CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Dewa Janus, Dewa Awal Tahun Sejarah Bermulanya Kalender Masehi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e185139f0bdb212906eedae/dewa-janus-dewa-awal-tahun-sejarah-bermulanya-kalender-masehi

Dewa Janus, Dewa Awal Tahun Sejarah Bermulanya Kalender Masehi

Dewa Janus, Dewa Awal Tahun Sejarah Bermulanya Kalender Masehi

Bulan Januari atau bulannya Janus ditetapkan setelah Desember dikarenakan hari-hari dimana kaum pagan penyembah Matahari merayakan ritual mereka saat musim dingin. Pertengahan Winter Soltice jatuh pada tanggal 25 Desember, dan inilah salah satu dari sekian banyak pengaruh Pagan pada budaya kristen selain penggunaan lambang Salib Tanggal 1 Januari sendiri adalah seminggu setelah pertengahan Winter Soltice, yang juga termasuk dalam bagian ritual dan perayaan Winter Soltice dalam Paganisme.

tradisi perayaan tahun baru di beberapa negara terkait dengan ritual keagamaan atau kepercayaan, dimana mereka pada tengah malam setiap tanggal 1 Januari, orang-orang Brazil berbondong-bondong menuju pantai dengan pakaian putih bersih. Mereka menaburkan bunga di laut, mengubur mangga, pepaya dan semangka di pasir pantai sebagai tanda penghormatan terhadap sang dewa Lemanja—Dewa laut yang terkenal dalam legenda negara Brazil.

Dewa Janus, Dewa Awal Tahun Sejarah Bermulanya Kalender Masehi

Dalam mitologi Romawi, Janus adalah dewa pintu gerbang dan juga dewa segala permulaan, maka dari itu, bulan Januari yang diambil dari namanya dijadikan bulan paling awal dalam satu tahun, dan tanggal 1 Januari adalah awal pergantian tahun atau tahun baru.

Dewa Janus, Dewa Awal Tahun Sejarah Bermulanya Kalender Masehi


Namun banyak juga yang tidak menerapkan tahun baru pada tanggal 1 Januari, terutama setelah Romawi runtuh. Lho kok bisa beda-beda sih? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pertama kita harus mempelajari sejarah dari sisem kalender yang sekarang kita gunakan gansis. Mau tau sejarah lengkapnya? Langsung aja cekidot Jas Merah terbaru!

Dewa Janus, Dewa Awal Tahun Sejarah Bermulanya Kalender Masehi



emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rony25 dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.podcast
Halaman 1 dari 2
mklm aja penanggalan kaum pagan biasa berkait nama2 yg bekait orang dianggap imba emoticon-Big Grin
nama bintang juga enih

"i spy in the night sky don't i
phoebe, io, elara, leda, calisto
sinope, janus, ...


emoticon-Tepuk Tangan
J nya jgn dihapus bre emoticon-Bata (S)
Makanya bulan pertama namanya januari diambil dari kata janus emoticon-Leh Uga *cocoklogi
Hah dewa anus?
Janus Buswaydan
emoticon-Leh Uga
profile-picture
uncritz memberi reputasi
siapanya dewa jashin neh
profile-picture
profile-picture
Helm.Proyek dan omgwdf memberi reputasi
Janus Two Faces of Desire emoticon-Embarrassment
semua dr pagan
nitip
Quote:


Sodaranya Jasem...Janda Semok
profile-picture
grenademan24 memberi reputasi
wah wah .. jebul ada dewanya juga yaa. . hahaha.. ane kira ya cuman buat nama aja dengan kesepakatan... ilmu baru nih dari dewa janus yang akhirnya disebut dengan bulan Januarii....
hummm...kaitannya luar biasa yaakk.. buanyak banget.. hahaha..
kalau setahu ane ya gegara pakai perhitungan per perputaran bumi terhadap matahari.. hahahayy.. makanya pakai masehi.. wowkow..
ooh jadi awal nya dewa janus gan yg bikin bulan januari, mantap info sejarah nya gan emoticon-Angkat Beer
untung awalan nama dewanya huruf J, coba kalo g ada hmmmm....
Eke pikir tadi dari Juno (roman) alias Hera (greek) wkwkw
1 JANUARI TAHUN 1, kagak kebayang
dewa janus
bersemayam dalam anus
ahli mengendalikan banjir
Untung masih ada huruf J nya ya gan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di