CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Xenobot "ROBOT HIDUP PERTAMA" Dari Sel Hidup
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e2265590577a947cc6a4433/xenobot-quotrobot-hidup-pertamaquot-dari-sel-hidup

Xenobot "ROBOT HIDUP PERTAMA" Dari Sel Hidup

Xenobot "ROBOT HIDUP PERTAMA" Dari Sel Hidup
Sumber: Douglas Blackiston, Tufts University

Para ilmuwan telah menciptakan apa yang mereka klaim sebagai "Robot Hidup" pertama, ini adalah sebuah bentuk kehidupan baru yang diciptakan dari sel hidup.

Sebuah tim peneliti telah mengambil sel dari embrio katak dan mengubahnya menjadi mesin yang dapat diprogram untuk bekerja sesuai keinginan.

Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah umat manusia, manusia mampu menciptakan "mesin biologis sepenuhnya dari bawah ke atas", tim yang bekerja di belakang penemuan ini menulisnya dalam sebuah makalah baru.

Hal tersebut memungkinkan mereka untuk mengirim "xenobot" mungil itu untuk membawa obat-obatan ke seluruh tubuh pasien atau membersihkan polusi dari lautan misalnya. Robot dari sel hidup tersebut juga dapat menyembuhkan diri sendiri jika rusak, kata para ilmuwan.

“Ini adalah mesin kehidupan yang baru,” kata Joshua Bongard, pakar Universitas Vermont yang ikut memimpin penelitian terbaru ini.

“Mereka bukan robot tradisional atau spesies hewan yang dikenal. Ini adalah kelas artefak baru : organisme yang hidup dan dapat diprogram. " tambahnya.

Makhluk-makhluk baru dirancang menggunakan superkomputer dan kemudian dibangun oleh para ahli biologi. Mereka sekarang dapat digunakan untuk berbagai tujuan yang berbeda-beda, kata mereka di belakang penciptaan.

“Kita dapat membayangkan banyak aplikasi berguna dari robot hidup ini yang tidak dapat dilakukan oleh mesin lain seperti mencari senyawa jahat atau kontaminasi radioaktif, mengumpulkan mikroplastik di lautan, Masuk dalam arteri manusia untuk mengikis plak,” kata co-leader Michael Levin di Pusat Biologi Regeneratif dan Pengembangan di Universitas Tufts, tempat xenobot sebenarnya diciptakan.

Tim menggambarkan terobosan besar mereka dalam sebuah makalah yang diterbitkan Prosiding National Academy of Sciences  ( jurnal ilmiah multidisiplin peer-review ).

Umat manusia akan mengubah bagaimana cara kerja organisme dalam suatu bentuk, selama hal tersebut memungkinkan. Dalam beberapa tahun terakhir, ada lompatan besar ke depan dalam hal tersebut, dengan penyuntingan genetik dan penciptaan organisme buatan.

Tetapi para peneliti mengatakan bahwa pekerjaan mereka yang pertama kali adalah membuat mesin yang sepenuhnya biologis telah sepenuhnya dirancang dan dibuat oleh para peneliti.

Mereka mulai melakukannya dengan menggunakan superkomputer untuk menciptakan ribuan kemungkinan desain untuk bentuk kehidupan baru. Hal tersebut merupakan versi virtual evolusi, yang mana para ilmuwan mengatur tugas komputer dan menghitung desain apa yang paling berhasil.


Bagaimana para peneliti mengerjakannya

Jika diminta untuk membuat makhluk yang bergerak ke arah tertentu, misalnya, peneliti akan mencoba ratusan cara berbeda untuk menggabungkan sel-sel yang disimulasikan ke dalam berbagai macam bentuk yang memungkinkan makhluk-hidup melakukannya. Sel-robot (Xenobot) ini bekerja menggunakan aturan mengenai apa yang bisa dilakukan oleh sel-sel sederhana mencontoh pada sebuah materi, dan pada akhirnya  para ilmuwan mendapat desain teoretis untuk bentuk kehidupan baru tersebut.

Bagian kedua dari penelitian ini ialah bahwa seorang ahli bedah mikro dan peneliti lainnya mampu mengubah desain tersebut menjadi kehidupan nyata. Mereka mengambil sel punca dari embrio katak Afrika, menginkubasi mereka, dan kemudian menggunakan alat yang sangat kecil untuk memotongnya dan menggabungkannya ke dalam desain yang dibuat oleh komputer.

Itu berarti bahwa para ilmuwan telah menempelkan bahan organik nyata bersama-sama untuk menciptakan bentuk kehidupan yang belum pernah terlihat sebelumnya di alam.

Setelah itu terjadi, sel-sel mulai bekerja bersama. Seperti yang disarankan komputer, robot dapat bergerak sendiri, dimana sel-robot tersebut melakukannya dengan cara yang koheren serta kemudian menjelajahi lingkungan mereka selama beberapa minggu.

Quote:

Menurut para peneliti, mereka mampu bekerja mendorong sesuatu, mengorganisir diri secara spontan dan kolektif. Dan para ilmuwan berpikir mereka akan dapat membuat versi xenobot yang lebih kompleks. Simulasi komputer menunjukkan bahwa hal ini memungkinkan mereka untuk mendesain xenobot dengan kantong di tubuh mereka yang dapat digunakan untuk membawa objek - misalnya, mengantarkan obat dengan berenang padatubuh manusia tubuh, .

