CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Komisioner KPAI Sebut Kekerasan di Pesantren Tinggi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1e5b45337f9312794869e3/komisioner-kpai-sebut-kekerasan-di-pesantren-tinggi

Komisioner KPAI Sebut Kekerasan di Pesantren Tinggi

Komisioner KPAI Sebut Kekerasan di Pesantren Tinggi


JAKARTA -- Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti  menilai sepanjang 2017-2019, kasus kekerasan anak yang terjadi di pondok pesantren cukup tinggi, meski tidak seluruhnya dilaporkan kepada KPAI. Namun hingga saat ini penyelesaian kasus -kasus yang terjadi sangat minim.

"Kerap kali ketika terjadi kekerasan kepada santri, kiai hanya memanggil orang tua yang marah anaknya mendapatkan kekerasan, kemudian diberikan air putih dengan doa, kemudian masalah selesai, bahkan mereka mencabut laporannya dari kami,"ujar dia kepada Republika.co.id, Selasa (14/1).

Retno mengakui tidak dapat berbuat banyak, karena tidak ada regulasi yang mendukung mereka untuk memproses masalah tersebut. Bahkan akses masuk ke pondok pesantren untuk penanganan pun mereka mengalami kesulitan.

Di tahun 2019 misalnya, Retno pernah menangani satu kasus kekerasan seksual di Ponpes Langkat. Pelaku merupakan pemimpin ponpes yang melakukan sodomi kepada anak usia 15 tahun.

Meski kasus yang terjadi di Ponpes ini terjadi satu dari 21 kasus. Tidak menutup kemungkinan, fakta di lapangan kasus serupa lebih banyak terjadi, hanya tidak dilaporkan dan diproses.


Apalagi di ponpes di mana anak tinggal selama 24 jam dan baru pulang ke rumah ketika akhir semester. Berbeda dengan anak yang sekolah di sekolah umum, mereka mengalami kekerasan dicubit saja, orang tua sudah marah besar hingga pelaporan.

Berbeda dengan ponpes, jika kekerasan terjadi di madrasah, KPAI masih mampu menangani, karena lebih terbuka memberikan akses. Sebenarnya regulasi ini tidak hanya dibutuhkan untuk sekolah yang berbasis agama Islam saja, tetapi semua agama seperti sekolah kristen atau sekolah katolik.

Semua sekolah berbasis agama membutuhkan regulasi ini untuk melindungi anak-anak dari kekerasan baik, fisik, verbal, seksual dari sesama teman maupun guru dan pihak sekolah.

kompas.com


KPAI mulai anti islam,

ulama seharusnya dimuliakan,
bukan dihina dan dipermalukan dgn mencampuri urusan seksual ulama dan bool santrinya  emoticon-Marah





profile-picture
profile-picture
profile-picture
bang.didot dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh terong.besar
Halaman 1 dari 2
Ente tau kajian internal ?

emoticon-Mad
Klo sehari2 cm ketemu ama anak cowok bisa2 belok cyin emoticon-Betty
udah berubah jadi penyodoman ya
zaman gue dulu madrasah,ngaji
dipukul biasa aja tuh, dipecut juga emoticon-Big Grin
trend kristen kenapa diikuti sih
di luar, puluhan ribuan anak disodomi pendeta
kasihan anak anak itu, traumatik dan bisa saja jadi predator dikemudian hari
utk santri, berani melapor, tangkap, siksa sampai mati pegiat pendidikan mdel begitu
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan dipanggilfajar memberi reputasi
KPAI HARAMMM... emoticon-Marah
Kalo kekerasan seksual sih gk tau ya, tapi kalo di sabet pake sapu misal gara2 absen ngaji sholat dll ya namanya juga ponpes
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan dipanggilfajar memberi reputasi
kekerasan sariah palingan jd selow aj
Quote:


bs lapor polisi, follow up terus spy pelaku kekerasan di pesantren diusut. lindungi korban spy mau bersaksi dan melapor.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Sudah seharusnya kekerasan seksual di hukum KEBIRI, untuk efek jera.!!emoticon-Marah
profile-picture
dipanggilfajar memberi reputasi
saya berharapp bangett sama pemerintahh segera di cek seriuss semua penyaalahgunaan pondok2 pesantren ..... semua pesantreenn...di desa2 maupun kota.....
ngeness sekalii lohh jadi anak pondokan itu.... dan mereka mereka "korban" menjadi sasaran senioritass di pondok2 tersebut...


banyak pesantrennn yang baguss ,... yang rusak juga banyakkkkk,,,, banyak yg diem ga diberitain karena memang isu sensitif ...isunya korban bisa tambah ancurr kalo ngelaporr...

dan KPAii ini menurut sya telattt.....tapi gpp lahh.ketimbang tidak sama sekali....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
thanatosx dan 2 lainnya memberi reputasi
Mengejutkan emoticon-Kagets
ane pernah belajar di dua pesantren yang berbeda
dan bener, homoseksual dan kekerasan banyak disana, tapi ya selalu ditutupi dan gak ada yang lapor
profile-picture
profile-picture
profile-picture
thanatosx dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Komisioner KPAI Sebut Kekerasan di Pesantren Tinggi

Komisioner KPAI Sebut Kekerasan di Pesantren Tinggi
Lihat 1 balasan
Balasan post breakpants
betul saya sndiri prnah melihat lngsung bahkan ikutan membela,,, tapi apa daya .... mereka mencak2.....singgung singgung maslah agama dll... korban banyakk sekali yg diam karena takutt.,,,,dan kadang hanya di kasih uang seadanya untuk damai..... ngeness sekali lah pokoknya......

belum lagi melihat tingkah laku anak pemilik fondok fesantrennya....hadehhh....

profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Balasan post diamondchest
ibarattt statuss di fondokan... si gaharr itu adalah anak pemilik fondokan..... haruss dipuja2 dihormati tapi perilakunya buruk semena mena.... ga semuaa sih tapi yg saya sering jumpaiii kek gtu sih...
profile-picture
diamondchest memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
dikebiri ae tuh pelaku
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Kalau kekerasan seksual ada di Pesantren terus apa bedanya ama Penjara.

Anak masuk pesantren agar menjadi lebih baik, lha kalau jadi tambah buruk gimana ceritanya
profile-picture
dipanggilfajar memberi reputasi
itu laporan salah emoticon-Mad
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di