CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Kenapa saya sangat sulit berteman dan berinteraksi dengan orang?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e21fc865cf6c408804eeb5e/kenapa-saya-sangat-sulit-berteman-dan-berinteraksi-dengan-orang

Kenapa saya sangat sulit berteman dan berinteraksi dengan orang?

Assalamualaikum Wr.Wb

Saya seorang siswa kelas 1 SMA. Saya cuma punya beberapa orang teman dekat saja itupun tidak terlalu. Dulu waktu SMP juga seperti itu tapi menurut saya lebih parah waktu di SMA ini. Waktu pertama kali MPLS saya mendapat kelas/gugus 10 mipa 4 bersma teman dekat saya waktu dismp saya pikir itu kelas permanen eh tau* setelah kegiatan mpls kelas dibagi lagi dan saya dipindah ke kelas 10 mipa 1 awalnya saya biasa saja tapi menurut saya dikelas yang baru ini anak*nya kayak terpecah gitu ga bisa kompak dan lagi tidak ada satupun teman dekat yang sekelas dengan saya walaupun ada beberapa teman se sekolah dan sekelas saya waktu smp dulu tapi yah gitulah.dikelas ini saya cuma punya 2 orang teman dekat salah satunya teman sebangku saya.Jujur saya seorang yang introvert dan pendiam saya lebih suka menyendiri dan entah kenapa kalo diajak ngobrol dengan teman tidak nyaman kecuali hanya dengan orang* dekat. Satu lagi saya juga orang yang cuek dengan hal yang terjadi disekitar saya ditambah saya juga jarang senyum. Dirumah saya juga lebih suka menghabiskan waktu dikamar main hp baca buku nonton tv dan jarang keluar,bahkan saya juga jarang ngobrol dengan orang tua saya apalagi ketika pagi hari saya lebih suka diam dan tidak suka bila ditanyai seseorang siapapun.Sebenarnya saya juga ingin seperti teman teman yang lainnya bisa luwes ngobrol cerita main sana sini dan punya teman yang banyak. Jadi saya harus gimana mohon saranya yaaaa emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
profile-picture
warkopter dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Sadari bahwa dalam menjalani hidup,

Bahwa ente butuh teman

Bahwa ente hobi bergaul daan bersosialisasi


Mengenai bagaimana cara nya, semuanya akan mengalir dengan sendirinya

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
warkopter dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Hemmmph, ane punya temen pendiem. Cuman nyaman sama temen akrab, klo pas kumpul sama temen trus kedatangan org lain lgsung diem canggung. Brhubung dia aslinya baik dan ramah, tmen-tmen lainnya juga gak bosen ngajak ngobrol dulu walau berakhir jadi jangkrik. Wkwkwkakwkwk, dia unique and adorable. Saranku sih, tetep jadi diri sendiri, berusaha ramah dan ttp baik hati. Kalau ngobrol ma org lain, ngobrol yg ringan-ringan saja biar gak grogi..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
id.mahlukplanet dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
intinya lo kurang percaya diri bro. coba lo baca aja buku motivator yg bisa bikin banggain diri lo.


Jangan terlalu mikirin perasaan org lain juga. Dan selalu ingat apa yg lo punya. Dan itu syarat utama untuk percaya diri.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
id.mahlukplanet dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh zeref162534
bergaulah dengan teman temanmu, jadilah diri sendiri.
profile-picture
user.n memberi reputasi
Sama banget kaya gw.. tapi cerita gw lebih sad heheh (baca thread gw aja kalo gak percaya)
Eh eh.. tapi gw ada keinginan BANGET buat ngerasain jalan jalan gitu sama temen..
tapi gak punya temen emoticon-Frown


yuk gan TS kita hangout bareng,, siapa tempe bisa sembuh bareng bareng heheh emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
id.mahlukplanet dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Ditaaa012
kalo ane sulit untuk ketemu orang baru, ini yg jadi kekurangan ane emoticon-Frown
profile-picture
user.n memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post shely27
Marik Kita ketemuan emoticon-Malu
profile-picture
user.n memberi reputasi
ente enggak sendiri gan. ane juga gitu sih wkwkw. apalagi kalo udah sendiri, rasanya tuh pikiran kemana2 dan cenderung negatif dan bikin overthinking.
padahal klo udah ketemu dan kumpul sama orang rasanya senang loh. mungkin karena sudah 'kebiasaan' males berinteraksi dengan orang lain. jadinya gitu deh. istilahnya takut keluar dari zona nyaman emoticon-Mewek

Gk ada yang bisa ngerubah ente kecuali ente sendiri.
Gk ada yang bisa ngerubah ane kecuali ane sendiri.
emoticon-Smilie
Itu sudah Jawabannyaaa

