CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Ketika Mercon Ternyata Enak, Apa Reaksimu? Simak Yuk Resepnya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e18b562facb957c755c269a/ketika-mercon-ternyata-enak-apa-reaksimu-simak-yuk-resepnya

Ketika Mercon Ternyata Enak, Apa Reaksimu? Simak Yuk Resepnya!

Ketika Mercon Ternyata Enak, Apa Reaksimu? Simak Yuk Resepnya!

Mercon yang enak ini akan membuat sensasi sendiri di lidah dan hatimu. Apaan sih? Kepo ya....

Ketika Mercon Ternyata Enak, Apa Reaksimu? Simak Yuk Resepnya!
Welcome to riwidy's thread


Mercon. Apa sesungguhnya mercon itu?Mercon atau biasa disebut petasan juga.

Cek KBBI kuy :
Ketika Mercon Ternyata Enak, Apa Reaksimu? Simak Yuk Resepnya!

Nah jelas ya arti mercon? Tentu terbayang suasana menjelang bulan Ramadhan ya, saat dimana begitu banyak mercon dinyalakan anak-anak, mengagetkan! Bunyinya keras sekali, seakan jantung mau copot rasanya dan membuat telinga berdenging, keringat dingin menetes, mata panas. Wuahh pokoknya ga enak.

Ketika Mercon Ternyata Enak, Apa Reaksimu? Simak Yuk Resepnya!

Dianalogikan dengan kedahsyatan 'mercon' satu ini, sama juga mengagetkan, tapi mercon yang ini untuk dimakan lho, bukan dilempar, rasanya enak banget. Sama juga bikin keringat menetes. Mengagetkan, tapi di lidah bukan jantung, dan leher rasanya juga mau terbakar, bukan tangan yang terbakar. Yup! Jreng jreng jreng ...yang ini oseng-oseng mercon GanSist!

Saat GanSist mendengar nama kuliner yang satu ini mungkin terbayangkan kengerian seperti apa rasa dari kuliner khas Jogjakarta ini. Ya, namanya adalah oseng-oseng mercon. Kuliner ini memang mempunyai rasa yang ngeri bila dibayangkan, pastinya rasanya super pedas. Sekali lagi super duper pedas! Hati-hati yang perutnya sensitif.

Dapat dikatakan bahwa oseng-oseng mercon ini termasuk menu makanan spesial untuk para pecinta kuliner dengan rasa pedas. Kalau Agan Sista penasaran seperti apa kedahsyatan dari oseng mercon ini, tak perlu jauh-jauh ke Jogja. GanSist bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep oseng mercon yang akan ane bagikan ntar. Sabar.

Mengapa oseng-oseng mercon ini banyak digemari? Sebab sambal atau cabe yang dipakai untuk membuat oseng-oseng mercon tergolong cukup banyak. Tetapi Agan tak perlu khawatir, sebab jika Agan tidak suka kuliner pedas maka jumlah cabe bisa dikurangi. Untuk mencicipi kelezatan kuliner yang satu ini kini sudah ada resep yang bisa dicoba dirumah. Resep khas Yogyakarta ini menjadi salah satu menu yang bisa GanSist coba untuk disajikan bagi keluarga tercinta di rumah.

Langsung aja yuk ke TKP (Tempat Kejadian Pemasakan) cekidot :



Resep Oseng Oseng Mercon

Bahan :

- 500gram tetelan
- 5 gram gula merah
- 1 buah lengkuas dengan ukuran 4 cm
- 1 buah jahe dengan ukuran 2 cm
- 4 lembar daun salam
- 350 ml air matang
- 60 gram cabe merah keriting
- 200 gram cabe rawit merah
- 10 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- garam secukupnya
- kecap manis sesuai keperluan
- minyak goreng secukupnya.



Cara Membuat :

1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe keriting, jahe dan cabe rawit merah. Haluskan semua bumbu sampai benar-benar halus.

