CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Anak Buah Jokowi Akui Sulit Tuntaskan Natuna dengan China
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1d4b38f4d695386e2688cb/anak-buah-jokowi-akui-sulit-tuntaskan-natuna-dengan-china

Anak Buah Jokowi Akui Sulit Tuntaskan Natuna dengan China

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah mengakui sulit menyelesaikan masalah sengketa di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia, dekat perairan Natuna, Kepulauan Riau, dengan China yang mengklaim memiliki hak di wilayah tersebut.

Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardani menyatakan RI dan China tak akan bisa bertemu karena memiliki dasar berbeda terhadap wilayah perairan di sekitar Natuna tersebut.

"Ini akan susah ketika kita memiliki ukuran perbedaan soal ukuran-ukuran itu. Jadi soal klaim-klaim dan lain-lain. Sepanjang Indonesia dan China tidak pernah satu ukuran atau satu untuk melihat klaim itu, tidak akan bertemu," kata Jaleswari di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (13/1).


Perempuan yang akrab disapa Dani itu menyebut Indonesia selalu berpegang pada UNCLOS 1982 atau Konvensi PBB terkait Hukum Kelautan terkait hak berdaulat di ZEE Indonesia dekat Natuna.

Sementara itu, China mengklaim perairan Natuna Utara merupakan wilayahnya berdasarkan nine dash line (sembilan titik imaginer) peninggalan nenek moyang mereka. Menurutnya, kondisi ini yang membuat kapal ikan China akan terus datang ke wilayah ZEE Indonesia.


"Terpenting bagaimana kita amankan wilayah kita, bagaimana kita lindungi nelayan kita, dan bagaimana penguasaan efektif dilakukan dengan kehadiran negara terus menerus di Natuna baik soal kesejahteraan dan keamanan," ujarnya.


Pakar hukum internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana menilai permasalahan ini tak akan selesai cepat karena China memiliki klaim tersendiri. Di sisi lain, Indonesia tak mau mengakui klaim tersebut.



Hikmahanto menyebut tak mungkin ada pembicaraan dengan China terkait masalah ini. Mengingat kapal-kapal China sampai hari ini masih berada di wilayah ZEE Indonesia untuk menangkap ikan.

"Mereka enggak mau mundur sejengkal pun dari klaimnya kan," katanya yang ikut rapat di KSP.



Diplomasi Pintu Belakang


Hikmahanto berpendapat yang mesti diterapkan pemerintah Indonesia adalah melakukan backdoor diplomacy atau diplomasi pintu belakang. Menurutnya, harus ada seorang tokoh dari Indonesia berbicara dengan tokoh China untuk membahas masalah ini.


"Menyampaikan jangan sampai masalah kayak begini itu memunculkan sentimen anti-China di Indonesia, padahal China ini punya kepentingan yang besar di Indonesia," ujarnya.



Ia menyatakan pemerintah China yang akan rugi jika terjadi sentimen anti-China dan pemerintah Indonesia tak bisa mengendalikan. Menurutnya, investasi Negeri Tirai Bambu tersebut bakal terganggu dengan sentimen anti-China yang meluas.

"Sehingga mereka tidak seperti layangan diulur, ditarik lagi. Nanti udah mundur kapal-kapalnya, nanti udah mulai tenang di Indonesia didatengin lagi, jangan. Jadi itu yang harus mereka pahami," tuturnya.

Hikmahanto menyebut kerja sama dengan China di perairan Natuna juga tak mungkin dilakukan karena ada perbedaan pendapat terkait wilayah tersebut. Sembari melakukan pendekatan diplomasi pintu belakang, pemerintah harus menempatkan nelayan di wilayah Natuna.

"Saya bilang solusi kita adalah perbanyak nelayan-nelayan kita di sana untuk mengeksploitasi sumber daya alam. Ini kan masalah sumber daya alam," ujarnya. (fra/osc)

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...-dengan-china

china memang strooooooooonkkemoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
Diubah oleh soljin7
Halaman 1 dari 2
lagi2 yang ngomong kalo gak presiden,ya staf presiden...menhan kita ngapain sihemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
unicorn.destroy dan Skyland999 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bukan cina yang kuat, tapi presiden kita yang lemah,
Jangankan cinak, vietnam aja berani masuk kok
profile-picture
profile-picture
jantakam dan soljin7 memberi reputasi
Quote:


Wkwkwk

Jakarta banjir krn gabener kita yg goblokemoticon-Big Grin
profile-picture
unicorn.destroy memberi reputasi
South China Sea dilemma
http://www.koreansentry.com/forum/vi...php?f=6&t=8645

China technically won the war against to Philippines and Vietnam for now, which is why Filipino and Vietnamese govt are spending billions to purchase attack ships and even submarines in effort to build up their naval force but IMO, it's bit too late for them. Malaysia, Thailand and even Indonesia dare to challenge China on naval capabilities, they have been some progress but after corrupt officials from Thailand and Malaysia selling out their national secrets to China, they're not in any shape or form to fend off China.

CaspianReport summary of Geopolitics of South China Sea aka South East Asia Sea.


Here is reason why these Southeast Asian countries have failed to protect their seas:
1. No co-operation between ASEAN members as each countries have their own political agenda.
2. No Naval powered nations exists in Southeast Asia, not even Indonesia (which is largest & strongest nation among ASEAN) can measure against to China.
3. No economic power house, not even Singapore can challenge China's influence.
4. No Soft power to influence over Southeast Asia, at first I thought Thailand will fill this gap but seems Thais are too preoccupied by internal struggles.
5. Each ASEAN members are either too greedy or they're broken & corrupted by Chinese money.

