CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Diajak Jokowi, Pangeran Abu Dhabi Masuk Tim Pemindahan Ibu Kota
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1d1b9b28c9915c890db18e/diajak-jokowi-pangeran-abu-dhabi-masuk-tim-pemindahan-ibu-kota

Diajak Jokowi, Pangeran Abu Dhabi Masuk Tim Pemindahan Ibu Kota

Diajak Jokowi, Pangeran Abu Dhabi Masuk Tim Pemindahan Ibu Kota

Jakarta - Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Uni Emirat Arab (UEA) mendapat kesepakatan investasi yang nilainya sangat besar. Bertemu dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheiks Mohamed Bin Zayed (MBZ), Jokowi menghasilkan kesepakatan investasi dengan nilai US$ 22,89 miliar atau setara Rp 314,9 triliun.

Kesepakatan itu terdiri dari 11 perjanjian bisnis dan 5 perjanjian pemerintah dengan pemerintah yang meliputi bidang energi, migas, petrokimia, pelabuhan, telekomunikasi, dan riset.

Dalam pertemuan itu, pihak Abu Dhabi juga menyatakan minat untuk terlibat dalam proyek pemindahan ibu kota ke Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Mendengar minat tersebut, Jokowi pun langsung menawarkan MBZ masuk dalam dewan pengawas pemindahan ibu kota negara (IKN) Indonesia yang baru.

"Pada pertemuan di Abu Dhabi ini, presiden RI menawarkan kepada Putra Mahkota untuk menjadi semacam dewan pengarah di dalam ibu kota baru yang akan segera dibangun pada 2020 sekarang ini," kata Fadjroel di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/1/2020).

Apa alasan Jokowi melibatkan Pangeran Abu Dhabi itu?

"Presiden Jokowi sebagaimana yang sudah kami sampaikan mencoba melibatkan semua pihak secara internasional di dalam upaya untuk membangun ibu kota baru. Karena salah satu yang diinginkan oleh beliau bahwa ibu kota baru Indonesia ini merupakan persembahan Indonesia untuk dunia," kata Jubir Presiden, Fadjroel Rahman di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/1/2020).

Fadjroel menjelaskan keterlibatan negara-negara lain dalam proyek pemindahan ibu kota agar beragam teknologi canggih ada di sana. Seperti Jepang dan Korea Selatan.

Jepang, kata Fadjroel menawarkan diri untuk mengisi teknologi di sektor transportasi salah satunya mobil listrik dan sistem transportasi publik. Sedangkan Korea Selatan menawarkan pembangunan smart city dengan sistem teknologi seperti kecerdasan buatan (artificial intelligance/AI).

Menurut Fadjroel, tawaran menjadi dewan pengarah pemindahan ibu kota juga direspon positif oleh MBZ. Sebab, pembangunan ibu kota negara baru mengusung skema keberlanjutan.

Kesepakatan investasi yang besar ini juga akan dimanfaatkan oleh BUMN. Di dalam kerja sama senilai US$ 22,89 miliar itu, BUMN berkontribusi dengan adanya kerja sama antara Pertamina dengan Adnoc, perusahaan migas yang dibangun pada 1971. Adnoc sendiri memiliki cadangan minyak terbesar nomor tujuh di dunia.

Pertamina juga bekerjasama dengan Mubadala Petroleum yaitu perusahaan eksplorasi dan produksi minyak dan gas hulu internasional yang mengelola aset dan operasi mencakup 10 negara dengan fokus geografis utama di Timur Tengah dan Afrika Utara, Rusia, dan Asia Tenggara.

Selanjutnya, Inalum bekerjasama dengan Emirates Global Aluminium (EGA) yaitu produsen 'aluminium premium' terbesar di dunia. Kemudian, PLN bekerjasama Masdar yang merupakan perusahaan energi baru terbarukan (EBT) berbasis di Abu Dhabi, UEA dalam pembangunan PLTS Terapung di Waduk Cirata, Jawa Barat. Pembangkit ini akan menjadi PLTS terbesar di Asia Tenggara.


https://m.detik.com/finance/berita-e...rom=wpm_nhl_28


Bahkan sejak awal.. Kelak ibukota yang baru sudah d persiapkan untuk menjadi ibukota dunia.. emoticon-Malu (S)

Jokowi memang luar biasa.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azull27 dan 28 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 9
Balasan post MrJeffBezos
Quote:


