CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
11 Kesalahan Pola Asuh yang Merusak Pertumbuhan Anak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1b351ba2d19505a1684b6b/11-kesalahan-pola-asuh-yang-merusak-pertumbuhan-anak

11 Kesalahan Pola Asuh yang Merusak Pertumbuhan Anak

11 Kesalahan Pola Asuh yang Merusak Pertumbuhan Anak


  "Setiap orang tua memiliki cara uniknya sendiri dalam membesarkan anak,Mereka melakukan yang terbaik untuk membesarkan anaknya namun tak ada yang sempurna, itu sebabnya saat mengingat masa lalu mereka ingin memperbaiki kesalahan yang telah dilakukannya"  .

  "Inilah beberapa hal yang mereka sesali agar anda tidak melakukan kesalahan yang sama"  .

1.   "Terlalu sering memarahi anaknya"
11 Kesalahan Pola Asuh yang Merusak Pertumbuhan Anak

    "anak berbuat salah adalah hal yang wajar namun orang tua terkadang keterlaluan dan mencari cari kesalahan kecil"  .

"Beberapa orang tua meyakini bahwa semakin tinggi harapan mereka pada anaknya, semakin pula anak tersebut nantinya lebih cepat berfikir"  .

"Namun jelas tidak berlaku seperti itu, memarahi anak untuk setiap kesalahan kecil, bisa menyebabkan masalah pada perilaku mereka"  .

"Hukuman karena mendapat nilai jelek juga berbahaya karena menghilangkan hasrat belajar anak dan tentu saja, bersikap terlalu keras bisa memiliki kerugian besar lainnya, yaitu hubungan yang buruk dengan anak anda"  .

"Itu sebabnya hukum anak anda karena permasalahan penting saja tidak termasuk gelas pecah ya😁😁😁

2.   "Melewatkan momen terpenting dalam hidup anak anaknya"
11 Kesalahan Pola Asuh yang Merusak Pertumbuhan Anak

"Tentu saja semua orang tua punya banyak komitmen, dan melakukan semuanya bukan hal mudah ,namun anak anak sangat butuh kebersamaan dengan orang tuanya beberapa peristiwa yang mungkin tampak sepele bagi orang dewasa akan sangat berarti bagi anak mereka"  .

"Perlu orang orang terdekat pada saat ini meski anda punya alasan kuat untuk melewatkan drama sekolah anak ,usahakan hadir cari waktu untuk mengunjungi nenek ,pergi ke bioskop, dekorasi rumah untuk hari raya ikatan dengan anak anda akan semakin kuat dengan menciptakan memori bersama jika tidak nantinya anda akan merasa bersalah karena melewatkan banyak momen indah"  .

3.   "Tidak melakukan mainan yang cukup kreatif"
11 Kesalahan Pola Asuh yang Merusak Pertumbuhan Anak

    "Melakukan permainan kreatif bersama anak anda tidak serta merta membuat mereka jadi seniman atau musikus di masa depan"  .

"Tapi selalu ada kesempatan melakukan ini
seperti menggambar atau bermain plastisin berdampak positif terhadap perkembangan kecerdasan imajinasi dan meningkatkan kosa kata mereka"  .

"Selain jika anak anda terlibat dalam berbagai kegiatan maka akan lebih memudahkan anda mencari tahu minat dan bakat nya ,ini penting karena mereka bisa menunjukkan kemampuan menjanjikan bahkan pada usia muda"  .

4.   "tidak cukup mengambil foto dan video"
11 Kesalahan Pola Asuh yang Merusak Pertumbuhan Anak

   "Mengambil foto tidak akan berdampak buruk pada kehidupan anak namun itulah cara terbaik untuk mengabadikan momen yang tidak ingin terlupakan saat anak anda dewasa dan meninggalkan rumah"  .

Foto foto itu akan ada sebagai pengingat bahwa mereka sudah tumbuh dewasa, selain itu melihat foto bersama anak yang telah dewasa itu adalah momen yg sangat bahagia untuk keluarga anda"  .

5.   "Tidak peduli dengan pendapat anaknya"
11 Kesalahan Pola Asuh yang Merusak Pertumbuhan Anak

     "Kamu terlalu mudah untuk memutuskan ,orang dewasa lebih tahu mungkin adalah kalimat yang cukup sering anda dengar saat kecil"  .

"Menyebalkan bukan, sikap orang tua yang seperti ini bisa berdampak serius pada masa depan anak, jika anak merasa pendapatnya sering diabaikan mereka bisa tumbuh dengan rasa rendah diri maka sebaiknya anda merenungkan ini"  .

