CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Sejarah Motor 250 4 Silinder Era 90an, Mesinnya Buas-Buas Semua
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e154cee0577a927b50b131e/sejarah-motor-250-4-silinder-era-90an-mesinnya-buas-buas-semua

Sejarah Motor 250 4 Silinder Era 90an, Mesinnya Buas-Buas Semua

Belum lama ini Kawasaki memperkenalkan model motor terbaru mereka bernama Kawasaki ZX25R. Motor ini sukses menggemparkan segmen otomotif roda dua, khususnya para pencinta motor sport penyuka akselerasi.

Bagaimana tidak, saat ini Kawasaki masih sendirian bermain di kelas motor sport 250cc bermesin 4 silinder. Mereka berani tampil advance untuk mempersembahkan kepuasan terhadap konsumen yang bosan dengan segmen motor sport 250cc begitu-begitu aja.

Kalau dibilang pioneer, dulu semua pabrikan Jepang juga sudah pernah memproduksi motor sport 250cc bermesin 4 silinder. Jadi kalau dibilang pertama didunia pun juga tidak…nah disini kita akan membahas jajaran motor 250cc 4 silinder yang sempat eksis di tahun 80an akhir sampai 90an awal.

1. Honda CBR250RR

Sejarah Motor 250 4 Silinder Era 90an, Mesinnya Buas-Buas Semua


Motor yang kita maksud kali ini bukan Honda CBR250RR 2 silinder ya, tapi motor yang diproduksi tahun 1988 ini sudah menggunakan konfigurasi mesin 4 silinder inline.

Pertama kali meluncur, motor ini cukup istimewa karena saat itu Honda telah menggunakan rangka model twinspar parimeter berbahan alumunium. Karena pakai konfigurasi 4 silinder inline, maka raungan mesin dapat berteriak sampai 19.000rpm, dan tenaga yang dapat dihasilkan sebesar 45hp. Gokilnya adalah bobot Honda CBR250RR ini cuma 143kg aja loh.

2. Yamaha FZR25R

Sejarah Motor 250 4 Silinder Era 90an, Mesinnya Buas-Buas Semua

Dari kubu Yamaha gak mau kalah, mereka juga menghadirkan motor sekelas bernama FZR250R yang memiliki selogan “Pure Sport”. Yamaha sengaja membikin motor ini memang untuk menggempur pasar Honda CBR250RR, untuk model mesin FZR250 dapat meraung sampai 18.000rpm sedangkan untuk tipe “R” ini punya limiter lebih besar mencapai 19.000rpm. Yamaha menggunakan teknologi silinder rods lebih pendek 2 mm serta lebih ringan 2,7 kg. Power yang dihasilkan sama yakni 45hp namun bobotnya lebih ringan dari Honda CBR250RR yakni 141kg.

3. Suzuki GSX R250

Sejarah Motor 250 4 Silinder Era 90an, Mesinnya Buas-Buas Semua

Tidak mau kalah dengan dua pabrikan diatas, Suzuki juga ikut meramaikan pasar segmen 250cc 4 silinder dengan motornya bernama Suzuki GSX R250. Ternyata secara spec motor ini jauh lebih unggul dari kedua motor diatas. Mesin 4 silinder 16 katup tersebut dapat melengking sampai 20.000rpm akibat penggunaan bore 49mm dan stroke yang sangat pendek yakni 33mm. Power yang diklaim sama yakni 45hp namun bobotnya jauh lebih ringan yakni mencapai 138kg saja. Kalau urutan PWR motor ini rajanya deh.

4. Kawasaki ZXR25

Sejarah Motor 250 4 Silinder Era 90an, Mesinnya Buas-Buas Semua


Inilah nenek moyang dari ZX25R yang kemarin dirilis, saat itu motor ini sudah paling advance dimana shock depan menggunakan model upside down, dual disc berukuran sangat besar, dan pada tipe ZXR-25R mempunyai mesin yang dapat melengking sampai 18 ribu rpm. Namun Kawasaki juga menghadirkan varian paling tinggi yakni SP dimana memiliki limiter raungan mesin mencapai 21.000rpm. Kala itu motor ini dinobatkan sebagai motor dengan lengkingan mesin tertinggi dikelasnya, dan power yang diklaim sebesar 45-46hp dengan bobot 141kg.

Referensi : iwanbanaran.com(5/1/2020).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azizaachmed7x dan 25 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
keren
kalo bener 250cc 4 silinder inline dijual, bisa lebih dari 80jt harga jualnya
profile-picture
overclockerr memberi reputasi
Quote:


100 juta keknya gan kalo menurut ane karna biaya mesin 4 silinder lebih jauh mahal dari pada 2 silinder dan juga 1 silinder bahkan riset untuk "DURABILITY" motor 4 silinder harus di hitung dengan cermat supaya kuat
inget 4 tak 4 cilinder 250 cc jadi inget lawanya 2 tak 250 cc yang ga kalah kenceng
Lihat 2 balasan
Yang buas memang ganas di ranjang, eh di jalanan. emoticon-Matabelo
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
Yang Ninja tuh gilak kali.

Bisa sampe 21 ribu emoticon-Cool

Dan dibandingin sama Ninja 2 cyl dan mono masih ringangan ini.
Tapi dekat stang nya itu ada semacam belalai emoticon-Big Grin
Diubah oleh punin
Ayo test lawan ane emoticon-army

Sejarah Motor 250 4 Silinder Era 90an, Mesinnya Buas-Buas Semua





Bata plzzz emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
piaupiaupiau dan 26 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh androidiot
Lampu burung hantu lejen
pasti ngacir nih bensinnya emoticon-Hammer
Suzuki burhan lahh gannn emoticon-Cool
ntu yang kenalpot nye berasep semua ye
baru tau ane moge sekrang, nenek moyangnya itu-itu. Kawasaki paling oke menurut ane sejak dulu. .
cakep bentuk nya... jd pengen
jd pengen moge emoticon-Malu
motornya andy lau buat ngajak janda jalan2 cocok tuh dulu emoticon-Big Grin

Sejarah Motor 250 4 Silinder Era 90an, Mesinnya Buas-Buas Semua
kalo sepeda motor yg CKD indonesia sejak juli 1978 ampe 1999 (berdasar aturan ditjen logam dasar depperin-ri) dah kagak ada lg yg kapasitas mesin diatas 200cc. terakhir yamaha gt380
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan ijobanter memberi reputasi
satria f cbu thailand ga ada breh wkwk
Mantap
profile-picture
castroian memberi reputasi
Sejarah Motor 250 4 Silinder Era 90an, Mesinnya Buas-Buas Semua
Dr motor tsb di atas, di era 80-90 an, dan apabila motornya masih ada di jalanan sekarang, maka urutan dari segi penampilan bisa di bilang sbb:
1. Kawasaki (modelnya udah kekinian)
2. Honda (masih ok)
3. Suzuki (udah mulai keliatan aneh)
4. Yamaha (ga mashook blas. Cupu bgt, kotak2 gmn gt) emoticon-Ngakak
profile-picture
overclockerr memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di