CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Photography /
Ga Usah Takut Rusak! Berikut Tips Aman Membawa Kamera Saat Lo Sedang Mendaki Gunung!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1c2942f0bdb2301241cf33/ga-usah-takut-rusak-berikut-tips-aman-membawa-kamera-saat-lo-sedang-mendaki-gunung

Ga Usah Takut Rusak! Berikut Tips Aman Membawa Kamera Saat Lo Sedang Mendaki Gunung!

Agan Sista!


Kalau musim liburan tiba, biasanya kalian menghabiskannya dengan cara apa?
Apakah menikmati kegabutan dengan leha-leha di kamar?
Nonton film secara maraton di rumahmu bersama dengan keluarga?
Jalan-jalan ke mall sambil belanja menghabiskan tabungan?
Atau kalian lebih suka pergi ke tempat baru bernuansa alam yang belum pernah kalian kunjungi?

Ga Usah Takut Rusak! Berikut Tips Aman Membawa Kamera Saat Lo Sedang Mendaki Gunung!

Kalau buat ane, sebenernya ane paling pengen melakukan hal yang terakhir, yaitu jalan-jalan melakukan hal-hal baru sambil mengunjungi tempat-tempat baru dengan nuansa alamnya yang indah. Hmm, kalau dibayangin kayaknya seru banget deh. Kayak petualang-petualang gitu, ehehehe. Tapi sayangnya ane belum bisa melakukan hal tersebut untuk saat ini, karena untuk melakukannya dibutuhkan waktu yang luang, uang yang cukup, dan tentunya izin serta restu orangtua. Sebenarnya, waktu bisa diatur, uang bisa dicari, tapi yang terakhir agak susah didapat nih, ehehe.

Tapi tidak masalah, meski untuk saat ini ane belum bisa mewujudkan keinginan ane tersebut, tapi tak ada salahnya untuk terus mencari tau hal-hal apa yang harus ane lakukan dan persiapkan ketika sedang liburan. Khususnya saat sedang berlibur mengunjungi tempat baru bernuansa alam seperti mendaki gunung.

Ga Usah Takut Rusak! Berikut Tips Aman Membawa Kamera Saat Lo Sedang Mendaki Gunung!

Menurut ane, mencoba hal-hal baru dengan pergi berlibur ke tempat baru pasti akan memberikan banyak kejutan-kejutan tersendiri. Salah satu contohnya adalah kejutan yang diberikan oleh alam dimana akan ada banyak pemandangan indah yang disajikan alam untuk kita nikmati selama dalam perjalanan tersebut. Nah, sayang banget ga sih kalau momen-momen tersebut dilewatkan begitu saja? Oleh karena itu, membawa sebuah kamera untuk mengabadikan momen-momen indah tersebut adalah hal yang pasti akan ane lakukan, termasuk Agan dan Sista juga kan?

Sebenarnya tak ada yang salah kok dari membawa kamera saat sedang mendaki gunung. Tapi sayangnya, membawa kamera saat naik gunung ada tantangannya sendiri, GanSis. Karena suhu di gunung yang rendah akan membuat lensamu sangat mudah berembun, sehingga akan mudah rusak jika kalian tidak memperlakukannya dengan cara yang tepat.

Dari pada liburan membuat kameramu rusak, berikut ane kasih sedikit tipsnya buat Agan dan Sista yng mau bawa kamera saat naik gunung.



Gunakan Tas Khusus

Ga Usah Takut Rusak! Berikut Tips Aman Membawa Kamera Saat Lo Sedang Mendaki Gunung!

Jika Agan dan Sista inging membawa kamera, jangan pernah sekali-kali menyimpannya dalam tas carriermu ya, kalian harus menggunakan tas terpisah khusus untuk menyimpan kameramu. Karena menurut ane, dengan menyimpan kamera di dalam tas carrier mu yang super besar dan berat hanya akan menyulitkanmu ketika hendak mengabadikan gambar. Karena dengan begini, Agan dan Sista harus repot membuka-tutup tas carrier mu. Selain itu, penggunaan tas khusus yang memang didesain untuk kamera biasanya terbuat dari busa yang tebal sehingga kalian tak perlu khawatir kameramu rusak saat menemukan medan berat yang membuatmu jatuh dan terpeleset.