"Bagaimana anda bisa tau keinginan dalam hidup atau menentukan tujuan anda sendiri jika selalu ada orang yang membuat keputusan untuk anda"  .

"Tentu saja sebagai orang tua anda tidak bisa menuruti permintaan atau keinginan anak ,artinya anak anda tidak bisa membawa pulang semua anjing liar yang dilihatnya"  .

6.  "Tidak menikmati berkomunikasi dengan anaknya"
11 Kesalahan Pola Asuh yang Merusak Pertumbuhan Anak

     "Komunikasi antara orang tua dan anak mungkin adalah hal terpenting dalam pola asuh jadi jika tidak meluangkan waktu untuk itu, suatu hari anda akan tersadar bahwa anak anda sudah dewasa dan menjalani nya sendiri"  .

"Tentu saja tak mengapa mengerjakan sesuatu di rumah saat anak bermain sendiri"  .

"Tapi, coba jangan jadikan itu kebiasaan ,anak anak juga butuh keterlibatan emosi bukan hanya kehadiran untuk merasa mereka disayangi dan dikasihi"  .

"Kita tidak bisa mengulang waktu"  .
"Jadi,,nikmati momen kebersamaan kalian ya!!!

7.   "Tidak mengajari anak tentang uang"
11 Kesalahan Pola Asuh yang Merusak Pertumbuhan Anak

   "entah beberapa orang tua enggan menyinggung topic uang dengan anak mereka tentu saja si anak tidak percaya uang tumbuh di pohon namun mereka mungkin berpikir uang muncul di mesin atm secara ajaib"  .

"Tanpa diajarkan soal keuangan dan pengeluaran yang bertanggung jawab ,anak anak tidak akan mengerti nilai uang yang sesungguhnya"  .

"Saat dewasa, mereka akan kesulitan mengelola penghasilannya memberi uang saku kepada anak akan mengajari mereka cara menabung ,mengeluarkan uang dengan bijak, selain itu coba biarkan anak remaja anda menghasilkan uang sendiri ,mereka bisa memotong rumput tetangga atau menjaga bayi"  .

"Setiap kalian belanja bersama ,katakan berapa jumlah uang yang boleh dikeluarkannya saat itu, untuk membatasi keinginannya semua"  .

"Kiat ini akan memberi kesempatan pada anak untuk belajar tentang anggaran tabungan dan lebih bertanggung jawab"  .

8.   "Tidak cukup membuat anak mereka bahagia"
11 Kesalahan Pola Asuh yang Merusak Pertumbuhan Anak

    "kebanyakan kenangan indah dari masa kecil amatlah berharga kita suka mengingat kembali masa masa di saat kita tidak perlu memusingkan sesuatu dan sering kali dipenuhi dengan hal hal baru semua anak harus punya banyak pengalaman baru dan tinggal di lingkungan sehat itu yang membuat mereka bahagia dan saat anak anak bahagia mereka tumbuh lebih aktif artinya mereka akan lebih mudah beradaptasi dengan kehidupan dewasanya dan memulai hubungan baru nantinya"  .

"Jadi pergilah ke taman hiburan naik kuda poni dan naik perahu bersama anak anda ,coba lakukan hal hal menyenangkan bersama setidaknya sekali untuk memastikan anak anda punya banyak momen bahagia dalam hidupnya"  .

9.  "Tidak cukup sering memeluk anaknya"
11 Kesalahan Pola Asuh yang Merusak Pertumbuhan Anak

   "Pelukan bukan hanya menjadi cara terbaik untuk menunjukkan kasih sayang juga terbukti secara ilmiah baik untuk kesehatan kita karena pelukan membantu melindungi kita dari stres"  .

"Selain itu ,memeluk anak terasa menyenangkan ,,sayangnya terkadang orang tua tidak cukup sering melakukannya"

"Beberapa orang tua beranggapan bahwa terlalu penyayang kepada anak bisa membuatnya kurang patuh"  .

"Orang tua lainnya percaya bahwa selalu menggendong dan memeluk bayi akan membuatnya terlalu menuntut"  .

"Tapi kenyataannya anak kita akan semakin tidak mau dipeluk saat bertambah dewasa, jadi nikmati pelukan bersama anak anda selagi masih bisa"  .

