CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / ... / Forex, Option, Saham, & Derivatifnya /
MENGENALI SELUK - BELUK VALUTA ASING EUR/GBP
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e20a2f68012ae0c925b8c50/mengenali-seluk---beluk-valuta-asing-eur-gbp

MENGENALI SELUK - BELUK VALUTA ASING EUR/GBP

MENGENALI SELUK - BELUK VALUTA ASING EUR/GBP

Sudah bukan rahasia lagi jika EUR/GBP menjadi salah satu pasangan valuta asing yang paling populer diperdagangkan di pasar binary option. Euro dan Pound sama-sama termasuk dalam kategori valuta asing yang banyak digunakan, sehingga tak heran jika EUR/GBP ini sering menjadi destinasi favorit para trader yang ingin mencari alternatif profit lain dari perbandingan mata uang lain.  Jika menilik data volume trading harian, Euro rata-rata berada di urutan kedua setelah Dolar Amerika Serikat (USD) dengan pangsa pasar sebesar 39.1%. Sementara Poundsterling diperdagangkan pada kapasitas yang agak lebih rendah, yakni di kisaran 12.9% dan menempati ranking keempat.

Menilik ke belakang, Euro resmi menjadi mata uang dari negara Uni Eropa (UE) tepat pada 1 Januari 1999 dan telah dipakai oleh 11 negara yang tergabung dalam kawasan Uni Eropa. Saat ini, Euro telah digunakan oleh 19 negara. Selama bergabung menjadi anggota di wilayah Uni Eropa (UE), Inggris cukup getol mempertahankan Pound untuk tetap menjadi mata uang nasional.
Faktanya EUR/GBP dianggap sebagai salah satu pasangan valuta asing yang unik, karena menjadi mata uang termuda pada kala itu, sementara Poundsterling telah menjadi representasi mata uang fungsional tertua di dunia. Namun sifat dasar dan unik dari hubungan keduanya justru memunculkan tantangan baru, hal ini terbukti dari rentetan peristiwa yang menyebabkan gejolak pasar (volatile), sehingga menimbulkan fluktuasi EUR/GBP yang berkepanjangan. Euro pada mulanya dianggap layak menjadi mata uang cadangan dunia berikutnya, mengikuti Dolar AS yang telah menyandang status ini lebih dulu. Tetapi di penghujung tahun 2000, Euro justru kehilangan momentum tersebut. Pada saat itu, Pound mencapai nilai tertinggi sepanjang masa terhadap Euro. Selama kemunculan Euro dari periode tahun 1999 sampai dengan tahun 2016, agregat fluktuasi EUR/GBP mencapai 71.34%.
Fluktuasi yang terjadi pada EUR/GBP Seperti halnya mayoritas negara dengan perekonomian terbesar, Inggris bisa memiliki ketergantungan pada sektor ekspor dan impor. Pada akhir tahun 2014, ekspor Inggris berada di peringkat ke-9 secara global, dan menempati peringkat ke-5 untuk sektor impornya. Tingginya aktivitas perdagangan bersama negara-negara Zona Euro, merepresentasikan bahwa sebagian besar pendapatan Inggris dihasilkan dari hubungan perdagangan dengan kawasan tersebut. Dalam hal ini, Jerman, Belanda, dan Prancis menjadi tiga mitra dagang terbesar Inggris dari Zona Euro. Dari segi politik, hubungan antara Inggris dengan Uni Eropa (UE) terbilang rumit.
Pada 23 Juni 2016, Inggris memutuskan untuk meninggalkan Uni Eropa, setelah hasil referendum "Brexit" yang mereka gelar menunjukkan bahwa mayoritas partisipan lebih memilih "leave". Selama 23 hingga 24 Juni 2016, EUR/GBP mengalami volatilitas tajam dengan mencatatkan level terendah di area 0.75, sementara level tertingginya menyentuh 0.83.
Setelah hasil Brexit usai diumumkan, berbagai spekulasi yang muncul terkait masa depan Inggris memang berakibat pada tingginya fluktuasi EUR/GBP. Mulai dari kekhawatiran yang berlebihan atas neraca perdagangan Inggris, potensi menurunnya arus modal, hingga memanasnya hubungan politik Inggris dengan negara-negara Zona Euro, menjadi faktor pemicu terjadinya devaluasi Poundsterling secara masif terhadap Euro. Sampai saat ini, kabar-kabar terkait Brexit masih kencang mempengaruhi fluktuasi EUR/GBP.
MENGENALI SELUK - BELUK VALUTA ASING EUR/GBP
Itulah seluk beluk pasangan valuta asing EUR/GBP yang bisa kamu jadikan referensi dalam ber-investasi, EUR/GBP ini juga bisa kamu perdagangkan melalui HIGHLOW365, caranya pun cukup gampang apalagi kamu adalah trader pemula, maka langkah investasi #SerbaGampang melalui HIGHLOW365 bisa kamu ikuti, pertama kamu bisa Daftar di  www.highlow365.com, kemudian yang kedua adalah Deposit minimal 100 Ribu, setelah itu pilih asset EUR/GBP untuk kamu investasi, profit bisa kamu dapatkan seiring investasi yang kamu lakukan, lengkap dengan analisa terbaik yang kamu punya.

Yuk! Mulai #investasionline kamu sekarang di www.highlow365.com



Investasi Online #SerbaGampang Cuma di HIGHLOW365



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di