It seems only two countries at Northeast Asia - S.Korea and Japan is strong enough to hold Chinese at their bays. Sure there have been Chinese provocations and illegal entry to S.Korea and Japan EEZ but Chinese cannot build their fake cement islands and build their military base like what China have been doing at South China Sea.

I think Trump administration should demand these ASEAN countries to do more and pays U.S for American mercenary service.

emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
Quote:


Quote:


Quote:


http://www.koreansentry.com/forum/vi...=8645&start=20

by Consoleman » Sat Jan 11, 2020 1:30 pm

Daeseunggong wrote: ↑Sat Jan 11, 2020 11:46 am
^ Well it's in their national interests to fend off Chinese influence so I guess this is a welcome move.

Yes, Joko is smart guy but allowing foreign country to dominate the investment is like giving away the influence. Indonesia doesn't have money despite they have all the resources to become rich country. One of the reason is they're very corrupt.

Can Indonesia trust Japan?


by Consoleman » Sun Jan 12, 2020 10:54 am

I don't see Indonesia and Vietnam as trustworthy nations, you saw their insults behind our backs. They even have dedicated Facebook group page that aimed to curse Koreans and Korea for no apparent reason. You'll see these countries will be tasting their own blood once China moves in front of their ocean. They have no power to stop it.

(Saya tidak melihat Indonesia dan Vietnam sebagai negara yang dapat dipercaya, Anda melihat penghinaan mereka di belakang kami. Mereka bahkan telah mendedikasikan halaman grup Facebook yang bertujuan untuk mengutuk orang Korea dan Korea tanpa alasan yang jelas. Anda akan melihat negara-negara ini akan merasakan darah mereka sendiri begitu Cina bergerak di depan lautan mereka. Mereka tidak memiliki kekuatan untuk menghentikannya.)


by Daeseunggong » Sun Jan 12, 2020 11:01 am

Consoleman wrote: ↑Sun Jan 12, 2020 10:54 am
I don't see Indonesia and Vietnam as trustworthy nations, you saw their insults behind our backs. They even have dedicated Facebook group page that aimed to curse Koreans and Korea for no apparent reason. You'll see these countries will be tasting their own blood once China moves in front of their ocean. They have no power to stop it.

They're simply chasing after their own self interests. That's all we need to know. I hope Koreans stop being so naive and wake up to this harsh reality.


by Consoleman » Sun Jan 12, 2020 12:25 pm

Daeseunggong wrote: ↑Sun Jan 12, 2020 11:01 am
They're simply chasing after their own self interests. That's all we need to know. I hope Koreans stop being so naive and wake up to this harsh reality.

Seems empty "interest". Like I've mentioned before, they don't check the facts.


by Daeseunggong » Sun Jan 12, 2020 11:14 pm

Consoleman wrote: ↑Sun Jan 12, 2020 12:25 pm
Daeseunggong wrote: ↑Sun Jan 12, 2020 11:01 am
They're simply chasing after their own self interests. That's all we need to know. I hope Koreans stop being so naive and wake up to this harsh reality.
Seems empty "interest". Like I've mentioned before, they don't check the facts.

They don't even study history properly I heavily doubt that they would have any direction in mind.


orang korea benci indonemoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
Diubah oleh soljin7
Kedua negara saling bersahabat
Lihat 1 balasan
Balasan post 54m5u4d183
betul sekali, cuma nasbung dongok yg pengen indo china musuh musuhan, dan bunuh2an biar bila perang, maka nasbung bisa menusuk dari belakang mengambil alih pemerintahan indon biar bisa mendirikan khilafack islamiyah di indon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
unicorn.destroy dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Wuih bener juga ya
padahal laut nya cina uda luas banget...

rakusssss parahhh...
profile-picture
profile-picture
unicorn.destroy dan soljin7 memberi reputasi
Menyampaikan jangan sampai masalah kayak begini itu memunculkan sentimen anti-China di Indonesia, padahal China ini punya kepentingan yang besar di Indonesia," ujarnya.
kok makin ramenya baru skrng ya
Quote:


Quote:


mungkin fengalihan issue seperti kata novel bamukmin?emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka
Quote:


Hahaha
maju terus pantang mundur
mau sulit mau silit yg penting kapal cina udah minggat


profile-picture
soljin7 memberi reputasi
Lihat 1 balasan


Quote:


Memang menhan punya kuasa untuk melangkahi wewenang presiden dan membuat pernyataan sendiri seenak jidat blog? emoticon-DP



Kalau soal luhut ya beda lagi, dia kan perdana menteri
profile-picture
profile-picture
unicorn.destroy dan soljin7 memberi reputasi
Ts ini adalah cinak babi penjilat pantat menlen tapi kgk malu nyari makan di indon emoticon-DP
profile-picture
matthysse67 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post clurit
ah yg bener? tar balik lagi, china tidak akan melepas kan territory china yaitu laut china selatan
profile-picture
pemburu.kobokan memberi reputasi
emoticon-Leh Uga skali lagih
aturan mana yg akan dipakai ?
klo aturan nasional gak ada, yak brarti ada dua peraturan.
yakni peraturan indonesia dan peraturan china.
tidak bisa nego, tidak bisa mencari titik tengah yg bisa dimaklumi oleh kedua belah pihak... yak brarti no deal.
klo sudah begini, tidak ada jalan keluar kecuali adu power, jelas indonesia kalah power dibanding china, tidak ada guna melawan.
otomatis aturan yang kitak pakai emoticon-Bingung yak ikud konstitusi pembagian perairan menurut china. emoticon-Mewek kampret
Balasan post pemburu.kobokan
kami bangsa majikan, boleh dong seenak nya dgn babu nasbung kek elo
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di