CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Gulai Aceh, Masakan Aceh yang Tanpa Berbahan Santan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1c92ee6df231334a5b8441/gulai-aceh-masakan-aceh-yang-tanpa-berbahan-santan

Gulai Aceh, Masakan Aceh yang Tanpa Berbahan Santan!

Gulai Aceh, Salah satu Masakan Aceh yang sangat Kaya Bumbu!

Gulai Aceh, Masakan Aceh yang Tanpa Berbahan Santan!


Gulai Aceh merupakan masakan khas Aceh, sekalipun namanya gulai. Akan tetapi masakan ini tidak berbahan santan ya, GanSis. Hanya ditumis biasa saja hingga mengering. Ingin berkuah juga bisa. Tergantung pilihan selera anda.


Hai, GanSis ... Ketemu lagi nih sama Jeng Ane dalam thread memasak gulai aceh. Simak ya
emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kiss



Di Kota Medan kalian dapat dengan mudah menemukan rumah makan, yang menunya terdiri dari gulai aceh. Kurang tahu kalau luar daerah Medan ya, GanSis. Aceh sangat dikenal dengan masakannya yang kaya bumbu.

Bermacam menu sih ya, yang ada di rumah makan Medan. Ada menu masakan minang, ini jelas menyebar luas di manapun. Masakan Mandailing dan Aceh. Di sini ane menjelaskan cara memasak gulai aceh khas Aceh ya, GanSis.

Berikut Bahan dan Bumbu Olahan Gulai Aceh, yuk disimak ....

Bahan :

1 ekor Ikan tongkol ukuran sedang
150ml minyak goreng
1 batang serai
5 lembar daun kari
1 buah jeruk nipis ukuran kecil
5 buah cabai hijau


Bumbu-Bumbu

10 siung bawang merah
1 siung bawah putih
1/2 ruas kunyit
1/2 ruas jahe
1 Sdm ketumbar
10 buah cabai merah
5 buah cabai rawit12 buah
asam sunti (bisa diganti dengan belimbing wuluh)
Garam secukupnya


Eksekusi Ikan :

Bersihkan ikan tongkol terlebih dahulu, lalu baluri dengan garam dan jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit. Rebus air sampai mendidih kemudian masukkan serai dan potongan jahe lalu ikan tongkol yang sudah dibaluri dengan garam dan jeruk nipis. Tunggu hingga air menyusut dan ikan matang. Sisa air rebusan ikan tongkolnya jangan di buang ya, GanSis. Setelah matang angkat lalu anging-anginkan hingga kering. Setelah kering pisahkan daging dan duri lalu suwir kecil-kecil.


Bumbu Tumis

Haluskan 8 siung bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, merica, cabai merah, cabai rawit dan asam sunti. Kemudian bagi bumbu menjadi dua bagian, campurkan setengah bumbu dengan ikan yang sudah disuwir dan setengahnya lagi untuk yang dipotong biasa. bagi yang mengganti asam belimbing wuluh, belimbing wuluhnya tidak perlu dihaluskan, cukup dimasukkan ke dalam ikan yang sudah dibumbui halus tadi.


Cara memasak

Panaskan minyak lalu tumis 3 siung bawang merah yang sudah diiris tipis-tipis.Tunggu sampai harum lalu masukkan setengah bagian bumbu halus, daun kari dan tunggu kira-kira 1 menit. Setelah bumbu benar-benar harum jangan lupa masukkan ikan tongkol yang sudah disuwir. Tunggu hingga 5 menit dan bumbu benar-benar meresap. Nah, jika bumbu sudah meresap untuk menambahkan cita rasa masukkan sisa air rebusan ikan tongkol dan cabai hijau. Cabe hijau agar cita rasa lebih kuat ya, GanSis. Setelah mendidih lagi, cek rasa lalu beri garam secukupnya sesuai selera.Tunggu kira-kira 15 menit hingga matang dan aroma bumbu. Rasakan lagi untuk memastikan hasilnya sudah pas yang kamu mau. Setelah matang, angkat dan sajikan.
emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kiss


Gulai Aceh, Masakan Aceh yang Tanpa Berbahan Santan!



Mudah bukan, GanSis? Jangan lupa dicoba ya ... Segar lho rasanya. Ane sih nggak suka ikan tongkol, biasanya ane pakai bahan ikan nila. Jadi kalau GanSis di sini pun sama seperti ane. Nggak suka ikan tongkol, bisa diganti dengan ikan lainnya ya.

Sekian dari Jeng Ane.

Belajar Bersama Bisa dan Terima Kasih
emoticon-Kissemoticon-Kiss:
emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2



Sumber Opri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh embunsuci
Halaman 1 dari 3
Reserved
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
Nikmat nih, GanSis
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan trifatoyah memberi reputasi
Singgah ya, Gansis emoticon-Kissemoticon-Kiss
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
Gulai arsik eunak jg emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan embunsuci memberi reputasi
Quote:


Wadaw. Jan ditanyaaa maknyoooss, Gan! Orang Medan, ya? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan srusuut memberi reputasi
Quote:


Pernah jln2 ke medan emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan embunsuci memberi reputasi
mantappppp emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan embunsuci memberi reputasi
Quote:


Waah. Seru pastinya. Tau aja ya arsik.

Quote:


Tengkyu, Ganemoticon-Kissemoticon-Kiss
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
di jawa tengah juga ada. tapi gak pake cabe merah. warna kuahnya kuning ky gulai.
asli enak.
ane lg hamil gini doyan yg berkuah harum ky gitu.
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan embunsuci memberi reputasi
Quote:


Waah ada juga ya, Sis. Cus masak atau beli Sis. Maaf ya jadi ngidamemoticon-Kissemoticon-Kiss
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
Quote:


Ane ga bisa masaknya. Nanti minta masakin sm asisten rumah tangga. Ane lagi 7 minggu. Lemes. Di tempat tidur mulu..ga bs masak, ga bs ngapa2in. Lagi gak karua2an rasanya
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan embunsuci memberi reputasi
Quote:


Emm. Ngidam parah ya, Sis. Semoga terlewati ya dengan mudan dan bahagia. Sehat selalu emak dan calon baby-nya. Aamiin. emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kiss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 2 lainnya memberi reputasi
looks like yummi
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan embunsuci memberi reputasi
Quote:


Iya sist bawaanya d kamaaaar mulu. Duduk di toko aja 5 menit langsung mual2.
Yg nggak enaknya itu pasti dapet cap pemalas dari mertua. Lah tinggal d rumah mereka soalnya. Tp mw gmn...lemes banget. Wkwk...

Amiiin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Emm yumi yumiemoticon-Kiss

Quote:


Sabar, Sis. Jan sampe kebawa pikiran ya. Semangat!!!
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan babysitter89 memberi reputasi
Quote:

Lbh seru lg bs smp kota cane jln2nya emoticon-Om Telolet Om!
Quote:

Tetap semangat sist bawaan bumil emg gettu
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan embunsuci memberi reputasi
Quote:


Ikan apa?
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan embunsuci memberi reputasi
Quote:


Waah kota cane Aceh ya? Emm bolehlah sekalian jejalan.

Quote:


Ya? Ya? Emm ente nih ya. Ikan Asin.
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan kijangrusa memberi reputasi
Quote:


Enak nih gulainya
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan embunsuci memberi reputasi
Quote:


Huum. Gak pake santan lho inih
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di