Jangan Simpan Terlalu Lama di Tas

Ga Usah Takut Rusak! Berikut Tips Aman Membawa Kamera Saat Lo Sedang Mendaki Gunung!

Mungkin banyak di antara Agan dan Sista yang akan menyimpan kamera dalam tas saat tidak digunakan dan mengambilnya saat menemukan momen atau pemandangan indah yang ingin kalian abadikan. Tapi, ada baiknya jika Agan dan Sista mengalungkan kameramu di leher dan hanya memasukannya jika kalian menemukan medan yang berat. Kenapa? Karena jika Agan dan Sista terlalu lama menyimpan kameramu di dalam tas, penyesuaian suhu yang dilakukan oleh kameramu akan bekerja secara lambat sehingga justru akan membuatnya semakin cepat dan mudah berembun.


Jaga Baterai Kameramu

Ga Usah Takut Rusak! Berikut Tips Aman Membawa Kamera Saat Lo Sedang Mendaki Gunung!

Pengaruh suhu tidak hanya membuat kameramu cepat berembun saja, GanSis. Nyatanya, suhu yang rendah juga akan membuat kualitas bateraimu menurun karena daya tahan bateraimu akan cepat melemah. Nah, untuk mengurangi resiko ini terjadi pada dirimu, alangkah lebih baiknya jika Agan dan Sista memasang baterai kameramu hanya saat kamu ingin menggunakan kameramu ya. Sedangkan saat kalian sedang tidak menggunakannya, lebih baik GanSis membalut bateraimu dengan kain agar suhunya tetap hangat.


Bawa Beras

Ga Usah Takut Rusak! Berikut Tips Aman Membawa Kamera Saat Lo Sedang Mendaki Gunung!

Membawa beras saat sedang mendaki gunung adalah hal yang sangat-sangat penting, GanSis. Selain untuk menghindari rasa lapar yang hadir, beras juga sangat bermanfaat untuk Agan dan Sista yang hobi naik gunung sambil membawa kamera. Karena beras dapat berfungsi untuk menurunkan suhu yang terlalu hangat dalam tas. Jadi gausah khawatir kameramu berembun di dalam tasmu.



SUMBER
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan wbros memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
ane sih nyimpen batre di kantong celana. lebih anget drpd sekedar dibungkus kain.... emoticon-Hammer2
Nice info
info bagus, gan
wew mantaps gan tips nya.
yg paling krusial yah mungkin batere yah. semua ready tapi pas akan dipakai tu alat lowbat.
Lihat 1 balasan
Mantap gan
emang bawa2 barang mahal gini kalo ke tempat2 alam rada was2 ya..
jatuh dikit bisa fatal soalnya langsung tanah dan batuan
kalo ane sebelum di masukin tas ane bungkus pake ziplock terus kasi anti jamur gan
Lihat 1 balasan
untung ada solusinya ya, bisa diterapin. kdng emang suka was was bawa kamera untuk kegiatan out door
mantap gan tipsnyaa.. bisa dipraktekin nih kpn²..
wahhh nice thread nihhh... kalo kayak gini kan muncak jadi aman dan ga kepikiran yg berlebih
bawa kamera emang salah satu yg penting tuhh buat mengabadikan momen dan pemandangan gunungnya. tipsnya bakal ane coba gann pas muncak nanti
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
wow mantaaap tipsnya gan, baru tau ane kalo berasbisa nurunin suhu... nice nih threadnya informatif banget
Balasan post boncel1998
nah ini juga penting banget gan... krn kadang suka berjamur gt lensnya
Balasan post wbros
wahahaha kalo ini sih emang penting gan, buat ngecheckin barang apalagi batere sebelum mau dipake... apalagi dibawa pergi
wah ane kira malah harus disimpen teruusss di dalem tas... kecuali di saat saat diperlukan..... ternyata malah harus sering dikeluarin yaaahh
Bawa beras, kamera aman serta perut juga aman.
gak terlalu ribet ya gan sebenarnya barang bawaan tambahannya. semua demi keamanan kamera kesayangan biar bisa capture momen terbaik dan tetap awet
Nice info gann
Makasih yaaa
takutnya kalo bawa kamera waktu naik gunung itu kalo kena embun pekat aja atau kehujanan aja rada' parno pernah lensa bermasalah gara-gara itu sih.
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di