CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Kesultanan Aceh dan Pengakuan Kedaulatan Belanda dari Spanyol
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1bbc7128c9914e933086c0/kesultanan-aceh-dan-pengakuan-kedaulatan-belanda-dari-spanyol

Kesultanan Aceh Negara Yang Mengakui Kemerdekaan Belanda Atas Spanyol

Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 6
Quote:


Yes betul, karena emang sejarah seperti ini gak tertulis lengkap di buku sejarah, bahkan ada yang bilang kalau tidak ada Aceh maka tidak akan mungkin Indonesia ada
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan alphablondy. memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Emang Belanda ni licik kali
masa lalu indonesia kagak ada abisnya
masa sekarang (detik ini) indonesia, tauk harus mulai dari mana
banyak yg malu-maluin.
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
londo pancen asu
Aceh lon sayang
masa lalu dulu
sekarang provinsi termiskin dengan tingkat korupsi juga ladang ganjanya
Kurang "manusiawi" kayaknya skenario itu ...

Pada awalnya dagang, tapi kemudian seiring dengan konflik di lapangan (===> terkait ... "mau gue kayak 'gini", yang mana bisa jadi timbul karena ketidakpahaman dari sisi budaya dari masing-masing pihak yang bersangkutan), timbul tindakan pemaksaan kehendak yang sulit untuk dimufakati oleh orang Aceh saat itu. Yang mana kemudian merembet pada masalah politik-kekuasaan, dimana itu pada sisi lain kemudian dimanfaatkan oleh beberapa pihak dari pihak dalam negeri Belanda yang ingin "naik daun".
taunya belanda malah menjajah kita,,, emoticon-Blue Guy Bata (L)
ane pbelum lahir itu om emoticon-Frown
awal indonesia berdiri
mengapa kerajaan melayu semua dihancurkan
tp kerajaan yg dijawa msh awet?
Quote:


Setahu gw,Aceh itu punya persahabatan yg mesra dengan turki utsmani.
Makanya wktu itu militer aceh mendapat pasokan senjata dri utsmani
Quote:


Dan perlu diingat saat itu Belanda ingin menguasai selat malaka, karena itu mau tidak mau Belanda harus punya pengaruh besar di pulau sumatera
Lihat 1 balasan
Quote:


Kalo pandangan Ane ya dari banyak literatur karena saat itu melayu sangat kuat kecintaannya sama negara mereka dan minim konflik internal kekuasaan, karena kalo yang Ane liat kebanyakan kerajaan melayu lebih memikirkan rakyatnya ketimbang kekuasaan, bahkan karena islam yang kuat mereka rela jihad untuk membela agama dan tanah airnya, kalo kerajaan Jawa kebanyakan raja ya lebih mementingkan uang dan kekuasaan terbukti keruntuhan kerajaan besar dijawa akibat perang saudara dan kekayaan ini opini Ane aja ga bermaksud sara ya
profile-picture
wbros memberi reputasi
Lihat 1 balasan
agak sulit msk logika jika 500 kapal dan 60000 tentara belanda bs hadir di Aceh.Tahun segitu, ane rasa tentara belanda gak sebesar itu,kapal juga gak sebanyak itu.
Quote:


Yup jadi yang seperti Ane jawab tadi kesultanan Aceh itu sekutu dekat dari utsmani jadi bukan wilayah kekuasaan utsmani
Quote:


Ane dapet referensi begitu, tapi gak tau ya mungkin harus lebih dibedah lagi
Kok gitu sih Belanda emoticon-Blue Guy Bata (L)

Tapi di era sekarang mah aman2 aja kan ya ama Belanda
Balasan post giacartone
lah turis belanda jadi wni
Halaman 2 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di