CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Computer Stuff /
Pengalaman Pribadi Jadi IT Support (Helpdesk)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1b51e95cf6c44e820d5c47/pengalaman-pribadi-jadi-it-support-helpdesk

Pengalaman Pribadi Jadi IT Support (Helpdesk)

GIF

Halo agan-agan yang budiman, kali ini ane pengen berbagi 100% pengalaman ane sendiri menjadi seorang IT Helpdesk Support. Jam Terbang, Skill yang harus di kuasai, Gaji, Intensif, Area lingkup kerja, Suka dan Dukanya, dan banyak hal lain lagi.

KEBUTUHAN SKILL

Bagi seorang IT Support, menguasai seluruh bidang IT hukumnya wajib, ya meskipun kagak pro minimal pengetahuan ente lebih baik dari rata-rata orang awam, setidaknya cukup untuk membohongi mereka yg kagak ngerti sama sekali

Hardware
Pengalaman Pribadi Jadi IT Support (Helpdesk)
Seorang IT Support harus tau hardware komputer dan perangkat pendukung lainya ( Printer, scanner ). Sebagai contoh komputer, segala komponen yang ada didalamnya seperti RAM, HDD, MOTHERBOARD, dll. Untuk mengetahui kerusakan komponen komputer merupakan bagian jobdesk dari IT Support, tapi untuk proses perbaikan itu menjadi nilai plus aja. Kalo ane biasanya setiap ada problem coba diperbaikin dulu, kalo kagak bisa baru rekomendasi untuk pengadaan barang baru, kalo ngga gitu rekomendasi dibawa ke tukang service / service center

Sistem Operasi
Pengalaman Pribadi Jadi IT Support (Helpdesk)
Bukan hanya windows yg biasa dipakai oleh orang awam, seorang IT Support harus memiliki skill untuk melakukan instalasi dan pengoperasian berbagi sistem operasi seperti Linux, Macintos, Windows Server, dll. Harus bner2 paham tentang partisi, Bios, format memory dll.

Pengalaman Pribadi Jadi IT Support (Helpdesk)
Selain itu menguasai troubleshooting juga sangat penting. Setiap kendala yg terjadi pada sebuah sistem operasi, setidaknya IT Support tau inti masalahnya sehingga ente bisa browsing2 untuk mengatisinya emoticon-Hammer (S)emoticon-Hammer (S)

Jaringan
Pengalaman Pribadi Jadi IT Support (Helpdesk)

Ini nih skill yg harus ente kuasai dan yg paling susah menurur ane. Internet, Topologi jaringan, IP, Mikrotik, Modem, Hub, Crimping LAN, Wifi, Pengkodean, Itung2an, dll. Nih yg lulusan Teknik Informatika takutin seperti saat ane dulu mulai kerja, mungkin ane dulu waktu kuliah dididik untuk menjadi seorang programmer, makanya sangat lemah di Network Enginering. Tapi karena kepepet lama2 ane spertinya bisa. Entah bner2 bisa atau terbiasa kepepet ya. Untuk sekarang ini sudah bukan menjadi masalah

Software
Yahh kalo ini tergantung perusahaan, biasanya ada beberapa IT Support seperti ane yg juga kadang pegang database, administrasi, desain grafis, video editing dan beberapa software IT lain.

Pengalaman Pribadi Jadi IT Support (Helpdesk)
Ane rasa penguasaan berbagai jenis software menjadi nilai plus bagi seorang pegiat IT.

JAM TERBANG TINGGI

Menjadi seorang IT Support harus siap sedia kapanpun gan, karena kita semua kagak tau kapan permasalahan akan datang, dan permasalahan itu bukan suatu perencanaan kyak pas ente mau kimpoian ya emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peace

Pengalaman Pribadi Jadi IT Support (Helpdesk)
Perangkat komputer, Kesalahan jaringan, Kendala sistem operasi, bisa muncul kapan pun. Karena perusahaan ane selalu beroperasi 24 jam, karena ane juga bertanggung jawab pegang serper. Jadi bisa dibilang ane harus siap 24 jam.

AREA PEKERJAAN

Pada umumnya seorang IT Support hanya ada beberapa gelintir orang dalam sebuah perusahaan yg besar, biasanya mereka hanya ada di kantor pusat. Jadi kemungkinan besar untuk travelling ke kantor-kantor kecil lain itu sangat memungkinkan. Ane pribadi pegang area Indonesia Timur, termasuk Jawa Timur, Bali, Sulawesi, NTT, NTB, Papua, dll.

Pengalaman Pribadi Jadi IT Support (Helpdesk)
Tenang gan, karena itu bagian dari kerja maka semua dan mesti dapet dari perusahaan, ngga jarang juga itu ane gunakan untuk mengenal daerah dan kebudayaan lain terutama diluar pulau. Intinya jadi IT Support ente harus berani naik pesawat dan memiliki jiwa travelling.
Bagi ane adalah hal yg sangat menyenangkan bisa melihat tempat baru yg belum pernah ane kunjungin sebelumnya.