Gimana orang lain mau care sama ente kalo ente sendiri engga care sama mereka

Ayo kita mulai biasakan tersenyum mulai hari ini gan!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
warkopter dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Apriliaswett
Gue juga hampir sama kayak ts, di SMP maupun SMA gue cuma ngobrol sama itu itu aja. Saran gue carilah teman yang diluar circle sekolah. Baik itu komunitas ataupun teman dunia maya, belajar aja berinteraksi dari sosial media dulu. Nanti kalo udah mulai terbiasa bakal kebawa sendiri kok.
profile-picture
user.n memberi reputasi
sama ni... ane juga introvert banget. suka sendiri. akibatnya gak punya temen n sering kesepian wkwk. kalau ada kucing gitu seneng banget bisa dipeluk2 seakan pengganti teman
profile-picture
profile-picture
user.n dan Ndaa284 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post combustor
Quote:


Makasiiemoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
user.n dan combustor memberi reputasi
Balasan post jicho22
Kok sama yah aku juga kalo lagi sama temen akrab trus datang temen yang lain jadi cangung gimana gituuemoticon-Frown
profile-picture
user.n memberi reputasi
Balasan post SadieLailie
Ihh kok samaa:*
profile-picture
user.n memberi reputasi
Quote:


Ahahaah kasian banget yah kt.. tapi aku punya hobby yang lain traveling kak, dan itu lmyn membantu banget.
profile-picture
user.n memberi reputasi
Sini gan ketemuan sama ane di jamin nanti kita bisa diem dieman berjam2, hahahaha.. dulu ane juga gtu pendiem sejak ibu ane meninggal umur 8 tahun, sejak itu kayak minder kalau ketemu orang2 lebih senang di dalem rumah, di kamar ada sodara juga jarang ngobrol bahkan kalau pas liburan bsa seminggu gak keluar rumah, bener2 di dalem rumah terus, trus sejak SMA udh mulai bsa berinteraksi sama teman2.. dan sekarang ane kalau ketemu sama orang2 udh bsa ngobrol tpi kebanyakan diem sih, ane ada cara sendiri biar kalau lg kumpul2 bsa ikut ngobrol, ketemu orang baru bsa ngobrol.
profile-picture
user.n memberi reputasi
Diubah oleh kalong88
banyakin coli biar idup lebih santuy bray
profile-picture
user.n memberi reputasi
keluar! masuk komunitas ikut organisasi kek! Sekolah jangan dulu pulang, jangan sombong sok ganteng, keluar pergi hangout sama temen2 lu, jangan lakuin kesalahan gua yg dulu. emoticon-Cool
Biar makin ajib baca buku : how to win frends and influence the people.
profile-picture
warkopter memberi reputasi
Duduk aj di kedai. Ntar jg ada yg ngajak ngobrol
ada 2 kemungkinan :

1. ente berada dilingkungan yg penuh permasalahan sehingga ngga nyaman untuk berinteraksi dengan orang lain karena takut orang lain tau siapa sebenarnya ente

2. menganggap diri lebih baik daripada orang lain
biasanya orang dgn tipikal kombo introvert, pendiam, kurang pd, penyendiri,kurang inisiatif bergaul, malas berbaur kena stigma sombong.

Klo kata orang, main kurang jauh dan kurang lama.
Berarti kamu tinggal main yg jauh dan lama.

Tapi bisa aja temen2 mu menjauhi kamu karena "dianggap" sombong.
Inget ya dianggap bukan beneran sombong.
Kamu deketin mereka, dan mereka tau karakter asli kamu, mereka akan welcome ke kamu.
Perlalhan2 kamu masuk circle mereka.

Yg jelek itu tipe kedua kalo kamu punya personality yg verified toxic.
Kayak egois, sombong, angkuh, backstabber, ghibahin orang melulu, penjilat.
Begitu tau sifat karkter asli mu ya mereka malas ke kamu.
orang lain secara alami akan menghindari kamu di segala kesempatan.
Kalo pun harus berinteraksi mereka bakal sekedar nya aja.
Misalnya intrraksi karena kerjaan, klo kerjaan kelar ya udah selesai.
Mereka ngejauhin kamu karena malas sama kamu.

Tipe pertama itu (intro, pendiam, kuper dll), itu tinggal lebih banyak berbaur aja.
Dan karena sifat hatinya gak jelek, cepet ato lambat orang lain bakal welcome ke kamu.
Dan seiring waktu bakal jadi deket.

