun dulu juga begitu untung yang nemuin kafir Belanda jadi awet sampai sekarang.Kalau yang nemuin keturunan pembenci majapahit yang pandai playvictim itu entah masih bisa dilihat sampai sekarang atau tidakemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekatse dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
kali aja nemu ponegliph dstu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
lasstcaaaarrrr...seraaanngg
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
Nah kalo di dieng sih masih wajar karena di sana juga ada candi-candi, tapi kalo kerajaan-kerajaan yang baru dibangun di tv itu baru patut dipertanyakan wkwkw
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan raafirastania26 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di