CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Diajak Jokowi, Pangeran Abu Dhabi Masuk Tim Pemindahan Ibu Kota
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1d1b9b28c9915c890db18e/diajak-jokowi-pangeran-abu-dhabi-masuk-tim-pemindahan-ibu-kota

Diajak Jokowi, Pangeran Abu Dhabi Masuk Tim Pemindahan Ibu Kota

Diajak Jokowi, Pangeran Abu Dhabi Masuk Tim Pemindahan Ibu Kota

Jakarta - Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Uni Emirat Arab (UEA) mendapat kesepakatan investasi yang nilainya sangat besar. Bertemu dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheiks Mohamed Bin Zayed (MBZ), Jokowi menghasilkan kesepakatan investasi dengan nilai US$ 22,89 miliar atau setara Rp 314,9 triliun.

Kesepakatan itu terdiri dari 11 perjanjian bisnis dan 5 perjanjian pemerintah dengan pemerintah yang meliputi bidang energi, migas, petrokimia, pelabuhan, telekomunikasi, dan riset.

Dalam pertemuan itu, pihak Abu Dhabi juga menyatakan minat untuk terlibat dalam proyek pemindahan ibu kota ke Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Mendengar minat tersebut, Jokowi pun langsung menawarkan MBZ masuk dalam dewan pengawas pemindahan ibu kota negara (IKN) Indonesia yang baru.

"Pada pertemuan di Abu Dhabi ini, presiden RI menawarkan kepada Putra Mahkota untuk menjadi semacam dewan pengarah di dalam ibu kota baru yang akan segera dibangun pada 2020 sekarang ini," kata Fadjroel di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/1/2020).

Apa alasan Jokowi melibatkan Pangeran Abu Dhabi itu?

"Presiden Jokowi sebagaimana yang sudah kami sampaikan mencoba melibatkan semua pihak secara internasional di dalam upaya untuk membangun ibu kota baru. Karena salah satu yang diinginkan oleh beliau bahwa ibu kota baru Indonesia ini merupakan persembahan Indonesia untuk dunia," kata Jubir Presiden, Fadjroel Rahman di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/1/2020).

Fadjroel menjelaskan keterlibatan negara-negara lain dalam proyek pemindahan ibu kota agar beragam teknologi canggih ada di sana. Seperti Jepang dan Korea Selatan.

Jepang, kata Fadjroel menawarkan diri untuk mengisi teknologi di sektor transportasi salah satunya mobil listrik dan sistem transportasi publik. Sedangkan Korea Selatan menawarkan pembangunan smart city dengan sistem teknologi seperti kecerdasan buatan (artificial intelligance/AI).

Menurut Fadjroel, tawaran menjadi dewan pengarah pemindahan ibu kota juga direspon positif oleh MBZ. Sebab, pembangunan ibu kota negara baru mengusung skema keberlanjutan.

Kesepakatan investasi yang besar ini juga akan dimanfaatkan oleh BUMN. Di dalam kerja sama senilai US$ 22,89 miliar itu, BUMN berkontribusi dengan adanya kerja sama antara Pertamina dengan Adnoc, perusahaan migas yang dibangun pada 1971. Adnoc sendiri memiliki cadangan minyak terbesar nomor tujuh di dunia.

Pertamina juga bekerjasama dengan Mubadala Petroleum yaitu perusahaan eksplorasi dan produksi minyak dan gas hulu internasional yang mengelola aset dan operasi mencakup 10 negara dengan fokus geografis utama di Timur Tengah dan Afrika Utara, Rusia, dan Asia Tenggara.

Selanjutnya, Inalum bekerjasama dengan Emirates Global Aluminium (EGA) yaitu produsen 'aluminium premium' terbesar di dunia. Kemudian, PLN bekerjasama Masdar yang merupakan perusahaan energi baru terbarukan (EBT) berbasis di Abu Dhabi, UEA dalam pembangunan PLTS Terapung di Waduk Cirata, Jawa Barat. Pembangkit ini akan menjadi PLTS terbesar di Asia Tenggara.


https://m.detik.com/finance/berita-e...rom=wpm_nhl_28


Bahkan sejak awal.. Kelak ibukota yang baru sudah d persiapkan untuk menjadi ibukota dunia.. emoticon-Malu (S)

Jokowi memang luar biasa.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azull27 dan 28 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ente bingung mau komen apa?

Ga ada hubungan sama china apa US soalnya emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
comrade.frias dan 27 lainnya memberi reputasi
Haters = wah jokowi jual ibukota baru ke abu dhabi

Also haters = beli semua produk yg ada "arab2"nya.. contoh: kencing onta emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffrey.maulana dan 19 lainnya memberi reputasi
Presiden ngelayap ke luar negri, pulang bawa investasi Rp 314,9 triliun.

Gaberner aibon ngelayap ke luar negri malah bikin tekor APBD ratusan milyar buat balapan tamiya raksasa. Studi banding juga hasilnya cuma foto-foto dia di sana emoticon-Ngakak (S)

Jauh banget levelnya

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
comrade.frias dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kl dl nyerang Wiwi, kadrun makin ngerasa dpt energi
Kl skrg... Mau nyerang ibarat makan racun, mending bela wan Abud sebagai pelarian
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yunda.me dan 13 lainnya memberi reputasi
setelah sekian lama cuma sebatas wacana, sekarang ide pemindahan ibu kota Indonesia udah mulai ada kemajuan emoticon-I Love Indonesia

dulu cuman desas-desus, sekarang udah tau lokasi pasti, desain, bahkan cari investor.

tinggal nunggu eksekusinya aja dan semoga bisa berkelanjutan ke presiden berikutnya emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azull27 dan 12 lainnya memberi reputasi
Mantab emoticon-2 Jempol
Kerjasama global
Indonesia maju bersama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deal71 dan 7 lainnya memberi reputasi
kadrun2 ga usah kegirangan dulu, justru mohammed bin zayed ini anti banget ma gerakan2 fundamentalis n ulama2 ekstrim pujaan para kadrun.
dia aja ampe ngomong klo otoriter diperlukan di negara2 arab buat ngelawan pihak2 fundamentalis.
klo dikasih demokrasi bisa makin meraja lela tuh kaum2 kadrun timteng kaya di mesir n turki
gerakan teroris kebanggaan kadrun, ihwanul muslimin dilarang masuk sana n tokohnya diusir2 in ke qatar.
liat aja dubai, kota yg sangat modern n penuh tempat maksiatnya.
sekarang pemimpin2 timur tengah makin tegas menolak gerakan2 islam radikal.
lagian klo ada gerakan khilafah2 gt yg paling anti ya negara2 timteng yg makmur2 itu.
orang udah enak2 makmur n punya negara sendiri koq disuruh tunduk ma yg ngaku2 khalifah, emang dia siapa gt.
bersama amrik n negara timteng kaya uea, indonesia makin mantap melawan gerakan2 fundamentalis yg makin meraja lela
profile-picture
profile-picture
profile-picture
comrade.frias dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


kalo nanti diganti abud jadi pindah ga ya. emoticon-Ngakak (S)

tapi emg owi ini nekat kali ya bray.

MRT kan juga proyek mangkrak. eh bisa selesai juga.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 5 lainnya memberi reputasi
maaf keluar konteks

kemarin tanggal 12 or 13 januari 2020
nonton siaran langsung breaking news tvri pidato pak presiden live dari abu dhabi

kok masih pakai bahasa inggris?
bukan kah 30 september 2019 pak presiden sendiri sudah keluarkan edaran penggunaan bahasa di forum internasional?

ada yang bisa jelaskan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffrey.maulana dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Antek Arab nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di