CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Women’s Health /
Jalan Lahir Rusak! Kok Bisa?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1b94c4365c4f43ec3be6f4/jalan-lahir-rusak-kok-bisa

Jalan Lahir Rusak! Kok Bisa?

Rectovaginal Fistula

Assalamu'alaykum, jumpa lagi dengan DeQor di thread kedua. Sesuai janji ane, yang selanjutnya mau bahas penyebab anak kedua ane harus dilahirkan melalui operasi caesar.


Jalan Lahir Rusak! Kok Bisa?


Anak pertama ane dilahirkan melalui proses persalinan secara normal. Dengan berat 3.000g dan panjang 45cm. Ane baru tau kalo dijahit tuh engga dibius. Bidan cuma bilang, "gigit kain, Bu!" walhasil ane teriak-teriak kesakitan saat proses penjahitan vagina yang dirobek kanan-kiri. Bidan lanjut bilang, "jangan teriak-teriak, Bu!" Ane balesin, "ya sakiiiit!"

Kebetulan saat itu bulan Ramadhan, ane sempat puasa dulu sebelum lahiran, sampai jam 12an lah. Pukul 17.30 WIB bayi ane lahir. Darah yang keluar saat persalinan hingga proses penjahitan cukup banyak, hingga bidan bilang, "minum teh manis dulu, Bu, buat tenaga. Darahnya banyak keluar soalnya!" Proses penjahitan dihentikan sesaat, ane minum teh manis hangat yang dibawakan oleh salah satu perawat.

Sedang menikmati teh, tanpa aba-aba bidan memulai kembali proses penjahitan. Sontak ane marah, untung engga terlempar cangkir tehnya. Bidan mengatakan jahitannya diobras! Huuuwaaa, pantesan aja. Saat proses kelahiran sangat terasa digunting kanan-kiri, mungkin itu yang menyebabkan jahitan harus diobras.


Jalan Lahir Rusak! Kok Bisa?


Permasalahan tidak sampai di situ, pulang dari rumah bersalin, terjadi kejanggalan. Saat buang air besar seperti ada yang mengganjal di jalan lahir. Perlahan ane coba raba dengan telunjuk. Ada benda lunak di sana. Ane keluarkan, ternyata feses!

Keesokan harinya ane periksakan ke dokter kandungan di rumah bersalin tempat ane melahirkan. Ternyata ada lubang yang membuat usus besar terkoneksi ke jalan lahir, otot dubur pun ada yang putus. Ane tanya ke dokter, apa penyebabnya? Dokter hanya jawab sambil melirik sinis ke bidan yang mendampinginya, kebetulan dia salah satu bidan yang menangani persalinan ane, "jahitannya jelek!"

Ane yang engga ngerti sama sekali saat itu hanya bingung sekaligus khawatir dampak dari lubang yang ada. Akhirnya, ane dijadwalkan untuk menjalani operasi perbaikan jahitan yang pertama, tepat sebulan setelah melahirkan. Dokter khawatir feses yang keluar dari jalan lahir juga, akan mengkontaminasi rahim.


Jalan Lahir Rusak! Kok Bisa?


Gan, Sis, operasi repair pertama itu perihnya luar biasa. Jahitan dibuka, jaringan yang sudah terkena jahitan diiris dan dibuang, lalu dijahit kembali dengan rapi. Oleh karena itu, ane dibius total supaya tidak ada sedikit pun pergerakan yang dapat mengacaukan operasi. Eh tapi sepertinya obat anestesinya berlebih, ane lama sadarnya. Udah gitu, setelah sadar, perawat lupa memberikan obat penghilang nyeri. Saat efek anestesi hilang sempurna, sempurna juga rasa perih yang ane rasakan. Ah, semoga ga terulang lagi.

Karena rasa sakit dan lama sadar, ane trauma. Cukup lama ane menolak melakukan operasi repair yang kedua. Hingga akhirnya ane siap, ternyata ane hamil anak kedua. Dikhawatirkan lubang malah melebar sementara operasi repair belum selesai tahapannya, maka melahirkan dijadwalkan secara caesar. Selama belum repair kedua, itu kondisi masih tersisa lubang berdiameter kurang lebih 1cm, dan otot dubur belum disambung. Jadi ane kalo (maaf) kentut, suka keluar dari jalan lahir juga, terus kalo diare keluar gitu aja ga bisa ditahan. Tersiksa, GanSis! emoticon-Sorry

Banyak spekulasi di otak ane dan suami kenapa itu bisa terjadi. Kami pikir salah satu penyebabnya mungkin karena banyaknya darah yang keluar, sehingga menutupi penglihatan para bidan saat itu, jadi tidak sengaja turut tergunting atau jahitnya menjadi tidak rapi. Namun, ane ga mau nuntut siapa pun. Toh udah ditolong. Saat itu dokter belum tiba akibat terjebak kemacetan ibukota.

Jadi begitu ceritanya kenapa anak kedua harus dilahirkan secara caesar. Oh iya, kasus ane namanya Rectovaginal Fistula. Berikut keterangannya yang ane ambil dari DokterSehat.com :


Jalan Lahir Rusak! Kok Bisa?


Rectovaginal Fistula merupakan kondisi abnormal pada saluran antara bagian bawah usus besar atau rektum dengan vagina. Karena kondisi ini, isi usus bisa bocor melalui fistula sehingga penderita dapat mengeluarkan gas atau tinja lewat vagina.

