CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Malaysia Diam-diam Geser Patok Perbatasan saat Indo-Cina Memanas? Ini Faktanya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e159bf982d495347436b264/malaysia-diam-diam-geser-patok-perbatasan-saat-indo-cina-memanas-ini-faktanya

Malaysia Diam-diam Geser Patok Perbatasan saat Indo-Cina Memanas? Ini Faktanya!

Quote:


Konflik di perairan Natuna antara Indonesia dengan Cina kini semakin memanas. Bahkan di media sosial isu tersebut ikut menyeret Malaysia dalam polemik ini. Beredar informasi yang menyatakan bahwa Malaysia secara diam-diam menggeser patok perbatasan Indonesia hingga 1 kilometer saat konflik Indonesia dan Cina di perairan Natuna mencuat. Narasi tersebut dibagikan oleh pengguna Facebook bernama “Mblo On” pada Senin, 6 Januari 2020. Dalam narasinya, pengguna Facebook tersebut mengunggah tangkapan layar yang memuat gambar karakter kartun Tom disertai gambar bendera Malaysia di bagian pojok kiri atas. Selain itu, dalam caption-nya juga tertulis: “Hehe… Gak sengaja slurr”.

Malaysia Diam-diam Geser Patok Perbatasan saat Indo-Cina Memanas? Ini Faktanya!


Sontak, narasi tersebut menjadi perdebatan warganet. Hingga kini, unggahan pengguna Facebook tersebut telah direspon lebih dari 8 ribu kali, dikomentari lebih dari seribu kali, dan dibagikan lebih dari 500 kali.

Lantas benarkah Malaysia memang menggeser patok perbatasan Indonesia hingga 1 kilometer disaat ketegangan antara Indonesia dan Cina memanas? Kali ini Hansip Hoax akan membeberkan fakta terkait narasi tersebut!


PEMERIKSAAN FAKTA
Melansir dari fakta-fakta yang Hansip Hoax temui dari Tempo.co, didapatkan informasi bahwa pemberitaan terkait hal tersebut sebenarnya sudah pernah dipublikasikan oleh media arus utama pada Maret 2019 lalu. Salah satu situs yang mengangkat pemberitaan terkait isu tersebut adalah Antaranews.com. Artikel yang dimuat oleh Antaranews.com menjelaskan bahwa bergesernya patok perbatasan antara Indonesia dan Malaysia itu terjadi di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, tepatnya di Desa Ajikuning, Kecamatan Sebatik Tengah.

Saat itu menurut Asisten Intelijen Komando Armada Timur II, Kolonel Laut Jatiar Sinaga, patok perbatasan di Desa Ajikuning itu seharusnya berdiri pada koordinat 4.10 derajat. Namun, setelah ditelusuri, patok perbatasan itu berada 1 kilometer di dalam wilayah NKRI.

Jatiar menyatakan, saat menyusuri jalur sungai Desa Ajikuning, timnya dikabarkan masuk di wilayah kedaulatan Malaysia. Padahal, jika merunut pada titik koordinat yang sebenarnya, patok perbatasan tersebut berdiri di sebelah sungai itu.

Menurut Jatiar, fakta yang ditemukan di lapangan soal patok perbatasan ini pun akan dilaporkan kepada pimpinannya dan pemerintah Indonesia. Tujuannya, agar dapat diselesaikan bersama demi kedaulatan NKRI.

Polemik mengenai hal tersebut memang sudah berlangsung selama bertahun-tahun. Maka dari itu, untuk menyelesaikan polemik yang terjadi, pada 14 Juli 2019 dilakukan upaya pengukuran, pengecekan, serta pemetaan batas kedua negara untuk menentukan batas terbaru oleh Badan Informasi Geospasial Indonesia bersama lembaga Jabatan Ukur dan Pemetaan Malaysia.

Pengecekan yang berlangsung selama tiga hari tersebut dimulai dari patok di wilayah timur hingga barat Pulau Sebatik dengan melewati 10 patok kelanjutan dari program nasional dari Direktorat Topografi Mabes TNI.