2. Bila anda tidak ingin repot memakai ulekan, maka anda juga dapat menghaluskan bumbu memakai blender. Tetapi pastikan bumbu hasil blender sehalus mungkin dan tidak menyisakan butiran kasar.

3. Siapkan wajan lalu isi dengan minyak goreng secukupnya. Panaskan minyak lalu tumis daun salam dan lengkuas serta bumbu yang sudah dihaluskan. Tumis semua bahan menggunakan api kecil sampai mengeluarkan aroma yang wangi.

4. Ambil tetelan daging sapi yang tadi sudah dibersihkan, kemudian masukkan ke dalam tumisan bumbu yang sudah dibuat.

5. Sambil terus dimasak aduk semua bahan supaya tercampur rata dengan bumbu-bumbunya.

6. Tambahkan air matang dalam tumisan lalu masak daging sampai empuk dan bumbu meresap.

7. Tunggu sampai daging benar-benar empuk karena semakin empuk daging yang dimasak tentunya akan mempunyai rasa yang semakin lezat.

8. Terakhir masukkan gula merah, kecap manis dan garam. Lalu aduk supaya tercampur dan kematangannya sempurna. Oiya bisa juga ditambahkan cabe rawit utuhan bila diperlukan.

9. Bila sudah matang, lalu angkat dan pindahkan oseng mercon ke atas mangkok dan piring saji.

10. Oseng-oseng mercon khas Yogyakarta sudah siap untuk disantap. Yummy!



Bagaimana GanSist, gampang kan membuatnya? Cobain ya! Oseng mercon ini pas sekali disantap bersama nasi putih hangat. Menu ini bisa GanSist siapkan untuk makan siang ataupun makan. malam. Tentu untuk pecinta kuliner super pedas ya, kaya ane, untuk yang takut atau tidak doyan pedas, sebaiknya sedikit saja atau lebih aman pilih menu lain. Hehe. Resiko ditanggung penumpang. Ane tidak mau menanggung xixi.


Oke sekian dulu bagi resep di Jumat resep kuliner kreatif dan enak by riwidy. Tunggu resep favorit berikutnya insyaallah Jumat depan !







Ngawi, 10012020





Sumber tulisan : pribadi dan cookpad
Sumber gambar : google, cookpad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Fery.W dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh riwidy
Halaman 1 dari 2
page one
Jumat resep kuliner kreatif dan enak by riwidy
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan nofivinovie memberi reputasi
Diubah oleh riwidy
for tambahan informasi soal oseng-oseng Mercon.
profile-picture
nofivinovie memberi reputasi
silakan membaca, mempraktekkan resep. mohon cendol, komen, 5 rate dan folback ya. Terimakasih you're all the best!
profile-picture
nofivinovie memberi reputasi
keren dan mantap
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
gudeg mercon aku pernah pengen. tapi g jadi.. ga kuat pedeees
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Pasti pedes banget. Pernah sih makan oseng2 mercon
mercon itu meledak
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
kalau mercon asli mana berani makan😆
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
gak bisa makan pedes 😔
Bikin panas peyut
wah pedesnya
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
bakso mercon aku pernah nyoba 😱
pengen icip2 yg pedes tapi perutnya gak kuat emoticon-Hammer2
mantap.... gansista
profile-picture
rajkapoor memberi reputasi
oseng2 mercon buat orang yg suka menantang bahaya...



emoticon-Selamat
meledak pedasnya kaya mercon hahaha

tempat ane ada tahu mercon dan itu enak bgt gan 🥰
wah kudu dicoba ini tapi takut meledak mulutnya 🥺🥺🥺
parahhh ini mah, dulu sering banget makan oseng mercon ini. sekarang mah udah gakuat makan giniannn
Keren sekali Sista Ngawi ini. Saudariku yang sangat produktif
Itu nulis tulisan bisa jadi warna ijo gimana, Sist?
kambuh maag gw makan gituan emoticon-Hammer2
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di