Yaa moga2 jodoh deh emoticon-Ngakak
Saling serang opini yaa wajar.
Cuma gw ga tega aja klo ada cewe dihina sampe bawa2 fisik.
Quote:


Itu cewek setidaknya berani ya pasang mukanya sendiri
mereka sering saling serang kok
antara cinta dan benci itu temboknya tipis
entar kaya drama korea dari benci jadi cintaemoticon-Leh Uga
Diubah oleh MrJeffBezos
Lihat 1 balasan
Quote:


Keren sih kalo bisa kaya gitu ganemoticon-thumbsupemoticon-thumbsupemoticon-thumbsupemoticon-thumbsup
profile-picture
davecchio memberi reputasi
Mamstab bgt dah
ketika baca komentar yang ada kenapa sih kordan kardun sebenarnya ada apa? lebih baik balas dengan karya kalo ngga' terima, kritik membangun dong jangan kritik singkong.
Terjawab sudah tentang pendanaan untuk membangun ibu kota baru. Semoga Ibu Kota baru segera masuk dahal tahap pembangunan dan bisa mengatasi segala masalah yang selama ini terjadi di Jakarta, mengingat penduduk jakarta sudah begitu padat begitu juga dengan bangunan dan kendaraannya.
wkwk hadeh indonesia indonesia.. d bkin forum bgnian isinya malah saling hujat menghujat. gimana mau maju secara pikiran dan wawasan? harus ny saling diskusi bukan ny malah caci memaki 😠😠 pantes aja program jokowi periode ini lebih ke SDM nya.. semoga indonesia makin maju dan berharap anak cucu dan cicit kita gak ada lagi ini manusia2 nyinyir..
semoga semuanya lancar.

dalam bernegara pasti ada keputusan2 yg tak bisa diterima semua orang, tp kita harus memghormati hal tersebut gan.
semoga segera terealisasi yesss... dan hasilnya keren...
Balasan post yunda.me
Diajak Jokowi, Pangeran Abu Dhabi Masuk Tim Pemindahan Ibu Kota
Diajak Jokowi, Pangeran Abu Dhabi Masuk Tim Pemindahan Ibu Kota
Balasan post murid.istighfar
Quote:


Harus personal attack gini yaa gan?
Harus?
Dia perempuan lohh.
Kamu counter/bombardir opininya, jgn personalnya terus.
Tega banget.

Ini momodnya gimana tohh, kok diem aja?
Keknya banyak yg salfok.

itu arab UAE yg ibukotanya abu dhabi.
bukan Saudi arabia, yg ibukotanya Riyadh.


emoticon-Bingung

emoticon-Traveller
profile-picture
jeffrey.maulana memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post khafidz99
Quote:


Kamu sama perempuan jgn gitu gan.
Agan termasuk ok klo komen.
Mosok ikutan personal attack gini?

Ayo lahhh
Balasan post samatronz
@samatronz
setelah gue baca lagi inpres no 63/2019
pasal 21 memperbolehkan presiden pakai bahasa asing
Diubah oleh cacarakan
Balasan post samatronz
@samatronz
seandainya perpres no 63/30 September 2019 mengecualikan forum internasional
(sayangnya dimasukkan, sehingga pak presiden jadi terjebak sendiri)

imho
meski sedang dalam posisi perlu uang,
pak presiden tidak harus memaksakan diri.
kan pak presiden bisa menggunakan jasa penerjemah dari kedutaan RI
dan itu juga pasti dimengerti oleh pihak negara calon investor
Balasan post exsistandria
jah wakanda emoticon-Ngakak
otong ente aja ya yg diganti vibranium. emoticon-Leh Uga
ini nih bikin kadrun bingung,, mau nyela gmn lagi emoticon-Ngakak
Balasan post samatronz
@kyaimaarufamin @samatronz Betul gann, percuma mereka di bayar ama pajak yaa wkwkwk

Cuman maksud ane semua keputusan kan pasti dipikirkan matang lahh bukan hasil undian kocok arisan

emoticon-Toast
Balasan post anakrantau25
@kyaimaarufamin @anakrantau25

solusi ya... sebetulnya bukan kapasitas rakyat biasa utk mikirin solusi itu.. emang lebih baik percayakan aja sama pejabat2 yg sekarang menjabat ini...

ya kalo asal ngomong aja sih (gak mungkin didenger juga sama istana), ya paling banter bangun aja ibukota dengan dana sendiri dulu, gak usah maksain utang... utang itu biasanya dilakukan jika memang ada target ekspansi yg agresif...
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di