CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Gejala – gejala ini Menandakan Mobil Sudah Waktunya Turun Mesin
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1821e0c8393a128f2390c0/gejala--gejala-ini-menandakan-mobil-sudah-waktunya-turun-mesin

Gejala – gejala ini Menandakan Mobil Sudah Waktunya Turun Mesin


Jenis perbaikan apa yang paling ditakuti para pengguna roda empat?

Yap, perbaikan yang paling ditakuti banyak orang adalah overhaul atau umumnya dikenal dengan turun mesin. Apabila sang mekanik udah menyarankan perbaikan ini, maka pemilik mobil otomatis akan kaget dan biasanya langsung ngecek dompet...emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka

Gejala – gejala ini Menandakan Mobil Sudah Waktunya Turun Mesin

Respon yang demikian mungkin wajar dialami ama pemilik mobil GanSis, soalnya turun mesin selain makan waktu yang lama, biaya yang dikeluarin juga gak sedikit GanSis, karena kemungkinan besar pemilik akan banyak ganti komponen mesin dengan yang baru. Tujuannya jelas untuk mengembalikan peforma mesin.

Tapi sebenarnya proses turun mesin ini dianjurkan sama pabrikan GanSis, supaya mobil selalu dalam kondisi yang prima. Anjuran dari pabrikan adalah tiap 150 riku kilometer. Wajar lah yah turun mesin kalau udah kilometer segitu.

Namun, angka diatas masih bisa lebih kecil loh, tergantung dari pemakaian si pemilik. Ada beberapa gejala yang membuat pemilik mobil harus mempertimbangkan untuk turun mesin atau tidak:

Keluar asap putih dari knalpot

Gejala – gejala ini Menandakan Mobil Sudah Waktunya Turun Mesin

Asap putih yang muncul dari knlapot mengindikasikan kalau ada masalah pada ruang bakar. Biasanya ini dikarenakan oli udah masuk ke dalam ruang bakar. Masuknya oli ke ruang bakar disebabkan oleh ring piston yang udah aus atau adanya baret pada boring piston. Kalau saran Ane sih, kalau kondisinya udah kayak gini, mending segera diperbaiki, selain dampaknya gak baik untuk mesin, ini juga bakalan nambah polusi...hihihi

Mesin pincang

Kondisi ini bisa dirasakan ketika peforma mesin mengalami penurunan, mesin brebet saat berakselerasi, suara mesin jadi aneh, penurunan rpm pada putaran mesin tinggi. Mesin pincang disebabkan oleh fungsi busi yang udah gak maksimal atau mengalami penurunan percikan api. Hal in karena adanya kerak yang numpuk akibat oli naik ampe busi.

Mesin sering panas

Gejala – gejala ini Menandakan Mobil Sudah Waktunya Turun Mesin

Suhu mesin yang sering panas umumnya dikarenakan adanya kerusakan pada sistem pendinginan. Namun mesin panas juga bisa disebabkan karena adanya kebocoran kompresi. Ini dikarenakan oleh packing kepala silinder yang udah getas. Kondisi ini akan menyebabkan air radiator terus berkurang karena masuk ke ruang bakar dan akhirnya membuat suhu mesin menjadi lebih panas bahkan bisa overheat.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
cor7 dan 9 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
untung mobil gue rutin di bengkelin gan, ntar sebelum turun mesin, gue jual aja emoticon-Ngakak
profile-picture
chaQcha86 memberi reputasi
waah kalo kendaraan udah divonis turun mesin emang biasanya langsung bikin lemes gan...

mau dijual gitu aja, gak bakal laku. kalo dibenerin, habisnya juga banyak emoticon-Cape d...
profile-picture
strangekl memberi reputasi
Lihat 1 balasan
solusi terbaiknya gimama ya gan klo mobil udah turun mesin, masa iya harus ganti mobil ?
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
ganti boil listerik emoticon-Embarrassment
Kalau udah ada indikasi akan turun mesin mending cepat di jual aja.

Kecuali memang siap menanggung segala resiko di masa yang akan datang. Siapkan dana yang lumayan banyak.
profile-picture
strangekl memberi reputasi
mobil ngebul... udh pasti itu
Harus rutin cek agar tidak menyusahkan disaat perjalanan jauh....dan bisa diatasi dengan segera kalau ada kerusakan.
Daripada turun mesin mending ganti BPKB.......
Yah bre mau turun mesin gimana ban mobilnya aja gk punyaemoticon-Mewek
Wah asap warna putih pertanda buruk ternyata...
emoticon-Bingung
profile-picture
agusn6778 memberi reputasi
Quote:


ketauan ngrokok...🙄
Ganti baru gan,
tapi ane sekarang kemana2 udah ga pake R4 lagi, lebih nyaman pakai R2 emoticon-Big Grin
bisa boncengin janda2 ganjen dari komplek sebelah emoticon-Leh Uga

Gejala – gejala ini Menandakan Mobil Sudah Waktunya Turun Mesin
profile-picture
omgwdf memberi reputasi
Diubah oleh fellgrey
Kalau gejala biar yakin naik mesin, gimana gan? emoticon-Request
dinaikin jangan diturunin ya akhi emoticon-Maaf Agan
Quote:


Bner gan hehe
Dari pada turun & OH, mending swap engine, dengan spek tertinggi di modelnya. Plug & play, lebih murah, performa top.
emoticon-Traveller
Lihat 2 balasan

kok gw jadi inget meme-nya amin richman jaman dulu ya... ban mobil kempes, langsung beli mobil baru emoticon-Big Grin

pasti ga bakalan sempet turun mesin tuh emoticon-Big Grin
Mobil ane udah muter 150 ribu km pantesan rada ngempos
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di