CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PDIP Ulangi Kejatuhan Demokrat?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1e5bedc82084043b6e61fd/pdip-ulangi-kejatuhan-demokrat

PDIP Ulangi Kejatuhan Demokrat?

Berhasil memenangkan Pemilu sebanyak dua dan menempatkan kadernya sebagai presiden dalam dua Pilpres terakhir, tentu telah membuat PDIP menasbihkan diri sebagai partai paling berkuasa dan berpengaruh saat ini. Akan tetapi, partai banteng ini nampaknya tidak dapat berpuas diri terlalu dini. Pasalnya, kasus serupa, di mana Partai Demokrat yang juga sempat begitu berkuasa, nyatanya tidak memiliki pengaruh yang berarti saat ini. Lantas, mungkinkah PDIP akan mengulangi sejarah Demokrat tersebut?

Di Bawah Lindungan Tirtayasa”, begitulah judul tajuk laporan investigasi yang dimuat oleh Majalah Tempo terkait kasus korupsi yang turut menyeret nama Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto. Disebutkan dalam laporan tersebut bahwa Hasto disinyalir telah berlindung di dalam Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) ketika hendak “diciduk” oleh tim penyidik KPK beberapa waktu lalu.


Menariknya, Tempo juga menulis bahwa pimpinan KPK ternyata tidak berani untuk menetapkan salah satu jenderal partai banteng tersebut sebagai tersangka.

Padahal, menurut keterangan Saeful Bahri, yang disinyalir sebagai salah satu staf dan orang terdekat Hasto, uang pelicin yang akan diberikan kepada komisioner KPU, Wahyu Setiawan ternyata berasal dari Hasto sendiri.

Tentu saja, atas dalih pengakuan tersebut, sudah menjadi bukti awal yang cukup untuk menyeret salah satu orang kepercayaan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri tersebut.

Kasus Hasto ini tentu menarik – seperti yang diungkap Tempo – ini adalah bukti nyata pelemahan lembaga anti-rasuah tersebut.



Di luar indikasi pelemahan KPK tersebut, sebenarnya terdapat satu hal lagi yang dapat dimaknai dari terseretnya nama Hasto ke dalam kasus korupsi. Fenomena ini sebenarnya dapat dimaknai pula sebagai indikasi awal kehancuran pamor partai seperti yang diperlihatkan oleh Partai Demokrat lebih dari lima tahun lalu.

Publik tentu mengingat, sebelum PDIP begitu berkuasa saat ini, Partai Demokrat juga pernah merasakan posisi yang sama. Akan tetapi, setelah sepuluh tahun berkuasa, partai yang diketuai oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut justru tidak menunjukkan tajinya lagi saat ini.

Menariknya, Nadia Bulkin dalam Indonesia’s Political Parties, menyebutkan bahwa selepas Partai Demokrat memenangkan Pemilu 2009, partai biru ini justru menjadi sasaran target investigasi kasus korupsi.

Imbasnya, berbagai pesohor partai tersebut, seperti Anas Urbaningrum dan Andi Mallarangeng mendekam di balik jeruji besi karena kasus korupsi.

Tidak hanya itu, momen tersebut juga dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk melayangkan kritik keras, yang disebut berpengaruh besar terhadap penurunan elektabilitas partai yang terlihat jelas pada gelaran Pemilu selanjutnya.

Dan sekarang, preseden serupa nampaknya telah menghinggapi PDIP. Bahkan tidak membutuhkan waktu yang lama, belum genap setahun berjalannya pemerintahan di periode kedua, Hasto sekalu sekjen partai sudah harus berurusan dengan lembaga anti-rasuah.

Pertanyaannya, benarkah sejarah kejatuhan Partai Demokrat akan terulang di PDIP?


Artikel selengkapnya di PDIP Ulangi Kejatuhan Demokrat? hanya di Pinterpolitik.com

Web: http://bit.ly/2hBqPxf
YouTube: http://bit.ly/PinterPolitik
Instagram: http://bit.ly/2gdJwGP
Facebook: http://bit.ly/2ycBqF6
Twitter: http://bit.ly/2ygW5HT
Podcast: http://bit.ly/Podcast-Pinpol
LINE@: http://goo.gl/J4As4i



profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
PDIP lahir kapan, DEMOKRAT lahir kapan ?

PDIP sudah terbukti lintas generasi dari orde baru reformasi sampai saat ini bahkan nenek moyangnya sudah ada sejak orde lama. 10 tahun jadi oposisi murni tanpa jabatan bukannya hancur tapi malah semakin kuat.

PDIP anak SULUNG

Demokrat anak BAWANG

PDIP dan Demokrat, bagaikan BUMI dan LANGIT
profile-picture
profile-picture
profile-picture
buatbarulagi dan 7 lainnya memberi reputasi
Selama trah Soekarno msh ada.. PDIP akan tetap ada.. Dan ya pemimpinnya akan selalu dr mrk emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Semua ada waktunya, saya akui sendiri, PDIP itu hebat dan kuat.