KESIMPULAN
Berdasarkan fakta-fakta yang Hansip Hoax himpun, dapat disimpulkan bahwa narasi dari pengguna Facebook bernama “Mblo On” yang menyebut bahwa Malaysia secara diam-diam menggeser patok perbatasan Indonesia hingga 1 kilometer saat ketegangan Indonesia dan Cina memanas merupakan informasi yang menyesatkan alias hoax.

Kenyataannya, bergesernya patok perbatasan antara Indonesia dan Malaysia hingga 1 kilometer tersebut terjadi pada Maret 2019. Dan, hal tersebut terjadi sebelum adanya polemik manuver kapal Cina di perairan Natuna pada akhir Desember 2019 kemarin.


Sebarkan ya informasi klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian agar terhindar dari hoax yang menyesatkan.


SUMBER
Tempo.co
profile-picture
profile-picture
profile-picture
etaslim dan 31 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gunthoer dan 6 lainnya memberi reputasi
Kenyataannya, bergesernya patok perbatasan antara Indonesia dan Malaysia hingga 1 kilometer tersebut terjadi pada Maret 2019. Dan, hal tersebut terjadi sebelum adanya polemik manuver kapal Cina di perairan Natuna pada akhir Desember 2019 kemarin.


lalu dibiarkan ? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mindhaze dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
golongan penebar kebencian mulai beraksi....

gak hoax gak makan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mindhaze dan 6 lainnya memberi reputasi
2020 masih ngehoax? Purba bangetemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
ustad lagi mantau malingsia..... emoticon-2 Jempol
Malaysia Diam-diam Geser Patok Perbatasan saat Indo-Cina Memanas? Ini Faktanya!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
seriyus dan 5 lainnya memberi reputasi
Kadrun2 disini mah akan selalu memuja malon
Tokoh2 Radikal2 di indonesia kan didikan malon semua
Abu bakar ba'asyir, rizieq syihab, dll itu ada rekam jejak bermukim/sekolah di malon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pitaksemprul dan 4 lainnya memberi reputasi
coba cek border Indo - PNG di Skouw via gmaps...
entah kesalahan di gmaps atau nggak, kayaknya malah Indo yg masuk ke perbatasan PNG tuh, bikin gerbang dan mercu suar berbendera Indo di wilayah PNG emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Begitulah kesimpulannya
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan rizaradri memberi reputasi
Teurs kelanjutannya? ,diemin aja?

Terus malingsial pers, bahwa itu digeser oleh angin dan ombak yang kencang emoticon-Ngakak

Emang kalo maling banyak banget alibinya.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan rizaradri memberi reputasi
Diubah oleh trangganu
gaada otak emang hmmm
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan rizaradri memberi reputasi
wuih tangkap2in aja ini penyebar hoax
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trans8 dan 2 lainnya memberi reputasi
semoga bisa diselesaikan dengan damai... tanpa ada perang fisik
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan rizaradri memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
sialan itu penyebar hoax.
neraka tempatmu!
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan rizaradri memberi reputasi
negara malingsia adalah negara yang xkgxlhxfzdhzk fjzd





Kangen vu Susi sebagai menteri
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh ayosholat
aja aja ada dah ni wkkwkkw
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
patok pembatas itu yg paling penting ordinatnya udah tercantum dalam peta internasional . mau fisiknya di geser pasti bakalan ketauan pas patroli (sendiri maupun bersama mereka). jaman sekarang jaman remote sensing.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Sebenarnya batas Indonesia bukan cuma sekilo bergeser, kalau di Kalbar ada yang lebih dari sekilo. Bandingkan peta militer tahun 46 punya universitas Texas dengan peta sekarang jauh meleset
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh eckosz
paling golongan oscar oasis
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
kolonel Dragon....jadi inget si nganu yg lagi heboh
emoticon-Leh Uga
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di