CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Tumbuh Subur dan Makmur di Tanah Bugis
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e206b1ec820840b2a2bb892/tumbuh-subur-dan-makmur-di-tanah-bugis

Tumbuh Subur dan Makmur di Tanah Bugis

Sejenak Menikmati Keanekaragaman Buah Tanah Bugis Sinjai

Tumbuh Subur dan Makmur di Tanah Bugis


Hai gansit, jumpa lagi dengan ane ninaahmad. Jika sebelumnya ane pernah menulis tentang keindahan alam Sinjai Mengenal Destinasi Wisata di Kabupaten Sinjai, kali ini ane akan mengulas jenis buah yang tumbuh subur di Tanah Bugis Sinjai.


Indonesia adalah negara yang sangat potensial dengan kekayaan alam dan keindahan alamnya yang luar biasa. Bentangan dari Sabang sampai Merauke menyuguhkan keindahan alam. Maka patutlah bersyukur jika menjadi bagian dari yang mendiami wilayah Indonesia. Dengan pulau besar, mulai pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi serta Irian Jaya, Indonesia dikenal dengan kekayaan laut, darat dan perut bumi yang tak dapat dihitung nilainya. Keragaman suku menduduki wilayah Indonesia salah satunya adalah Suku Bugis yang teradapat di Sulawesi Selatan. Di Tanah Bugis inilah juga banyak menyimpan kekayaan alam.

Quote:


Berikut jenis keanekaragaman buah yang sangat mudah dijumpai dan dapat dinikmati kesegarannya di tanah Bugis Sinjai :


Pepaya (Carica papaya)

Tumbuh Subur dan Makmur di Tanah Bugis


Buah pepaya dalam bahasa bugis disebut dengan Kaliki. Buah ini akan berubah warna menjadi warna kuning atau orange jika sudah matang dan siap dikonsumsi. Dimanfaatkan sebagai campuran es buah atau langsung dikonsumsi. Selain itu buah pepaya ketika masih muda dan masih berwarna hijau dapat dijadikan sayur dan dipercaya dapat melancarkan ASI bagi Ibu menyusui. Buah ini tidak mengenal musim, dan hasil melimpah sehingga harga dipasaran relatif murah. Meski dengan begitu pada saat Bulan Ramadhan harga cendrung lebih baik. Jika harga sangat murah dan buah melimpah terkadang pemilik hanya membuang begitu saja atau dijadikan makanan ternak.


Kelapa (Cocos nucifera)

Tumbuh Subur dan Makmur di Tanah Bugis


Kelapa dalam bahasa bugis disebut Kaluku. Jenis kelapa yang tumbuh di daerah bugis sama hal dengan daerah lain. Pohon kelapa termasuk kedalam jenis tanaman tahunan dan tumbuh tinggi. Buah ada yang berwarna hijau dan kuning, jika kelapa sudah tua maka akan berubah warna menjadi coklat kehitaman. Kelapa muda dapat langsung dikonsumsi atau dijadikan campuran es buah sedangkan kelapa tua dapat dijadikan santan.


Durian (Durio Zibethinus)

Tumbuh Subur dan Makmur di Tanah Bugis


Tumbuh Subur dan Makmur di Tanah Bugis


Durian dalam istilah bugis disebut dengan duriang. Jenis durian bermacam-macam namun yang tumbuh di Tanah Bugis umumnya hanya durian montong, durian mentega, durian petruk sedangkan durian dodol masih sangat sedikit yang membudidayakannya. Saat musim durian tiba, sangat mudah menemui penjual durian, baik yang dijajakan dipinggir jalan maupun di pasar tradisional. Banyak yang menggemari buah yang satu ini, meski dengan begitu tidak sedikit juga yang tidak menyukainya dengan alasan baunya yang sangat menyengat. Untuk menikmati durian ini perlu kesabaran karena untuk membukanya butuh tekhnik tertentu mengingat kulitnya yang berduri sangat tajam.


Mangga (Magnifera indica)

Tumbuh Subur dan Makmur di Tanah Bugis


Mangga dalam istilah bugis disebut Fao. Jenisnya pun sangat bermacam macam, namun yang umumnya dapat di temui di Daerah Bugis adalah mangga harum manis, mangga golek, mangga indramayu, mangga madu, maupun mangga yang hidup liar dihutan. Pada umumnya mangga yang hidup tidak dibudidayakan yang biasanya ditemui tumbuh liar di hutan rasanya tidaklah semanis dengan yang dibudidayakan di kebun atau dipekarangan rumah. Kematangan mangga ditandai dengan perubaham warna kulit dari hijau menjadi kuning kemerah merahan atau ada yang cendrung lebih berwarna orange.