Lebih menggemparkan lagi demokrat, partai baru tapi bisa menguasai parlemen 10 tahun.

dua duanya luar biasa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
bisa jadi tapi PDI-P ada regenerasi dari daerah dibawa ke pusat beda ama Demokrat cuma untuk anak pepo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Kaga bakal keseret banyak ini mah selama mak banteng masih sehat wal afiat emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Pinpol ini afiliasinya kmn sih, pembodohan
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
kalo megawati meninggal kita liat aja masih kuat ato gk...emoticon-Cool
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Balasan post reo_anggoro
Quote:


Kemungkinan masih kuat. Karena Jokowi bisa jadi ketua umum.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan voorvendetta memberi reputasi
Quote:


Selama masih ada Big Mom aman lah emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mcafe dan 3 lainnya memberi reputasi
Heran juga sama PDIP, publik juga sudah tau kalau soal korupsi partai mana yang banyak keciduk kadernya, tapi tetep aja masih kokoh.

PDIP itu partai jangkar sama dengan Golkar, bener² jaringannya luas, sampai ke akar rumput, struktur organisasinya dari DPP sampai ke anak ranting ( level dusun, ujung utama ).

Regenerasi kepemimpinan di PDIP berjalan dengan baik di daerah², setiap lima tahun sekali setelah pemilu ada pergantian kepengurusan di semua DPD,DPC,PAC,Ranting,Anak Ranting, berlangsung dengan demokratis, bagi mereka partai bukan tempat mencari pekerjaan, tapi buat mengabdi kepada rakyat, kalau sudah ngak cocok dipersilahlan keluar dari partai, jadi mereka dekat dengan akar rumput.

Soal kasus OTT Wahyu Setiawan dan kemudian menyeret nama Sekjen PDIP, gejolak di daerah ngak terlalu besar, biasa aja. Kalaupun petinggi² di DPP banyak diganti, maka banyak kader² muda di PDIP siap menerima tampuk kepemimpinan.

Demokrat bukanlah PDIP, PDIP bukan partai kemarin sore, dalam Kongres V PDI Perjuangan di Hotel Grand Inna, Sanur, Jumat 9 Agustus 2019, berbagai hal dibicarakan, mulai revitalisasi mesin partai, strategi politik Partai sampai pada persoalan besar negara seperti Garis Besar Haluan Negara yang dalam terminologi Bung Karno sebagai : Pembangunan Semesta Berencana. 

Dari semua isu yang dibicarakan kemudian dijadikan keputusan resmi Partai dalam langkah langkah politik ada isu paling besar yaitu bagaimana menciptakan situasi politik PDI Perjuangan sebagai Partai Pelopor.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
PDIP Ulangi Kejatuhan Demokrat?
profile-picture
profile-picture
clcyep dan naunofal memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Kalo orang2 lama pdip masih ada mungkin, kalo jokowi cuma buat figur aja...beda sama megawati
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Balasan post Zhuge Liang
Quote:


Puan dikemanain?

profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


Puan sama kek jokowi cuma figur doang..untuk kepemimpinannya gak ada..menurut ane ya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Klo PDIP d pimpin sm mantan militer baru nasibnya bakal ngikut jejak Demokrat. Alasannya orang militer akan gamang mengikuti sistem Demokrasi krn d militer gak ada Demokrasi...

Liat gmn SBY memperlakukan Demokrat menjadi partai keluarga. Kebijakannya blunder ala cikeasnisme SBY yg bikin kader2 potensial krng motivasi buat jd penggerak partai. Akhirnya cm kader penjilat dan pecinta zona nyaman aja yg msh bertahan d Demokrat..


Makanya suara Demokrat bakal kehilangan bahan bakar. Makin mengecil
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
PDIP (dan golkar) itu partai akar rumput.. isu2 nasional d kalangan elitnya ga bakal d anggap ma pemilihnya d bawah yg mayoritas wong cilik dan wong deso.. emoticon-Malu (S)

yg sensitif ma isu2 terkait elit partai itu mayoritas cuma d kalangan pemilih kota2 besar aja.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
demokrat rontok krn gk ada figur lg sehabis SBY
klo PDIP msh ada risma ama ahok tuh,ganjar jg lmyn moncer
PDIP tuh hebat,mereka lengkap, kader hebat mereka pny,kader paling bajingan jg mereka pny(banyak malahan)
emoticon-Leh Uga
sdngkan demokrat saat itu ya cm SBY doang sisa nya kedengeran gaung nya stlh hambalang dibahas aja,maka nya begitu SBY gk bs maju lg mereka kaya angkat bendera putih di 2014
profile-picture
profile-picture
profile-picture
floriantito dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh pembela.tuhan
Lihat 1 balasan
Quote:


puan masih kuat, nyatany suara puan no 1 di dpr
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
kayaknya nasibnya bakal sama
sesudah mengawati ato sby mundur
2 partai ini gk jelas nasibnya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


trah soekarno lain mau dikemana kn?
emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di