GAJI DAN INTENSIF

Pasti ini yang ente tunggu gan, ya kan emoticon-Blue Guy Bata (S)emoticon-Blue Guy Bata (S)

Pengalaman Pribadi Jadi IT Support (Helpdesk)
Gaji tetep sesuai standart perusahaan, tapi kalo jobdesk ente sperti yg ane tulis di atas, ane yakin kalian dapet gaji yg lumayan ( Di atas UMR lah), belum lagi kalo kalian ada perjalanan dinas luar kota atau luar pulau ya kan, dapet intensif berapa tuh emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peace

SUKA DUKA

Sukanya : Jalan2 gratis, duit lumayan, pandangan org lain lumayan (kagak buruk2 amat kog jadi IT Support), Jadi org paling nyantai di kantor kalo lagi kagak ada trobel.
Dukany : Jarang ada waktu buat keluarga, sering kepikiran kalo lagi ada banyak trobel. Terkadang client menyalahkan bbrapa pekerjaan yg bukan tanggungjawab dari IT.

Sumber Gambar
1
2
6
7

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Matlab dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh fahmizulham
Halaman 1 dari 2
pertamax kah?
Lihat 1 balasan
Sebenarnya enak sih jadi IT support, yang gak enak itu lebih banyak ke usernya apalagi ketemu user yang sok jadi raja emoticon-Marah
Lihat 1 balasan
IT support tu kaya apa sih gan? emoticon-Confused
Bener banget gan, itu pekerjaan ane dahulu kala saat awal karir, sekarang udah beda jobdesc, ane jadi user basa dan kalo ada trouble ane telpon helpdesk dan dibantu remote desktop aja hehehe..... , kadng kalo melihat para junior IT keliling helpdesking ane jadi inget masa lalu dan temen2 seperjuangan duludalam suka dan duka. Semangat ya semua itu akan menjadikanmu dewasa berpengalaman dan superior. emoticon-Jempol
Walaupun dituntut untuk tau segalanya, tapi tetap tentukan batasan. gak semua yg user inginkan harus dipenuhi, sesuaikan dengan jobdesk saat baru bergabung. IT support bukan pekerja serabutan yang harus nurutin semua kemauan user. emoticon-Wink
wah IT support keren enih gan banyak dibutuhkan di perusahaan.
Balasan post santosvanjones
kagaklah, nuwbih emoticon-Leh Uga gw sma aje udah lihay klo maen serper ame jaringan. padahal jaman itu lom ada internet. masih lokal copy dan database.
ane masih merintis moga bisa lancar terus dan mungkin bisa menambah banyak koneksi emoticon-Big Grin
Wah ini kerjaan sy juga, jd it support banyak hal baru yg di dapat , hanya didapat dr pengalaman sendiri menyelesaikan masalah tsb.
Quote:


Nah ini terjadi ane juga, user yg sok jd raja itu mereka kagak mau ta meskipun itu sebenernya bukan bagian dari jobdesk IT emoticon-Cape d...
mantap bre,,,
emoticon-2 Jempol
Dukanya ya harus siap setiap saat,
Ga perduli lagi libur kalo lagi ada troble ya masuk
kecuali lagi sakit emoticon-Ngakak
Balasan post raditnimous
Quote:


"Sudah dicoba matikan lalu hidupkan lagi?" - SOP IT support emoticon-Hammer2
Diubah oleh peyotpetot
waaaahhhh kebetulan nih ane juga IT support.. maennya juga sama agak ketimur.. cuma ane maen di bali sama nusa tenggara aja.. hehehe
menurut pengalaman ane sih sebisa mugkin kenalin dah tuh kelemahan user2 yg lagaknya kayak raja, jadi kalo nyari gara2 tinggal di beri aja.. soalnya dah pernah ngalamin di awal2 kerja.. dan alhamdulillah sekarang mereka pikir2 lagi buat nyari gara2 sama tim ane.. hehehe
Diubah oleh TerompahKayu
Quote:


Ini duka seduka dukanya gan emoticon-Najis
I know that feel ... emoticon-Ngakak
Jd it support dukanya suka ga dihargai krn kerjaanya cmn duduk natap komputer kyk org ga ada kerjaan padahal otak lg cenat cenut mikirin troublenya
profile-picture
ganteng301196 memberi reputasi
pasti capek bngt
"meskipun kagak pro minimal pengetahuan ente lebih baik dari rata-rata orang awam, setidaknya cukup untuk membohongi mereka yg kagak ngerti sama seka" njay ni quotes dewa bener. btw emng bener networking yg susah, karena variannya banyak gan, jadi kemungkinan error juga banyak variasinya emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin...
profile-picture
fahmizulham memberi reputasi
NyimK
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di