CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Agar Awet, Ini 5 Tips Mengatasi Munculnya Karat pada Motor
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e19360f9a972e7603009b66/agar-awet-ini-5-tips-mengatasi-munculnya-karat-pada-motor

Agar Awet, Ini 5 Tips Mengatasi Munculnya Karat pada Motor

Agar Awet, Ini 5 Tips Mengatasi Munculnya Karat pada Motor

Karat adalah salah satu masalah yang paling menjengkelkan pemilik motor. Proses karat terjadi karena bagian metal motor terpapar bahan korosif dan oksigen.

Kadang elemen seperti air hujan, lumpur di jalanan, dan bahan lain bisa menyebabkan karat berkembang pada motor. Meski tampak kecil, karat bisa tumbuh dengan cepat dan merusak motor.

Namun, jika kamu menyadari hal-hal yang bisa memicu karat pada motor dan menangani dengan layak, kamu akan bisa secara efektif mencegah karat merusak motor. Bagaimana caranya?

1. Simpan motor dengan layakAgar Awet, Ini 5 Tips Mengatasi Munculnya Karat pada Motor
Hujan, kelembaban, dan elemen lainnya bisa memicu perkembangan karat dan merusak motor, khususnya jika kamu tinggal di dekat wilayah pantai atau danau.

Jika kamu tidak punya garasi di rumah untuk menyimpan motor, pertimbangkan untuk beli sebuah cover motor. Ini adalah solusi jitu yang tidak memakan banyak biaya dan akan tetap membuat motor kering dan aman, selagi ada di luar rumah.

2. Pastikan suku cadang motor terlumasiAgar Awet, Ini 5 Tips Mengatasi Munculnya Karat pada Motor
Pelumas rantai dan semprotan anti karat bisa digunakan agar suku cadang motor terlumasi dengan baik. Ini akan membantu mencegah karat muncul selama motor digunakan di jalanan.

Gunakan cairan pelumas khusus pada suku cadang yang rentan mengalami karat seperti gir, baut, dan jeruji motor.

3. Gunakan cairan pemoles bodi motorAgar Awet, Ini 5 Tips Mengatasi Munculnya Karat pada Motor
Kamu harus menjaga bodi motor tetap mulus, khususnya yang terbuat dari metal, dengan menggunakan cairan pemoles. Selain untuk menjaga bodi motor kinclong, cairan pemoles juga akan mencegah terjadinya oksidasi yang bisa memicu timbulnya karat.

4. Segera amplas jika muncul karat kecilAgar Awet, Ini 5 Tips Mengatasi Munculnya Karat pada Motor
Segera hilangkan karat kecil yang muncul pada suku cadang motor dengan memakai kertas amplas. Karat cenderung menyebar dengan cepat pada suku cadang motor yang terbuat dari metal, menghilangkan karat kecil pada motor secepat mungkin akan mencegah karat yang lebih parah.

5. Perawatan motor secara berkalaAgar Awet, Ini 5 Tips Mengatasi Munculnya Karat pada Motor
Jika kamu sering meninggalkan motor di luar ruangan, luangkan waktu membersihkan motor seperti mencuci motor sampai kering setelah mengendarainya dan secara berkala melumasi rantai agar tetap berjalan mulus.

Melakukan perawatan motor secara berkala akan membantu meningkatkan daya tahan motor, bahkan meski sering digunakan di jalanan.

Nah, itulah lima tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah karat merusak motormu. Sayangi motormu agar selalu nyaman dikendarai!


Sumber : https://www.idntimes.com/automotive/...mpaign=network

---



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di