Salak (Salacca edulis)

Tumbuh Subur dan Makmur di Tanah Bugis


Salak dalam bahasa bugis disebut dengan sala'. Salak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berbuah. Struktur batang salak yang berduri sehingga membutuhkan kehati-hatian untuk membudidayakannya. Kulit buahnya cendrung kasar dan bahkan jika belum terlalu matang kulitnya masih berduri tajam. Jenis buah ini menghasilkan buah yang bervareasi rasanya tergantung dari kematangannya. Semakin matang maka buah akan semakin manis, namun yang perlu diperhatikan adalah tidak membiarkan terlalu tua. Jika terlalu tua buah akan jatuh dari tangkainya dan rasa akan hambar.


Alpukat (Persea americana)

Tumbuh Subur dan Makmur di Tanah Bugis


Alpukat dalam bahasa bugis bugis disebut afoka'. Alpukat yang umumnya tumbuh di tanah Bugis memiliki 2 jenis warna kulit yaitu hijau alpukat mentega dengan rasa yang sangat enak, bertekstur lembut dan serat serat sangat sedikit. Dan yang berkulit agak kecoklatan dengan daging yang banyak mengandung air dan rasanya tidak seenak alpukat mentega selain itu juga memiliki serat-serat yang cukup banyak. Namun buah ini relatif lebih mahal dibanding dengan buah yang lain.

Nanas (Ananas comocus)

Tumbuh Subur dan Makmur di Tanah Bugis


Nanas dalam bahasa bugis disebut Banda. Umumnya harga nenas cendrung relatif lebih stabil. Umumnya yang dibudidayakan di anah Bugis Jenis Cayyene dan Queen. Perbedaan diantara keduanya adalah jenis Cayenne daun halus dan tidak berduri, buah besar dan bulat, rasanya lebih manis. Sedangkan Queen daun relatif lebih pendek, berduri tajam dan bentuk buah agak lonjong. Budidaya tanaman ini tidak terlalu membutuhkan tenaga ekstra karena dapat bertahan hidup pada musim kemarau meski tidak dilakukan penyiraman berkala.


Manggis (Garcinia mangostana)

Tumbuh Subur dan Makmur di Tanah Bugis


Manggis ditanah Bugis meski melimpah pada musimnya harga relatif lebih stabil. Manggis memiliki bentuk yang sangat unik yaitu memiliki kulit luar berwarna ungu tua, agak keras namun dapat dibuka dengan mudah. Kemudian daging putih yang dapat dimakan yang melekat pada biji. Kulit dipercaya dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan. Pohon dari manggis relatif lebih pendek dan berdaun rimbun.


Rambutan (Nephellium lappacium)

Tumbuh Subur dan Makmur di Tanah Bugis


Rambutan memiliki kulit luar berbulu dan ketika masih belum matang berwarna hijau kemudian lambat laun akan berwarna kuning, saat berwarna kuning sudah dapat dikonsumsi meski rasanya agak kecut. Jika ingin menikmati manisnya buah rambutan maka tunggu hingga kulit buah berubah warna kemerahan. Pada musimnya di tanah Bugis Rambutan akan sangat melimpah dan harga relatif sangat murah. Namun ada beberapa jenis Rambutan yang relatif lebih stabil harganya, diantaranya rambutan jenis rapiah dan rambutan lengkeng = dalam istilah orang orang bugis


Buah Naga (Hylocereus undatus)

Tumbuh Subur dan Makmur di Tanah Bugis


Beberapa tahun terakhir Buah Naga juga menjadi buah primadona di tanah Bugis. Sudah banyak para petani yang membudidayakan karena harganya cukup mahal. Tanaman ini sangat cocok untuk dibudidayakan karena pertumbuhan relatif lebih cepat dan juga menjadi tanaman hias jika dibudidayakan dipekarangan rumah.


Nangka (Artocarpus heterophyllus)

Tumbuh Subur dan Makmur di Tanah Bugis


Nangka dalam bahasa bugis disebut Lempu. Pada musimnya buah Nangka akan melimpah, selain itu kulitnya juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Sedangkan bijinya dapat digunakan sebagai campuran sayur-sayuran. Namun meski dengan demikian harga dipasaran relatif lebih stabil dan pada saat bulan Ramadhan akan menjadi salah satu buah yang diburu untuk campuran es buah oleh para ibu ibu rumah tangga.