10.   "Tidak konsisten"
11 Kesalahan Pola Asuh yang Merusak Pertumbuhan Anak

     "Konsistensi mungkin hanya salah satu tantangan terbesar dalam pola asuh misalnya ,anda biasanya tidak mengizinkan anak mengonsumsi makanan tidak sehat tapi tiba tiba anda terlalu sibuk bekerja dan memberi mereka untuk makan siang"

"Tahu tahu mereka akan meminta itu tiap kali makan, nyaris mustahil mempertahankan standar yang sama untuk anak anda setiap hari namun tidak berusaha melakukannya"  .

"Anak anak akan bingung dengan apa yang boleh dan dilarang tanpa batasan jelas"  .

"Mereka mungkin tidak akan bersikap seperti yang anda mau dan masalah pada kepatuhan tidak bisa dihindarkan"  .

"Selain itu,, jangan lupa anda harus mematuhi aturan anda sendiri untuk memberi contoh tidak boleh bermain ponsel saat makan malam keluarga, berarti tidak boleh bermain ponsel untuk semuanya"  .

11.     "Sering mengikuti orang lain"
11 Kesalahan Pola Asuh yang Merusak Pertumbuhan Anak

     "Ada orang yang memberi saran meski tidak diminta dan terkadang orang tua muda dan tak berpengalaman merasa lebih baik mendengarkan orang orang itu"  .

"Ahli seperti itu memiliki banyak informasi tentang cara memberi makan ,berpakaian ,dan membesarkan anak"   .

"Tentu saja beberapa nasihat berguna dan baik namun jangan lupa bahwa anda adalah orang tuanya"  .

"Jadi anda yang tau apa yang terbaik untuk anak anak anda
selain itu ,jangan biarkan orang asing memarahi anak anda karena nakal"  .

"Seorang anak harus merasa selalu ada orang yang mendukung dan melindunginya ,jadi biarkan mereka tahu bahwa mereka lalu bisa mengandalkan anda"  .

  
  "Apa kenangan masa kecil favorit anda beritahu kami di bagian komentar di bawah ini !!!

"Dan jangan lupa untuk share, karna artikel ini akan sangat berguna bagi anak anak di masa sekarang dan masa depan nanti nya  ,,, TERIMA KASIH  !!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
as1313 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Kup4s
wahh bagus gan.. sangat bermanfaat dlm mendidik anak ke dpnnya
profile-picture
Kup4s memberi reputasi
amin ,sama sama gan
trma kasih sudah mampir
profile-picture
nyonyo2 memberi reputasi
Nice share...
profile-picture
Kup4s memberi reputasi
mungkin ini penyakit2 yg banyak timbul utk keluarga yg dimana ayah ibunya sibuk berkarir ya. anak dipercayain ke pengasuh ato diasuh oleh ortu kedua pasangan macem itu. Sec tdk lgsg akan berdampak hal2 yg disebutkan itu td. Lupa meluangkan waktu utk anak, jarang mengontrol aktifitas anak, tdk memberikan mainan yg sesuai dg usia dan sesuai dg yg dibutuhun utk masa pertumbuhan mereka dsb. Dr berbagai masalah itu akhirnya mereka kehilangan moment2 pertumbuhan anak sendiri. Ya wlwpn hal ini jg bisa terjadi pd anak yg diasuh oleh ortunya sendiri sih
profile-picture
Kup4s memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bagus gan threadnya
orang tua sering memiliki ego yang besar apalagi dengar pendapat anaknya, padahal belum tentu semuanya salah
profile-picture
Kup4s memberi reputasi
thread yang bagus,terus bikin thread bagus dan bermutu gan/sis
profile-picture
profile-picture
grenademan24 dan Kup4s memberi reputasi
Balasan post marikemana
iyaaa gan cuma menurut ane ada jg sih ortu yg ttp bekerja tp msh ngeluangin waktu dengan baik buat anaknya keren bagi waktunya. kdg malah ada aja yang fulltime ngurus anak tapi msh menangin ego sendiri
profile-picture
Kup4s memberi reputasi
nice trit...ilustrasinya bagus gan.



profile-picture
Kup4s memberi reputasi
ane minta contoh dong buat TS ... menurut TS siapa contoh manusia yg berhasil dididik pakai metode diatas,,, emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh adirogerxxx
Quote:


nah emg sih gak menutup kemungkinan jg bagi ortu yg keduanya berkarir tp ttep bisa ngasuh anaknya sendiri. Itu emg keren sih.. disamping karna kebutuhan jg makin tinggi, mereka jg gamau nglewatin moment tumbuh kembang anak ya. Perlu ditiru nih haha


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di