CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Coating Mobil Sendiri ? Gampang Kok . Berikut 5 Step Coating Mobil sendiri.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1da939349d0f287c2165f2/coating-mobil-sendiri--gampang-kok--berikut-5-step-coating-mobil-sendiri

Coating Mobil Sendiri ? Gampang Kok . Berikut 5 Step Coating Mobil sendiri.






Spoiler for Mobil Nyokap buat belanja sayur:

Jika and hobi merawat mobil tentunya anda tidak bisa hanya berfokus pada mesin mobil saja.


Tapi ada hal lain yang penting pula yaitu melakukan perawatan body mobil yang dapat membuat tampilan mobil anda lebih keren. Tentu saja hal ini nantinya akan berhubungan dengan kenyamanan selama mengemudi.

Merawat bodi mobil bisa anda lakukan dengan beberapa cara diantara lain mencuci mobil minimal satu kali dalam seminggu, pergi ke salon mobil, atau dengan menggunakan coating mobil.


Spoiler for Proses Coating Mobil:



Coating mobil adalah memberikan sebuah lapisan coating tambahan pada permukaan clear coat cat mobil sehingga dengan adanya tambahan lapisan ini akan membuat tampilan mobil anda selalu mengkilap, terlihat tidak kusam dan enak dipandang tentunya mempermudah dalam hal perawatan eksterior mobil.

Dari marterial yang dipergunakan pun masih terbagi menjadi beberapa hal tersebut dilihat dari jenis cairan coating dan juga seberapa keras dan tebal lapisan coating yang diaplikasikan ke permukaan cat mobil kesayangan anda.


Spoiler for Nano Ceramic:



Contoh yang paling banyak kita jumpai adalah polymer coating dan nano ceramic coating. Perbedaan yang paling mendasar adalah polymer tidak permanen sedangkan nano ceramic permanen.


Untuk proses coating (pelapisan) sendiri ada beberapa langkah yang perlu dikerjakan dan hal tersebut tergantung dari material coating yang dipakai:

1. WASHING
Langkah pertama yang anda harus lakukan adalah mencuci mobil anda untuk mengangkat debu dan kotoran yang masih menempel di bodi mobil anda. anda harus menguasai bagaimana cara mencuci yang baik dan benar agar hasil nya dapat maksimal

2. WATERMARK REMOVER
Melakukan Proses pengangkatan watermark (bercak) karena residu dan oksidasi yang tersisa pada permukaan bodi mobil yang tidak bisa hilang dengan mencuci.
karena hal ini lah sebaiknya coating dilakukan di salon mobil profesional agar tidak ada lagi watermark yang tersisa

3. POLISHING
Polishing adalah step menggunakan mesin polish, step ini berfungsi untuk mengoreksi baretan-baretan halus dan memunculkan karakter dari warna asli kendaraan anda yang selama ini mungkin tertutup oleh residu-residu yang masih ada (tertinggal) di pori-pori cat mobil anda.
Step ini adalah step yang paling beresiko karena jika tidak dilakukan oleh profesional justru dapat merusak cat mobil anda

4. DETAILING
Step ini merupakan step terakhir sebelum proses coating, proses ini adalah proses dimana anda harus membersihkan selah-selah exterior kendaraan anda (Emblem, handle pintu, dsb) yang tidak bisa dijangkau oleh mesin polish.

5. COATING
Coating (Pelapisan) adalah prosesi inti dari setiap step yang tadi sudah dijelaskan.
dalam proses ini kita membalurkan cairan coating ke seluruh lapisan yang akan kita coating secara merata.
*untuk step ini sangat dianjurkan dilakukan diruangan tertutup dan tidak berdebu



MANFAAT NANO CERAMIC COATING MOBIL
sebelum kita mengaplikasikan semua step diatas kita pun harus tau manfaat dari coating mobil secara lebih jauh, jangan sampai anda membeli barang yang belum anda tau manfaatnya. berikut penjelasan secara singkat mengenai manfaat/fungsi dari nano ceramic coating:

1. MENGKILAP PERMANEN
Sebagian besar kendaraan yang belum di coating nano ceramic tidak akan benar-benar mengkilap walaupun anda sering mencucinya. sebetulnya hal tersebut dikarenakan cat mobil kesayangan anda masih memiliki pori-pori sehingga kotoran-kotoran masih dapat masuk ke celah-celah pori-pori tersebut.
kotoran-kotoran tersebut sebetulnya disebabkan oleh beberapa penyebab, diantaranya zat mineral dalam air saat anda mencuci atau kotoran yang terbawa melalui udara.

namun anda tak perlu khawatir karena setelah anda mengaplikasikan nano ceramic coating kendaraan anda, kotoran-kotoran tersebut tidak akan masuk ke pori-pori kendaraan anda. hal tersebut dikarenakan kendaraan yang telah dicoating sudah tidak berpori

2. MENAHAN GORESAN HALUS
Setelah mobil anda teraplikasi coating nano ceramic berarti mobil anda memiliki lapisan tambahan diatas permukaan cat body.
Jika diilustrasikan sama halnya seperti kertas yang sudah di laminating.

Jika terkena goresan halus maka bagian pertama yang terkena goresan tersebut adalah plastik laminatingnya terlebih dahulu sebelum mengenai kertasnya.
Hal tersebut juga sama halnya dengan mobil yang sudah teraplikasi nano ceramic coating.


Sehingga mobil memiliki lapisan baru diatas lapisan clearcoat bawaan sehingga yang terkena goresan terlebih dahulu adalah lapisan coatingnya.
Karena manfaatnya sama seperti laminating kertas maka dari itu banyak juga yang mengartikan coating sama dengan laminating (melapisi).


3. PERAWATAN CAT JADI LEBIH MUDAH

Jika mobil anda sudah teraplikasi nano ceramic coating berarti body mobil anda menjadi lebih halus/tidak berpori. Sehingga mineral air/partikel-partikel yang menyebabkan waterspot tidak akan mudah terbentuk karena biasanya kotoran dan partikel penyebab waterspot tersebut muncul karena partikel tersebut masuk ke dalam pori-pori cat kendaraan. akan tetapi jika kendaraan anda sudah teraplikasi nano ceramic coating anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

Nah, kurang lebih seperti itu proses inti dari proses coating mobil.



Catatan penting
Coating mobil bisa dilakukan sendiri di rumah.

Tapi sangat dianjurkan dilakukan oleh professional yang sudah berpengalaman.
jangan sampai karena hanya ingin irit hasilnya malah ga maksimal atau kendaraan kita malah jadi rusak karena ada salah dalam melakukan step by stepnya.


Spoiler for Mobil bokap buat ke empang:



Spoiler for Mobil ane untuk mencari nafkah:



Sekian Semoga bermanfaat dunia akhirat gan

emoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star

sumber : tulisan di web ane sendiri scuto
profile-picture
trdfantasy memberi reputasi
wih mantab bre, jng pengen coba di bajaj ane emoticon-Cool
Quote:


Monggo brooh
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
nano ceramic coating bgs, ane pernah pakai. tapi sifatnya gak permanen juga sih, karena ada periodenya utk dipoles lagi. setelah coating nano ceramic jg katanya tidak boleh lagi ngelap-ngelap pake kanebo, cuci gak boleh sembarangan airnya, sabun cuci harus gold meguaires
Quote:


Mungkin itu ditetangga om. Coba mampir kemari om mungkin bisa sekalian diskusi. Hehe
pernah ane lakuin malah berantakan jadnya kwkwkk


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di