CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kencangkan Ikat Pinggang! Ini Daftar Biaya Naik Tahun Ini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2524c08d9b1710310340f3/kencangkan-ikat-pinggang-ini-daftar-biaya-naik-tahun-ini

Kencangkan Ikat Pinggang! Ini Daftar Biaya Naik Tahun Ini


Kencangkan Ikat Pinggang! Ini Daftar Biaya Naik Tahun Ini

Jakarta - Harga sejumlah barang dan jasa direncanakan naik di tahun 2020 ini, mulai dari elpiji 3 kilogram (kg) hingga tarif tol. Namun rencana kenaikan biaya-biaya tersebut belum diketuk palu alias disahkan.

Meskipun begitu, pembaca detikcom perlu mengetahui biaya apa saja yang berpeluang mengalami kenaikan harga di tahun ini, menyusul kenaikan tarif cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok sebesar 23% dan harga jual eceran (HJE) sebesar 35%.

Tahun ini juga sudah berlaku kenaikan iuran BPJS Kesehatan yang tertuang pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan yang diteken Jokowi pada 24 Oktober 2019.

Berikut ini daftar kenaikan biaya yang direncanakan mengalami kenaikan di tahun ini.


1. Elpiji 3 Kg
Pemerintah berencana mencabut subsidi pada Elpiji 3 kilogram (kg). Subsidi tidak lagi diberikan pada barang tapi langsung kepada yang berhak menerima.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, masyarakat yang kurang mampu tetap mendapat subsidi. Dia bilang, skema itu untuk mencegah kebocoran subsidi.

"Maksudnya subsidi tertutup kita identifikasi dulu kira-kira yang memang berhak menerima tapi nggak batasi, yang menerima tetap menerima. Cuma teregister dan terdaftar jadi bisa teridentifikasi untuk cegah terjadi kebocoran," kata Arifin di Kawasan Jakarta Selatan, Jumat (17/1/2020).

Arifin mengatakan, untuk orang yang mampu tak mendapat subsidi. Artinya, mereka membeli Elpiji 3 kg dengan harga normal tanpa bantuan.

Nantinya, harga jual 'gas melon' ini disesuaikan dengan harga pasar. Jika benar, diperkirakan harganya bisa mencapai Rp 35.000 per tabung.

Namun Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa rencana pencabutan subsidi Elpiji 3 kg belum diputuskan. Menurut Jokowi, keputusan pencabutan subsidi harus melalui rapat terbatas (ratas) terlebih dahulu.

"Belum, itu harus lewat rapat terbatas," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (17/1/2020).

2. Tarif Tol

Tarif sejumlah ruas tol dipastikan naik pada 2020 ini. Setidaknya ada sejumlah jalan tol yang tarifnya masih menunggu kenaikan.



Penyesuaian tarif itu dilakukan berdasarkan Pasal 48 ayat (3) Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Pasal 68 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.


Dalam kedua beleid itu disebutkan evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan inflasi.

Beberapa ruas tol yang tarifnya naik di penghujung 2019 sebagai berikut:


1. Tol Dalam Kota Jakarta (JIUT)
2. Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa
3. Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa
4. Tol Surabaya-Gempol
Berikut ini daftar tol yang kemungkinan naik tarifnya di 2020:
5. Tol Cinere-Jagorawi seksi I (SS Jagorawi-SS Raya Bogor)
6. Tol Semarang-Solo seksi I (Semarang-Ungaran) dan seksi II (Ungaran-Bawen)
7. JORR W1 (Kebon Jeruk-Penjaringan)
8. Tol Bogor Ring Road seksi I dan IIa (Sentul Selatan-Kedung Badak)
9. SS Waru - Bandara Juanda
10. Prof Ir. Sedyatmo
11. Jakarta-Cikampek

3. Tarif Parkir DKI
Tarif parkir di DKI Jakarta juga bakal naik. Semestinya kenaikan berlaku akhir 2019. Namun hingga awal 2020 belum ada kabar lebih lanjut. Kala itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disebut tidak ingin kenaikan tarif parkir itu ditunda-tunda.

Dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 31 Tahun 2017, tarif parkir diatur untuk mobil minimal Rp 3 ribu/jam dan maksimal Rp 12 ribu/jam, sedangkan untuk motor minimal Rp 2 ribu/jam dan maksimal Rp 6 ribu/jam.

