CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pemberitaan Media Atas Kasus Reynhard Sinaga Dikritik
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1d7114facb9554610483c4/pemberitaan-media-atas-kasus-reynhard-sinaga-dikritik

Pemberitaan Media Atas Kasus Reynhard Sinaga Dikritik

Pemberitaan Media Atas Kasus Reynhard Sinaga Dikritik

Lembaga studi dan pemantauan media, Remotivi, mengkritik media di Indonesia mengembangkan pemberitaan kasus Reynhard Sinaga ke hal-hal yang sensasional dan tidak substantif. Reynhard Sinaga, warga Indonesia di Manchester, Inggris dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena memperkosa puluhan pria.

Reynhard dinyatakan bersalah atas kasus perkosaan dan serangan seksual terhadap 48 korban dalam rentang waktu dua setengah tahun dari 1 Januari 2015 sampai 2 Juni 2017.

"Minta keterangan kaitan dari UI, orang tua, SMA nya dicari tahu dan lain-lain. Ujung-ujungnya karena angle nya ingin menjual berita sensionalistik, kami merasa media indonesia juga kebingungan bagaimana cara membingkainya," jelas peneliti dan aktivis Remotivi, Firman Imanuddin dalam diskusi Menggungat Pemberitaan Media Terhadap Pemberitaan Kekerasan Seksual, di Kantor AJI Jakarta, Minggu (12/1).

Ia mengatakan, seharusnya dengan adanya kasus kekerasan seksual ini, banyak hal-hal yang lebih subtansial yang bisa dibahas oleh media, tidak hanya fokus kepada topik yang sensasional, bingkai yang simpel yang nantinya akan menjadi bahan gosip.

"Ini harusnya bisa melihat isu kekerasan seksual lebih substansial, misalnya mengapa RUU PKS itu perlu, dan hal lainnya," kata dia.

Selain itu menurutnya pemberitaan media juga cenderung mengadopsi narasi pemberitaan dari media asing terkait dengan pemberitaan kasus Reynhard Sinaga.

"Karena kasus ini booming di luar dulu, sehingga media Indonesia kemungkinan mengadopsi narasi dari Guardian atau BBC karena mereka sumber utama. Apa ini benar-benar membaik, atau cuma kebetulan karena mengkopi narasi dari media luar," kata Firman.

Meski demikian ia tak mengelak kalau pemberitaan kasus Reynhard Sinaga di bebrerapa media asing yang juga bermasalah. Namun, media asing seperti The Guardian dan BBC menurutnya cukup fokus pada peristiwa kekerasan seksual dan tindakan kriminal yang dilakukan oleh Reynhard.

"Bagusnya Guardian dan BBC, enggak ada marking dalam pemberitaan, jadi identitas LGBT itu tidak terlalu diseret dalam kejahatan Reynhard," tuturnya.

Selain itu, dalam konteks pemberitaan kasus Reynhard, menurut dia, kelompok LGBT seharusnya juga diberikan kesempatan untuk memberikan pandangan lebih ataupun untuk mengoreksi berbagai tuduhan yang yang ada.

"Kelompok marginal seharusnya dikasih kesempatan ngomong, meskipun dari media sosial sudah banyak yang mengingatkan dan mengkritik media bagaimana dalam memberitakan kekerasan seksual, itu adalah hal yang baik," ujar dia.

Sementara itu, Managing Editor Detik.com Erwin Dariyanto mengatakan kasus Reynhard Sinaga ini bisa menjadi salah satu pelajaran bagi media di Indonesia bagaimana memberitakan suatu kasus LGBT.

"Pelajarannya yang bisa diambil juga bagaimana kasus ini mulai dari persidangan 2017 bisa tersimpan rapi sampai keputusan, dan media-media luar benar-benar mematuhi ketika dilarang untuk memberitakan," kata dia. (yoa/eks)



https://www.cnnindonesia.com/nasiona...inaga-dikritik

Pak Firman dari Remotivi kayak gak paham aje media Indonesia kayak gimane emoticon-Ngakak (S)

Selagi bisa kasih artikel yang klikbait ya bakal terus kayak begitu.

Lagipula audience Indonesia juga lebih seneng kegosip-gosipan dibanding hal substansial begitu. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayusumardi dan 31 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 10
justru itu yang dibutuhin ma masyarakat,kan enak bisa diarahin ke politik atau SARA...emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eja2112 dan 5 lainnya memberi reputasi
Rupanya kaum LGBT tersudut oleh kasus predator pemerkosa ini, emang kelakuan kalian kan begitu??? Mengajak dan menarik orang2 yg aslinya normal untuk masuk lingkaran setan kalian?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayusumardi dan 36 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Hadapilah kenyataan walau pahit,katanya emoticon-Wink
profile-picture
profile-picture
privasibaik dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
duilehemoticon-Takut
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Terlalu berlebihan ya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Yang saya sedih, tidak ada satupun media indonesia yang mencoba menggiring ke masalah sebenarnya:

Para korban menggunakan pakaian terbuka, yang riskan merangsang gairah reynhard untuk memerkosa mereka.

Tidak ada satupun korban yang berhijab.

Ini adalah pola yang sangat menarik untuk diselidiki; apakah reynhard pelaku, atau korban?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ogeess dan 30 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Yaaa kek ga paham aja gmn dimari...emoticon-Mad


Btw, ntar hendersonfaisaltotong ntar nyari berita apaan buat thread...emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
privasibaik dan 3 lainnya memberi reputasi
Balasan post chenzahendratan
mengajak dan menarik orang2 ya? Kok kayak kaum2 yg lain kerjaannya ya? memang kaum2 yg suka memaksa2 itu perlu dibubarkan.. macam MLM saja kaum2 itu..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayusumardi dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sibuk.nyaleg
Balasan post chenzahendratan
kalau ga begitu susah gan dapet bool .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayusumardi dan 2 lainnya memberi reputasi
wah kalo disini mah,
orang kena musibah
dityanyain ampe nangis

"buk udah kena ........ya bu? ada yg mati bu? sedih gak bu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rinso.biroe dan 2 lainnya memberi reputasi
Jurnalisme dan Media di Indonesia itu tolol, media luar setau gue berita berfokus pada kasus, bukan pada sosok pelaku, kaga ada yang ngebahas SMA nya dimana, rajin ibadah apa kaga, atau rumahnya gedongan apa kaga emoticon-fuck
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayusumardi dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
para mahok mulai pada kejang bray
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayusumardi dan 8 lainnya memberi reputasi
kalau yg berbobot ga ada duitnya

klo yg ga make mikir org2 seneng, krn emng seneng yg gtu org2 kita tuh...

ga usah mikir, ribet
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan hazbility memberi reputasi
yg g demen brita ini kan para pendukung lgbt.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 10 lainnya memberi reputasi
knppp
profile-picture
profile-picture
stygiant dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
gak di goreng gak renyah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Bool news lagi2

emoticon-Hot News


Bata plz emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deal71 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh androidiot
Aku sih bodo amat!!
emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
moonlightmirana dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
virus....
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
bet nyus is a gut nyus ya akhi emoticon-Maaf Agan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
privasibaik dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di