Merancang robot dari bahan hidup seperti ini dapat menyebabkan perubahan besar dalam sebuah teknologi terlebih lagi dunia kedokteran, para ilmuwan menyarankan. Xenobot dapat beregenerasi, dan sepenuhnya biodegradasi ketika mereka mati.

Quote:

Terlebih lagi, mereka dapat memperbaiki diri. Tidak seperti yang lampau, Xenobot ini dapat diiris hampir menjadi dua bagian  dan akan memperbaiki diri kembali bersama, kata mereka.


Bahaya lain yang timbul

Para peneliti mengakui bahwa ada bahaya jika perkembangan seperti itu dimanfaatkan dengan cara lain yang tidak kita mengerti, hal tersebut akan mengarah ke konsekuensi yang tidak  kita inginkan. Jika sistem menjadi cukup kompleks, mungkin mustahil bagi manusia untuk memprediksi bagaimana mereka akan mulai berperilaku.

"Jika umat manusia akan bertahan hidup di masa depan, kita perlu lebih memahami bagaimana sifat kompleks tersebut, yang entah bagaimana, muncul dari aturan sederhana," kata Levin dan dalam sebuah pernyataan. "Studi ini adalah kontribusi langsung untuk menangani apa yang ditakuti oleh manusia, yang merupakan konsekuensi yang tidak diinginkan," tambahnya.

Dia mengatakan bahwa studi yang baru adalah langkah penting menuju pemahaman sistem seperti ini. Dengan mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana sistem kehidupan dan memutuskan bagaimana mereka akan berperilaku, serta apakah dan bagaimana hal tersebut dapat diubah, kita akan dapat lebih memahami hasil tentang sel-robot (Xenobot) ini.



Sumber Artikel:
- World's First 'Living Machine' Created Using Frog Cells and Artificial Intelligence : https://www.livescience.com/frogbots...ng-robots.html
- Meet the xenobot: world's first living, self-healing robots created from frog stem cells : https://edition.cnn.com/2020/01/13/u...scn/index.html





profile-picture
profile-picture
profile-picture
diisantos dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh muhammadeltar
Halaman 1 dari 7
teknologi dan ilmu pengetahuan dari masa k masa semakin ksini smakin luat biasa ya gan
profile-picture
profile-picture
rajkapoor dan lonelylontong memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 1 balasan
robocop kah?
profile-picture
stygiant memberi reputasi
nah gini,.,.mah di sini sibuk nonton sinetron INDO aja,.,alay, kapan mau berkembang,.dri tontonan aja ga sinetron ya buka yutub yang isi chanelnya sampah-sampah GOT,.

kalah sama nagarak laen yang udah bisa gini,.kita harus kejar dong,.
yang muda jangan bingung,.trus yang tua jangan mabook,.,hahaha,
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Quote:


Xenobot "ROBOT HIDUP PERTAMA" Dari Sel Hidup

We can rebuild him; we have the technology. emoticon-Big Grin

profile-picture
profile-picture
profile-picture
stygiant dan 4 lainnya memberi reputasi
hah? seriusan beneran ada?
profile-picture
samradler memberi reputasi
wow jadi semacam BOWs gitu ya. Bio Organic Weapons nya Umbrella Corp. macam Tyrant, Nemesis, n Las Plagas. emoticon-Takut
dapat memperbaiki diri..
itu kira2 bisa berkembang sampai mana ya..jgn2 bisa berkembang jd symbiote venom emoticon-Big Grin

itu kalau hidup, ada usia nya gak gan? berapa lama masa hidup nya?
profile-picture
profile-picture
riezkj dan gta007 memberi reputasi
Cebongnator buat bante2 kadrun

I'll be back emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
stygiant dan 2 lainnya memberi reputasi
Mungkin bbrp tahun kedepan tidak menutup kemungkinan jadi senjata
profile-picture
profile-picture
dic.lvx dan Ultimate17 memberi reputasi
Semoga setia menjalankan tugas.
cyborggg emoticon-Takutemoticon-Takut
profile-picture
stygiant memberi reputasi
Tapi dari Penjelasan diatas, yang luar biasa "Bisa mengumpulkan MikroPlastik di lautan"

Nah, sebegitu banyak kah Xenobot yang dibuat?
Jadi keingat film apa ya lupa judulnya, jadi itu ilmuan menciptakan sesuatu yang bisa menyembuhkan dan meregenerasi sel sendiri jika rusak, dan sel-sel tersebut disebarkan melalui sungai, udara, dan air.
profile-picture
profile-picture
stygiant dan riezkj memberi reputasi
astroboy bukan?
emoticon-Matabelo
pertama-tama, seberapa legit kah berita ini? sebelum ku mulai berandai2
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
Wahh..
Keren banget bisa begitu.
wow!
makin canggih aja. selama msh bs dikontrol manusia sih gpp.
jgn sampe kaya terminator. haha
nice gan
menarik
Kalo disalah gunakan ngeri juga tuhemoticon-Takut
makin canggih aja ya nih gan, semoga robotnya bantu kerja manusia tanpa membuat manusia kehilangan pekerjaan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di