Nantinya lokasi parkir yang tarifnya mengalami kenaikan itu adalah yang dikelola Dishub DKI. Sedangkan untuk lokasi parkir yang dikelola swasta akan dibahas lebih lanjut. Sayangnya Pemprov belum menentukan berapa kenaikan tarif parkir ini.

"Kita upayakan (kenaikan tarif parkir) secepat mungkin," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (20/8/2019).

Bahkan Syafrin menyebutkan bahwa Anies tak mau menunda dan ingin tarif parkir naik segera "(Tarif parkir akan naik pada tahun) 2019. Kalau 2020 mah lama banget. Pak Gubernur nggak mau lama-lama," imbuh Syafrin menjawab pertanyaan wartawan.

Sumber : Detik.com

profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 17 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 8
pantas buat warga dki emoticon-Malu (S):

1. kayu masih banyak
2. jalan aja belum diaspal
3. motor aja gak punya apalagi mobil

tapi pemerintah gak peduli sekolah jauh, rumah sakit minim fasilitas dan pelayanan publik gak berjalan emoticon-Tai: biar sama-sama merasakan susah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 8 lainnya memberi reputasi
Parkir ??? emoticon-Bingung
klo tempat nya berpotensi ramai dan banyak pengunjung memang kudu ada parkir bwat mengatur agar tidak seenak nya ndiri.
TAPI..
klo tempat nya ndak membutuhkan pengaturan lahan parkir, YAK NDAK USAH ADA KANG PARKIR !
klo sampe ada kang parkir itu pungli, bukan tukang parkir.

emoticon-Cool Paham klean ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mibmobz
Ya di irit² lah
profile-picture
mulivw memberi reputasi
rajakodok tidak akan selamat sampai 2024
lama lama ane mulai percaya sama tagline itu kalo kek gini terus caranya
kalo cuma naikin tarif doank, tukang bakso juga bisa, gak perlu ada presiden
buang2 duit aja pilpres kemarin itu
mending gak usah ada pemilu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dmcarthur dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ronin1969
Lihat 1 balasan
Quote:


Kalo situ susah.. tinggal daftar k kemensos sbg keluarga prasejahtera kok.. otomatis ga akan kena imbas kenaikan tarif2 d atas karena akan d subsidi pemerintah raja kodok.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sasuciz dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


Abang ini bangku SD aja ga lulus sok2 mengkritik presiden.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samradler dan 4 lainnya memberi reputasi
hmm.. fuck..
profile-picture
kupss memberi reputasi
3kg dari dulu emang gak pernah bener
Ini akibat dari penjualan kayak premium ; dijual bebas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samradler dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ga pernah masak, ga punya mobil, jadi ga kena dampak langsung.
Paling kena dampak inflasi.
profile-picture
profile-picture
kecebaday dan joker25 memberi reputasi
poin 1 jangan naik..kasian bakal bnyk sengsara nnt..
poin 2 3 stuju..apalagi tol buat gol 1..
punya mobil pribadi hrs siap sm biaya2 nyusul..
ibukota pindah luar jawa, dki langsung tenggelemin aja
profile-picture
profile-picture
ikhsanlpk dan adolfsbasthian memberi reputasi
yg bisa turun cuman.... kolor
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Umr katanya naik emoticon-Big Grin
Aduuuh, serba naik, duit pun sulit
Horeeeeee selamat meroket! emoticon-Wkwkwk


Ikan tongkol naek gak?
Harga sepeda naek gak?
Jangan lupa esemka naekin juga biar harganya setara sama lambo!

emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dmcarthur dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh davinof
ini masih wacana kan, dan masih dibahas juga belum resmi setau ane sih heheheh yg paling kerasa mungkin yg gas elpiji itu ya. ya berdoa aja kalo naik gak sampai segitu harganya hehehe
Lihat 1 balasan
Saya kira umr juga bakal naik emoticon-Ngakak

Upsss
Diubah oleh trangganu
masih ada biaya iuran BPJS tahun ini naik... nanti iuran listrik PDAM dkk nyusul efek inflasi kenaikan tarif kebutuhan pokok

untuk LPG, semoga bisa diperluas jaringan pipa gas nya kayak di beberapa negara, nanti bisa lebih mudah cek tepat sasaran gas nya... trus yang 3 kg di subsidi buat pkl macem pedagang gorengan keliling, bakso keliling dkk
profile-picture
profile-picture
yudhafzn dan kecebaday memberi reputasi
Quote:


Masih lebih kenceng inflasi daripada naik gaji wkwk
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di