Pisang (Musa paradisiaca)

Tumbuh Subur dan Makmur di Tanah Bugis


Pisang dalam bahasa Bugis dikenal dengan nama Utti. Pisang tumbuh dengan subur dengan berbagai jenis. Pisang tidak mengenal musim sehingga harga lebih relatif murah di Pasaran. Buah yang satu ini tersusun bertandan dengan kelompok yang tersusun menjari. Pada umumnya buah ini berwarna kuning ketika sudah matang. Tetapi ada juga yang berwarna merah, hijau, serta ungu. Ukuran pisang tergantung dari jenis pisang tersebut. Jenis pisang yang banyak tumbuh subur di daerah Bugis adalah pisang ambon, pisang susu, pisang raja, pisang emas., pisang batu, pisang tanduk. Daunnya dapat dimanfaatkan sebagai pembungkus jajanan tradisional, jantungnya dapat dimanfaatkan sebagai sayuran dan batang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak.


Langsat (Lansium domestikum)

Tumbuh Subur dan Makmur di Tanah Bugis


Langsat dalam bahasa Bugis dikenal dengan Lassa'. Langsat meski sekilas sama dengan duku namun perbedaan dapat dilihat dari pohonnya, langsat tumbuh relatif lebih tinggi kurus sedangkan duku relatif lebih rimbun dan berdaun lebih hijau dari langsat. Struktur kulit langsat lebih tipis dan halus dibanding dengan duku yang kasar dan tebal. Langsat umumnya berukuran relatif lebih kecil dari duku. Langsat dan duku pada saat matang akan berubah warna menjadi kekuningan. Meskipun masih terlihat bercak hijau tetapi pada duku rasa akan lebih manis. Sedangkan langsat untuk mendapat buah yang manis tunggu hingga warna sangat kekuningan. Pada musimnya Langsat dipasaran harga akan turun drastis. Di Tanah Bugis Langsat lebih mudah kita jumpai dibanding dengan Duku.


Demikian gansis, jenis-jenis buah yang tumbuh subur di Tanah Bugis dan sangat mudai ditemui. Masih banyak lagi gansis keanekaragaman buah Tanah Bugis, In syaa Allah akan ane ulas di Tread selanjutnya Bagaimana tanah Bugis subur bukan?

Sumber Gambar : Pinterest
Penulis : ninaahmad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sekar2ahayu dan 30 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Ninaahmad
Halaman 1 dari 6
Diubah oleh Ninaahmad
Mengenal tanah bugis sinjai
Sebutkan jenis buah yang tumbuh subur didaerah masing masing dengan menggunakan bahasa daerah.
Duriannya manis gak tuh?

Semanis kamu...... emoticon-Kiss
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
Diubah oleh davinof
Yuk
Silakan buahnya
Langsung di telen aja sm TS



emoticon-DP
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
serba ada ya gan hasil buminya. kalau kayak gini bikin seneng masyarakat deh ya
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
mantap uii. buahannya bikin seger
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
Duriannya pengen ane makan sama kulitnyaemoticon-Matabelo
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
Asik tuh jika pergi ke sana apalagi bawa oleh-oleh durian juga emoticon-Matabelo
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
Indonesia emang kaya alam.
emoticon-Matabelo
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
Lihat 1 balasan
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Buah tangan
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
Kirain ane tanaman khas bugis
TS ngeprank kah?
Wkwkwkwk

Klo yang TS sebutin kayaknya hampir setiap daerah bisa tumbuh...
profile-picture
profile-picture
VictimMax dan Ninaahmad memberi reputasi
jeruk ane baru 15 cmemoticon-Frown
paling ga kuat cium duren, apalagi mamam?emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
Diubah oleh MrJeffBezos
Duren emoticon-Genit

Btw, tapi setau aku, sinjai tu sebenernya ga murni "tanah bugis" emoticon-Big Grin
Sinjai tu semacam daerah peralihan lah antara daerah yg didominasi suku bugis ama daerah yg didominasi suku makassar. kalo yg dulunya kerajaan bugis meliputi sidrap, bone, wajo, soppeng.
Itu jaman dulu sih, sekarang yah emang batas2 begituan udah semakin hilang karena mobilisasi orang semakin cepat dan tak terbatasemoticon-Big Grin

Nah tapi kalo TS bilangnya sinjai tanah bugis, saya asumsikan TSnya orang bugis ya? To Ogi ki'? emoticon-Big Grin
Dadah2 dulu ke sesama orang bugis emoticon-Hai
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
Diubah oleh .hades
Buah²nya familiar ya dibanyak tempat.. Kirain ada yg khas bugis gitu, yg jarang ato gk tumbuh di daerah lain
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
Ngeliat foto buahnya yang seger-seger gitu, ane jadi pengen nyatuin buah buahnya buat rujak gan... emoticon-Matabelo
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
mantap2 yee..
wenaaaak..
emoticon-Leh Uga
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Nanas 😍😍😍😍
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di