CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Lifestyle /
5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e16cd4c4601cf243f651909/5-penyebab-susah-tidur-di-malam-hari

5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Susah tidur di malam hari ??, hampir setiap orang pasti pernah mengalami masalah susah tidur. Gangguan tidur jika dibiarkan juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya, karena gangguan tidur akan menyebabkan kurangnya waktu istirahat untuk tubuh kita.

Sebagian besar orang dewasa memerlukan 7 hingga 9 jam semalam untuk jumlah tidur terbaik, meskipun beberapa orang mungkin membutuhkan sedikitnya 6 jam atau sebanyak 10 jam tidur setiap hari.

Oleh karena itu menjaga kualitas tidur kita sangatlah penting, lalu apa saja penyebab susah tidur di malam hari ??

5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

1. Jam tidur yang tidak konsisten

5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Jam tidur yang tidak konsisten akan mempengaruhi siklus tidur kita, sehingga durasi tidur kita juga tidak akan teratur. Jam tidur yang konsisten sangat penting agar kita terhindar dari masalah susah tidur di malam hari.

Jam tidur yang tidak teratur setiap malam akan mempengaruhi kondisi tubuh, karena tubuh tidak mendapatkan porsi untuk istirahat yang cukup dan teratur.

2. Terlalu banyak cahaya

5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Cahaya dapat menyebabkan kita susah tidur, karena cahaya dapat mempengaruhi produksi hormon melatonin dalam tubuh, hormon melatonin sangat penting karena dapat memberi tanda pada tubuh untuk segera tidur.

Hormon melatonin biasanya akan diproduksi tubuh pada saat gelap, atau di kondisi dengan sumber cahaya yang minim. Oleh karena itu cahaya dapat menjadi penyebab gangguan susah tidur yang kita alami.

Handphone, tv, serta berbagai macam gadget lainnya yang memiliki layar juga akan menjadi penyebab masalah susah tidur di malam hari.

3. Kafein

5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Suka minum kopi ??, kebiasaan tersebut dapat menjadi penyebab susah tidur, karena kopi mengandung kafein yang cukup tinggi.

Kafein dapat menambah konsentrasi, fokus, serta meningkatkan kerja jantung. Tentu hal tersebut dapat menghambat proses tidur kita, kandungan kafein juga dapat bertahan di dalam tubuh selama 5 jam.

Kandungan kafein tidak hanya terdapat pada kopi, kafein juga terdapat pada teh, obat-obatan, serta 'energy drink'.

4. Stress

5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Banyak pikiran atau bahkan cenderung stress akan menjadi faktor yang menyebabkan gangguan susah tidur, berbagai macam permasalahan hidup dapat memicu stress bahkan hingga depresi.

Semakin tinggi tingkat stress seseorang akan membuat orang tersebut semakin susah untuk tidur di malam hari.

5. Tempat tidur

5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

Keadaan tempat tidur yang kurang bersih dan rapi juga dapat menjadi penyebab susah tidur, bagi sebagian orang kebersihan tempat tidur akan mempengaruhi kenyamanan tidur mereka.

Bukan hanya tempat tidur, sebaiknya badan juga dalam keadaan bersih agar tidur bisa lebih nyaman dan nyenyak.

Lingkungan atau tempat tidur yang nyaman akan meminimalkan gangguan ketika kita sedang tidur, sehingga kualitas tidur akan menjadi lebih baik lagi.

Jangan remehkan jika mengalami masalah atau gangguan yang menyebabkan susah tidur, apalagi jika hal tersebut dialami setiap hari.

Susah tidur akan mengakibatkan gangguan kesehatan, atau bisa juga menjadi indikasi kesehatan yang sedang bermasalah.


Selamat Tidur agan sekalian emoticon-Betty

SUMBER INFO
profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh itsekae
Halaman 1 dari 5
ane sih jarang sulit tidur.. kalo udah capek mah mesti bakal tdr jugaa hehe
terlalu banyak cahaya? lah ane gabisa tidur kalo gelap emoticon-Frown
betul ane setuju, kondisi tertekan kdng bikin orang susah tidur... jadi banyak mikir pas udah siap di kasur, to gak merem2
ane pernah mau tidur minum kopi, tapi malah tetep aja tidur pas kopinya abis 🤦
Quote:


Bener bgt, kadang jg bingung mau gimana lagi pas lg tertekan. Padahal kitanya jg harus tidur
Quote:


Sama sis ane juga, kalo gelap tu rasanya engap
Quote:


Ada yang nyaranin nulis jurnal, dengerin musik, atau nyalain lilin aroma terapy
profile-picture
roamingdata memberi reputasi
Quote:


Mksh infonya
Kalo ane pas lagi banyak yang dipikirin, tidur sih bisa cuma bangun-bangun pusing soalnya selama tidur otak ane kayak yang gak bisa berhenti mikir sampe kebawa mimpi.
Selain ke 5 faktor diatas ada..

6. Henpon


Niat mau tidur jam 11 pegang henpon swipe-swipe stories gak berasa udah jam 2 emoticon-Hammer (S)
ane tuh susah tidur.. tapi sekalinya bisa tidur bakal ga bangun bangun gimana dah tuh
Quote:


ini juga nih malah ane pernah ga sadar tau tau udah subuh ajeeee buset dah
Quote:


kalau lagi banyak pikiran emang rasanya mata merem tapi gabisa lelap ya....
kondisi twrtekan, malah mo nya tdr mulu gan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
wadiwaw
Quote:


Sma gan ketemu bantal langsng merem ya emoticon-Ngakak
Quote:


Kebalikan ya berarti 😁
profile-picture
lalalay memberi reputasi
tetep aja tuh ane kalo kamar udah gelap tetep gabisa tidurrr emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di