CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ajarkan Yel-Yel Berunsur SARA, Pembina Pramuka Dipanggil Kwarcab Jogja
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1c33e5dbf764103e0177bf/ajarkan-yel-yel-berunsur-sara-pembina-pramuka-dipanggil-kwarcab-jogja

Ajarkan Yel-Yel Berunsur SARA, Pembina Pramuka Dipanggil Kwarcab Jogja

SuaraJogja.id - Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Yogyakarta mengakui ada seorang pembina pramuka yang melakukan tindakan berbau SARA saat mengikuti Kursus Mahir Lanjut (KML) yang digelar organisasi tersebut, Jumat (10/01/2020), di SDN Timuran, Jalan Prawirotaman, Kelurahan Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan, Jogja. Peserta mengajarkan yel-yel berbau SARA pada siswa itu berasal dari Gunungkidul.

"Sebenarnya dalam microteaching [kursus] tidak ada diajarkan tepuk pramuka [tepuk Islam] yang seperti itu, enggak ada. Nah tiba-tiba peserta ini menyampaikan tepuk [yang megandung unsur SARA] seperti itu," ungkap Ketua Kwarcab Pramuka Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi ketika dihubungi, Senin (13/01/2020).

Menurut Wakil Wali Kota Yogyakarta tersebut, peristiwa ini berawal dari kegiatan KML bagi para pembina se-DIY dan sekitarnya. Kwarcab membuka kesempatan bagi pembina pramuka dari berbagai kabupaten/kota untuk ikut kursus.

Kegiatan diikuti 25 peserta pembina pramuka. Mereka mengikuti kursus sesuai golongan masing-masing, baik Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega.

"Jadi di sana kita melatih tentang menjadikan pembina yang mahir. Kasus yel-yel SARA yang di SD Timuran yang dilakukan salah satu peserta dari Gunungkidul terjadi saat praktik," ungkapnya.

Heroe menjelaskan, salah seorang yang ada di sekolah mengetahui yel-yel yang menyebut antikafir dari salah satu peserta, kemudian melaporkan ke pembina pramuka. Panitia kemudian meminta maaf atas ketidaknyamanan di sekolah negeri tersebut.

Heroe memastikan, yel-yel berbau SARA tersebut merupakan spontanitas dari peserta. Sebab tidak ada materi tersebut dalam KML.

Karenanya, kejadian kali pertama itu jadi pengalaman bagi Kwarcab untuk lebih berhati-hati dalam menyampaikan aturan KML. Kwarcab pun akan memanggil pihak yang bersangkutan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Secepatnya [peserta] akan dipanggil di kantor Kwarcab. Kita undang [dan] kita luruskan kembali persoalan-persoalan yang terjadi seperti apa, bagaimana, dan konsekuensinya seperti apa," ungkapnya.

Sebelumnya, kasus peserta pembina pramuka yang mengajarkan yel-yel berbau SARA pada peserta didik di SDN Timuran dalam KML muncul di medsos. Salah seorang wali murid, K, melaporkan kejadian tersebut pada pembina pramuka di sekolah. K juga mengunggah kejadian tersebut ke medsos.

https://jogja.suara.com/read/2020/01...-kwarcab-jogja

 Ajarkan Yel-Yel Berunsur SARA, Pembina Pramuka Dipanggil Kwarcab Jogja

Indonesia darurat radikaslime.

Bahaya.

Awas.

Ajaran kebencian.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 43 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 13
Ajaran damai ala kadrun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 17 lainnya memberi reputasi
bikin rusak pramuka aja ente...

emoticon-fuck

profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 15 lainnya memberi reputasi
taruk ke meja hijao emoticon-Cool dasar kampret
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 9 lainnya memberi reputasi
dia lagi dia lagi,pengganggu disemua sisi kehidupan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 15 lainnya memberi reputasi
Anti kafir? Jadinya anti manado,bali,irian? Yah grup kaya gini ini yang nantinya bakal jadi cikal bakal separatisme
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 23 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mengapa tidak ada yg mau menyadari, bahwa agama ini disegala bidang terus menanamkan kebencian

bahkan kebencian yg diajarkan agama ini, di anggap kebenaran dan hal yg lumrah oleh umatnya


jika saja ada sekolah yg mengajarkan yel yel KAFIR YES, ISLAM NO,
apa akan ada yg tersinggung ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 50 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh balancing.boost
Lihat 23 balasan
oh yel2nya? yogya makin lama makin radikal ya bentar lagi ilang kebudayaan mereka ... mhhh makin kaco nih udah masuk ke pramuka bentar lagi tradisi pegang tangan diharamkan halah ....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh deferclown
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Dipanggil, diklarifikasi:
Ooo ternyata internal
akhirnya dimaafkan

profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 13 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
sulamat datang di dunia k-drone
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 6 lainnya memberi reputasi
jogja istimewa emoticon-I Love Indonesia

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 2 lainnya memberi reputasi
owalah tepuk anak soleh y, padahal dulu jamn pak harto udah biasa sih. anak2 kecil juga abis ngaji disuruh tepuk anak soleh tapi dulu soal agama buat candaan, disd aja bilang bapak lo kristen malah pada tertawa semua atau g abis cetak gol pake selebrasi gaya salib, tp sekarang pada baper semua yak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riolam dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ramahnya Jogja mulai memudar seiring makin seringnya isu agama yg terlalu fanatik berkembang..
Beda baget sama 5-10 tahun kebelakang
emoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
antek aseng
tapi pakai produk aseng
teriak kafir
tapi pakai bahasa kafir

emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 6 lainnya memberi reputasi
yang inikah...Tepuk Anak Sholeh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Silent1412 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Ojodupeh
Lihat 2 balasan
Paling dari golongan itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Owwww.....yang ini rupanya
Quote:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Ojodupeh
Lihat 8 balasan
pramuka itu haram.... eman ada di manual disuruh ikut pramuka?




emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Halaman 1 dari 13


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di