Adapun penyebabnya dalam artikel tersebut disebutkan sebagai berikut:
– Cedera selama proses melahirkan
– Penyakit Crohn atau penyakit peradangan usus lainnya
– Pengobatan kanker atau radiasi di daerah pinggul
– Operasi yang melibatkan vagina, perineum, rektum dan anus berikut komplikasinya
– Penyebab lainnya seperti infeksi anus atau rektum; diverkulitis; ulcerative colitis; atau cedera vagina lain yang tidak disebabkan proses melahirkan

Ane jadi masuk point pertama penyebabnya. Pengobatan yang disarankan hanya dua:
– Obat-obatan seperti antibiotik dan infliximab
– Operasi

Nah, begitu ceritanya. Semoga Sista-Sista tidak mengalami kejadian seperti yang ane alami, ya. Sekarang kondisi ane udah normal setelah dilakukan operasi repair yang kedua pada 10 Desember 2011. Di bawah penanganan Dr. dr. Tofan Widya Utami, Sp. OG (K) di RS Bunda Margonda Depok, operasi repair yang kedua sukses dilakukan dan mengakhiri penderitaan ane akibat rectovaginal fistula.


Sumber: Opini pribadi (dewiqori), https://doktersehat.com
Sumber gambar: Pinterest, https://howshealt.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dewiqori
Halaman 1 dari 4
dijahit kok gk dibius..ngeriiii emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 3 lainnya memberi reputasi
Alhamdulillah akhirnya selesai juga bikin thread ini. Setelah berpacu dengan kesibukan di dunia nyata, mengingat kembali kenangan pedih itu ... sesuatu!
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Ninaahmad memberi reputasi
Quote:


Ane juga masih belum nemu alasannya, Gan. Berdasar dari pengalaman beberapa ibu melahirkan yang ane tanya, itu beda-beda. Ada yang bilang dibius, ada yang bilang emang ga dibius.
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Ninaahmad memberi reputasi
Mari mampir! Kenalan sedikit dengan kasus yang boleh dibilang langka ini.
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Ninaahmad memberi reputasi
Melahirkan adalah sebuah proses kehidupan yang istimewa. Beragam permasalahannya cukup istimewa juga. Salah satunya Rectovaginal Fistula ini. Semoga tidak banyak bahkan tidak ada lagi yang mengalaminya, ya. emoticon-Maaf Aganwati
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
itu bidannya ceroboh bgt ya.. udah ga dibius, jahitnya jelek dan membahayakan jg. pelajaran bgt buat calon ibu2 yg mau melahirkan buat brosing2 dulu profil RS tempat mo lahiran, dokter yg menangani dll. aku dulu sesar ga ada masalah spog yg ngehandle aku bner2 udah pro wlwpn cewe dan badannya mungil, kerjaannya bagus dan gesit bgt. jaitannya jg rapi dan pemulihan pasca SC cukup cepat.
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan dewiqori memberi reputasi
Quote:


Itu kesalahan terjadi saat lahiran secara normal. Kalo SC bidan ga boleh nanganin, harus dokter. Karena kesalahan lahiran anak pertama itu, akhirnya selanjutnya harus SC terus. emoticon-Sorry

Tingkyuuu dah mampir... emoticon-Maaf Aganwati
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
emoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundul

Berdasarkan pengalaman ini ane jadi ngerasain lahiran baik secara normal maupun caesar (SC).
Minta pertanggung jawabannya lah minta ganti rugi tuntut tuh bidan bangshad !!!
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan dewiqori memberi reputasi
Diubah oleh monkeydfarly
Quote:


Kami ga mau ribut dan ribet. Toh juga sudah dibantu. Semoga jadi amal ibadah ane, ya, Gan. Sengaja ane tulis jadi thread, biar yang lain jadi berhati-hati dan dijadikan pelajaran.
Tingkyuuu, Gan dah mampir. emoticon-Maaf Aganwati
Lihat 1 balasan
Balasan post dewiqori
Jiah halu.. emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Wkwkwkwkwkkk emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post dewiqori
Maksudnya apa omalamalomalamal enggak ngerti, dapat duit milyaran? emoticon-Bingung
profile-picture
dewiqori memberi reputasi
Quote:


Aamiin aja deh. emoticon-Cape deeehhemoticon-Ngakak
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
Klo ngelahirin normal katanya rasa mekinya longgar jasi gak enak lagi itu bener gak sih emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan dewiqori memberi reputasi
Serem yaaa,... emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan dewiqori memberi reputasi
Quote:


Wkwkwkwkwkkk.... Kagak lah! Tergantung perawatannya. Senam khegel, minum jamu, dll. Satu lagi, tergantung servicenya, dong! emoticon-Ngakak
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
Quote:


Gitu deh, tapi saat lihat bayi yg kita lahirkan, terbayar lunas semua rasa yg tdk enak saat melahirkannya. emoticon-Peluk
profile-picture
Ninaahmad memberi reputasi
dr tofan favorite ane, pinter bangeeettt beliau sis. alhamdulillah kalau sudah sembuh. emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Wah, pasiennya dr. Tofan juga toh? Iyalah pinter, dia kan dosen FKUI juga. Keren deh pokoke, syantiiiik pula. Anaknya pun banyak! Hahahahahahaha. emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di