CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1837404601cf79fb1a5152/inilah-alasannya--mengapa-lampu-kendaraan-motor-harus-hidup-pada-siang-hari

Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari

Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari

Selamat Siang Bre..

siapa yang lagi membaca berita hangat beberapa hari ini,terkait gugatan yang di layangkan oleh Kedua Mahasiswa Universitas Kristen Indonesia  Eliadi Hulu dan Ruben Saputra terkait dengan aturan yang mewajibkan setiap pengendara motor untuk menghidupkan lampu kendaraan tidak hanya pada malam hari namun juga pada saat siang hari.

keduanya lantas mengajukan gugatan terkait dengan aturan tersebut karena di rasa tidak adil dan tidal rasional,apalagi menurut keduanya pada saat mereka terkena pelanggaran tilang oleh kepolisian waktu masih menunjukan jam 09.00 wib yang belum masuk siang hari namun masih pagi hari.

gugatan resmi di layangkan dimana eliadu dan Ruben kompak mendatangi majelis konstitusi pada tanggal 7 januari 2020.

Selain itu sebenarnya menghidupkan lampu pada siang hari memiliki suatu hal positif bagi sang pengendara itu sendiri..cekidot bre,jangan lama-lama.

Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari

aturan untuk menghidupkan lampu pada siang hari hanya di wajibkan bagi pengendara roda dua saja sedangkan kendaraan seperti mobil dan sejenisnya tidak di berlakukan aturan kewajiban untuk menghidupkan lampu pada siang hari.

aturan tersebut mengapa hanya di berlakukan hanya untuk pengendara sepeda motor sebenarnya masih terkait dengan tingginya angka kecelakaan pengendara kendaraan bermotor di indonesia..dimana pengendara motor menempati peringkat satu yang rawan terkena kecelakaan saat sedang menempuh perjalanan.

ternyata menghidupkan lampu kendaraan bermotor pada siang hari dapat menekan angka kecelakaan sebesar 20 hingga 30 persen,bahkan Di kota Surabaya pelaksanaan kewajiban menghidupkan lampu kendaraan bermotor pada siang hari berhasil menekan angka kecelakaan hingga 50 persen.

itu di karenakan di saat kita berkendara dan sedang berhadapan dengan pengendara yang lain,maka pupil mata akan merespon dari cahaya kendaraan tersebut dan memerintahkan kepada otak agar lebih waspada,sehingga pengendara akan memperlambat bahkan merespon dari perintah otak yang di dapatkan dari perhatian pupil mata kita sebagai pengendara.


Sumber:https://www.100kpj.com/motonews/4798-motornya-ditilang-gegara-lampu-mahasiswa-hukum-uki-gugat-ke-mk

sumber:https://otomotif.okezone.com/read/2015/04/09/15/1131804/mengapa-menyalakan-lampu-motor-di-siang-hari-penting

sumber:https://oto.detik.com/motor/d-4289543/seberapa-penting-menyalakan-lampu-motor-di-siang-hari

Banyak yang menganggap aturan menghidupkan menghidupkan lampu merupakan sebuah aturan yang sia-sia..karena selain cahaya matahari yang terang  pada siang hari dan juga menghidupkan lampu motor terus menerus dapat membuat aki menjadi cepat habis,sehingga merugikan para pengendara bermotor.

meskipun aturan yang di buat sebenernya memberikan hal positif bagi keselamatan sang pengendar kendaraan bermotor tersebut.

Menghidupkan lampu pada siang hari atau di sebut juga Daytime Running Light(DRL)merupakan aturan yang sudah di keluarkan sejak tahun 2009,sejak berlakunya aturan tersebut produsen kendaraan bermotor sudah melengkapi setiap kendaraan bermotor dengan fitur Automatic Headlights On sehingga lampu kendaraan akan langsung menyala begitu kendaraan di hidupkan.

bagi yang terkenda denda aturan menghidupkan lampu pada siang hari di wajibkan membayar uang denda sebesar Rp 100.000 atau kurungan penjara selama 15 hari,berdasarkan pasal 293 ayat 2 UU no 22 tahun 2009.

menghidupkan lampu pada siang hari seperti yang saya singgung di atas dapat menekan angka kecelakaan 20 hingga 50 persen,sehingga berdampak positif terhadap pengendara itu sendiri.

sebenarnya aturan ini tidak hanya berlaku untuk indonesia namun juga sudah di terapkan di negara-negara maju seperti amerika serikat bahkan inggris.

Salam Kaskuser Breemoticon-Big Grin.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
Day.Walker dan 36 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 10
banyak yang sayang aki nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Day.Walker dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post Batawati
aki mahal breemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
seriyus dan dika_aja_cooL memberi reputasi
Bagi yg motornya ga nyala lampunya
Bisa ditilang kan yah

Inilah Alasannya Mengapa Lampu kendaraan Motor Harus Hidup Pada Siang Hari

emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
laksanardie dan 28 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Balasan post red-white
itu raja gan..jangan samakan dengan rakyat jelataemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uangkul dan 11 lainnya memberi reputasi
Lampu motor saia auto nyala klo ada pak pulisi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh efextiga
Lihat 3 balasan
Balasan post efextiga
itu auto manual gan..emoticon-Leh Uga
profile-picture
redrockz90 memberi reputasi
Begitu ya, alasan yang cukup masuk akal.
Lihat 1 balasan
kenapa lampu motor Pak Jokowi gak dinyalain? bisa dijelaskan secara netral?
profile-picture
profile-picture
bhalwie dan kelly.martin memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Balasan post menmax
iya breemoticon-Jempol
Balasan post EnzoMan
ane kurang tau bre..beneran,tapi sebenarnya tidak masalah juga bre enggak hidup..toh dia presidenyaemoticon-Leh Uga
profile-picture
arisentris. memberi reputasi
Balasan post EnzoMan
Quote:


Mungkin lupa emoticon-Ngakak
Balasan post red-white
Quote:

Emang ada yang berani menghalangi atau menghadang jalan dia? emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 4 lainnya memberi reputasi
Oh begitu ya gan alasannya.. nice info gan.. jujur aja selama ini ane juga masih bingung kenapa di siang bolong dengan sinar matahari yang bersinar terang masih diwajibkan untuk menyalakan lampu kendaraan.. walaupun masih belum paham ane yakin ini punya tujuan yang baik jadi ya tetep ikuti aturan saja, lagian lampu motor sekarang nggak bisa dimatiin ya gan jadi aman lah, nggak usah mikir udah dinyalain atau belum.
profile-picture
profile-picture
davidcormac dan arisentris. memberi reputasi
Lihat 3 balasan
kalo kata orang2 di kampung ane, ini konspirasi pabrik lampu, biar lampunya cepet rusak trus beli baru.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riyopw dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post cheria021
iya gan..emoticon-Jempol
Balasan post fukumen
dari segi bisnis ada benarnya juga breemoticon-Leh Uga
Sbnarnya paling berguna waktu hujan
Ane juga sering ditilang
ane juga mau demo sebenarnya
tapi apa daya ku tak kuasa
profile-picture
davidcormac memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post frstbdntr
agan di lindungin undang-undang gan..jadi gugat saja gan aturanya..yang pnting sesuai dengan jalurnyaemoticon-Jempol
profile-picture
davidcormac memberi reputasi
banyak yang protes mungkin karena mereka nggak tau dampak positif dan fakta penurunan angka kecelakaan ini emoticon-Jempol
Lihat 3 balasan
ane srg lupa nyalain lampu sing hr gan..untung kagak pernah kena tilang...emoticon-Wakaka emoticon-Cendol Gan
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di