CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mal Penuntut Ganti Rugi ke Gubernur Anies Ternyata Tempati Lahan RTH Hutan Kota
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e247a0ca2d19515fc61f9ff/mal-penuntut-ganti-rugi-ke-gubernur-anies-ternyata-tempati-lahan-rth-hutan-kota

Mal Penuntut Ganti Rugi ke Gubernur Anies Ternyata Tempati Lahan RTH Hutan Kota

Banjir yang menerjang wilayah Jabodetabek awal tahun 2020 silam ternyata tetap menyisakan masalah. Sejumlah mal dilaporkan terpaksa tidak beroperasi. Belakangan, tiga pengelola mal berencana menuntut ganti rugi kepada pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Mal Taman Anggrek, yang terpaksa tutup karena kerusakan mesin pembangkit listrik akibat terendam banjir, adalah salah satu contohnya.

Sebelumnya diberitakan, Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) berencana menuntut ganti rugi kepada Pemprov DKI Jakarta dalam hal ini Gubernur Anies Baswedan.

Ketua HIPPINDO, Budiharjo, menyebut sejumlah mal terpaksa tutup operasional sehingga mengalami kerugian, dan karenanya meminta kompensasi kepada Pemprov DKI Jakarta.

“Yang saat ini masih belum beroperasi itu Taman Anggrek, Lippo Puri Mall dan Mal Cipinang Indah. Kami mau fair sajalah untuk kompensasi banjir ini,” kata Budiharjo, Sabtu (11/1/2020).

Budiharjo memprediksi satu pusat perbelanjaan bisa merugi sampai Rp 15 miliar selama operasional tutup setengah bulan ini. Itu dengan asumsi sewa toko per meter persegi mencapai Rp 1 juta hingga Rp 2 juta per bulan.

Menanggapi itu, sejarawan Betawi JJ Rizal, melalui catatan di akun media sosial (medsos) facebook pribadinya, mengungkapkan bahwa lahan yang digunakan Mal Taman Anggrek itu sebenarnya menempati lahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Hutan Kota.

“Tentu saja bakal seru jika direspon dengan membuka arsip rencana induk jakarta 1965-1985, lalu master plan Jakarta 1985-2005 yang dengan mudah akan memperlihatkan bahwa mal di simpang Tomang itu menempati lahan RTH Hutan Kota Tomang” tulis JJ Rizal.

JJ Rizal berharap, jika mal itu jadi menuntut kompensasi ke Pemprov DKI Jakarta, maka akan terbuka tabir siapa-siapa yang terlibat dalam perubahan alih fungsi lahan RTH Hutan Kota di daerah lainnya

“Semoga Mal Taman Anggrek bisa jadi kasus pertama untuk buka-bukaan biar jelas, kenapa RTH Hutan Kota bisa berubah jadi mal, siapa pejabat yang melakukan dan siapa yang minta dia melakukan, Bagaimana dengan RTH Hutan Kota lainnya, seperti Senayan, Sunter, Kapuk, dan lainnya,” tambahnya.

Menurut Rizal, keseriusan semua pihak dalam menghadapi masalah banjir bisa dimulai dari permasalah ini.

“Seserius apa kita terhadap masalah banjir Jakarta, bisa dimulai dengan seserius apa kita dengan alih fungsi lahan dan perubahan tata ruang karena ada uang ini.” pungkasnya.

https://triasnews.com/mal-penuntut-g...th-hutan-kota/

Danau dan rawa2 yg harusnya jadi tempat resapan air sudah banyak berkurang beralih fungsinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan 7 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Mau bekas apa terserah
Intinya ada ijin resmi

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kdx69 dan 10 lainnya memberi reputasi
Kl dicari dosanya mah bnyk banget
Jmn dl org dtg k jkt tinggal matok tanah kosong n ngaku itu tnh dia
Mangkanya topik penggusuran itu momok besar dijadikan isu politik di jkt krn yg nempati tnh jg gk yakin itu tanah hak dia, cmn krn lama aja tggl disitu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
Waduuh,bakal rame nih agaknya.emoticon-Bingung
Lembur jon emoticon-Ngakak
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
“Tentu saja bakal seru jika direspon dengan membuka arsip rencana induk jakarta 1965-1985, lalu master plan Jakarta 1985-2005 yang dengan mudah akan memperlihatkan bahwa mal di simpang Tomang itu menempati lahan RTH Hutan Kota Tomang” tulis JJ Rizal.





berarti kudu flashback jauh kebelakang ni.

jangan2 pejabat DKI yang dulu kasih ijin , sekarang udah pada pensiun atau almarhum....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
winner4016 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Masa sih???
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
mall taman anggrek dibuka taun 1996... berarti mulai dibangun pasti beberapa taun sebelum taun 1996...

balik ke soal rth...

kira2 yg ngasih izin berdirinya mal segede monster nya megalomen di Ibu Kota negara pasca 1996 itu siapa ya?

emoticon-linux
profile-picture
profile-picture
winner4016 dan abau. memberi reputasi
Diubah oleh khayalan
Lihat 1 balasan
Ini gw demen nih gusur gusur. Abis kalean digusur nganies.



emoticon-Ngakak
profile-picture
rajkapoor memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 5 balasan
Balasan post BMAGLY
Quote:


nah itu yg jg d permasalahin sama ahok soal kemang khususnya bantaran kali krukut yg ga boleh d bangun malah justru d kasi ijin bangun.
mesti di flash back dulu emg yg kasi ijin kira2 pemprov tahun brp trs d usut.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
Sudah jadi mal, sudah ada yg sewa, sudah banyak yg belanja.
Maju jangan setengah2, ayo digugat. Siapa yg benar dan siapa yg salah. emoticon-Cool
Khan tetep dapet untung yg punya mal, malah nuntut ganti rugi pulak.
Loe khan pake pemerintah, yg kudu tanggung jawab dari pendahulu dan dosa warisan loe, termasuk hutang negara yg ribuan trilyun. emoticon-Leh Uga bgsd emang si kampret wkkwk
profile-picture
enopandarmawan memberi reputasi
mending pake jailangkung aja.

panggil arwahnya jan pieterzoon coen sang pendiri batavia.
kan bisa ditanya tuh tanjung duren dulu bekas apaan.
rawa rawa , kebon duren , ato tempat mesum noni noni VOC

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
enopandarmawan dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


dulu belom ada autan, vape atau baygon! mesum di rawa atau kebon mah bisa bentol2 diseputaran udel ke bawah atuh ih!! emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
enopandarmawan dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh khayalan
Lah yg penting kan ada surat izin resmi
Pakai pembelaan mall berdiri di lahan RTH
Lagian itu izin dari pemerintah tempo dl, TA ini dibuka thn 1996.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gojira48 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Harusnya JJ rizal tolol juga pertanyakan.. Siapa yang ngizinin banjir masuk jakarta??.. emoticon-Malu (S)

Coba d telusuri itu rencana induk kota dki 1965-1985 dan masterplan dki 1985-2005.. Ada ga perencanaan daerah khusus banjir d situ?.. emoticon-Malu (S)

Tolol.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gojira48 dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr7
Quote:


kan bisa pake stemvet pelumas bedil lantakan , om...
profile-picture
profile-picture
enopandarmawan dan khayalan memberi reputasi
Quote:


itu mah malah ngundang semut kecil2.. emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
enopandarmawan memberi reputasi
Kena karomah wan toa emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
Diubah oleh galonaire
Pinggir sungai yg ditempati secara ilegal ga di komen zalemoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan tukangbeling7 memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di