Tipe kedua yg kasian.
Orang2 udah tau sifat aslinya ya bakal menghindar.
Justru si orang tsbut yg malah keliatan pingin banget "exist" di mata orang lain.
Berusaha nyari temen, sok ikutan masuk circle, padahal orang di circle itu gak nyaman ama dia.
Cuma karena supaya gak keliatan2 gak sukanya mereka teteo nganggap di depan.
Di belakang, ya diomongin kejelekan mu, sampai mereka terang2an nunjukkin ketidaksukaan mereka ke kamu.

Gampangnya sich ngeliat klo kamu udah dianggap temen itu kamu bakal sering diajak nongkrong.
Dan ngobrol pun gak seputar aktivitas harian kalian. Klo sekolah ngobrolin tugas, pelajaran tapi udah meluas.
Kadang curhat, cewek gebetan, aib pribadi, hobi, keluarga, ngejorokin orang dll.

Klo tipe kedua, ya susah.
Kamu udah gak dianggap, mau masuk circle juga bakal dianggap angin lalu.

Keliatanya kalo udah di luar komunitas/ kantor/sekolah/kuliah.
Tipe yg pertama bakal tetep diajak ngobrol, dan temen kamu bakalan yg inisiatif klo udah gitu ya ikutin aja.
Yg tipe kedua kasian, karena orang udah malas ya bakal dicuekin aja ama orang lain.
Dan malah orang tsb berusaha supaya keberadaan nya diakui.
Akhirnya mereka berupaya sekuat tenaga nunjukkin eksistensi diri.
Yg kalo kubilang jadi badut sosial.

Aq masuk yg pertama.
Emang sehari2 aq mirip yg kucdtitain.
Ada juga temen ku yg tipe kedua.
Dan keliatan banget cara kami bersosialisasi beda.
Temen ku itu yg sifatnya jelek seolah2 caper ke semua orang.
Tiap orang ditusuk dari belakang, dijelek2in di depan bos.
Tapi karena yg lain udah tau karakternya ya ditanggapin seperlu nya aja.
Dan lebih banyak dia yg memulai pembicaraan.
Dan orang malas bercanda ama dia
Sementara aq, kebalikannya.
Aq ngobrol seperlu nya aja, kadang orang yg duluan ngajak ngobrol ngajak bercanda.
Yawdah tinggal ikutin aja.
Ya meski eksistensi ku hidden tapi tetep ada kan.

Keliatan kontras saat kami di luar kantor.
Aq pernah acara d luar kantor.
Aq malah bersosialisasi ama yg lain, ngobrol, makan minum, ngegame, bercanda sampai pagi.
Temen ku itu malah dicuekin.
Akhirnya dia masuk kamar dan tidur.
Padahal baru jam 8.
Dan anehnya orang malah nyariin aq pas aq gak ada.
Sementara si kawan itu, gak ada yg nyariin sama sekali.
Udah cuekin aja.

Point nya itu.
Meski kamu introv pendiam kuper, tapi usahakan punya hati dan personaliti yg baik.
Karena orang lain yg akan menilai mu layak gak jadi temen mereka.
Kalo merka udah menilai kamu baik, itu tinggal jalanin aja.
Respek ama orang lain,jangan berkata yg jelek, jangan mudah emosi karena itu bakal jadi nilai minus kamu sendiri.

Selain dari personaliti mu juga ada pandangan orang lain untuk bersosialisasi.

Jadi orang intro, pendiam, penyendiri dll itu gak jelek koq.
Dan orang lain justru yg menganggap aq adalah temen mereka meski aq gitu.
Apalagi kalo kamu bukan tipikal kupu2 sosial.
Intinya sich, kamu berbuat baik aja terus ke orang lain.
Dianggap ato gak dianggap.
Ngomong yg baik2 aja.
Orang lain bakal seneng ama kamu cepet ato lambat.
Dan segan ama kamu.
Bukan malas ya.
Akhirnya jadi temen dech.
Aq temenan ama ibu2, dan dia ini tipikal ego tinggi.
Klo gak suka ama orang bakal dihancurin.
Dia pernah menghina aq blak2an, tapi ya udah lah maafin aja.
Giliran dia butuh bantuan, gak ada yg mau nolong.
Lucunya dia mintol ke aq yg jarang ngobrol.
Yawdah bantuin aja.
Gitu terus tiap hari, akhirnya dia jadi baik.
Dan dia lebih prefer mintol ke aq, kenapa?
Karena dia tau aq bakal bantuin orang besar ato remeh temeh.
Akhirnya dia dan aq jadi sering nongkrong.
Ngobrol ngalur ngidul.
Coba ama kawan ku satu lagi, gak dianggap ama si ibu itu.
Dianggap pun paling dinyinyirin.
Diubah oleh enam.kehendak
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di