CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / ... / MotoGP /
Penyebab BMW Motorrad Tidak Tertarik Ikut MotoGP
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e13713909b5ca6e2b0773a0/penyebab-bmw-motorrad-tidak-tertarik-ikut-motogp

Penyebab BMW Motorrad Tidak Tertarik Ikut MotoGP

Penyebab BMW Motorrad Tidak Tertarik Ikut MotoGP
BMW WSBK

Penulis Gilang Satria | Editor Azwar Ferdian JEREZ, KOMPAS.com - MotoGP merupakan balapan roda dua paling bergensi di dunia. Namun tak semua produsen sepeda motor tertarik terjun balapan di sana, seperti yang diungkapkan BMW Motorrad.

CEO BMW Motorrad Markus Schramm, mengatakan, merek asal Jerman itu merasa MotoGP tidak cocok dengan target yang dikejar perusahaan, kerenanya BMW lebih memilih balapan di ajang WSBK.

"Di WSBK ada sinergi teknis yang lebih kuat dibandingkan MotoGP. Saya pikir efek yang kami cari tidak maksimal di MotoGP, sayang jika kami harus masuk ke sana," katanya kepada Motorsport.com, dikutip Selasa (31/12/2019).

Penyebab BMW Motorrad Tidak Tertarik Ikut MotoGP
MotoGP membutuhkan dana 10 kali lipat dibanding WSBK.(Speedweek.com)

Alasan paling dasar ialah WSBK merupakan balapan produk massal bukan motor prototipe seperti MotoGP. balapan motor produksian jadi ajang pembuktian motor yang akan dijual di jalan raya.


Latar belakang ini pun pernah diungkap oleh Kawasaki yang mengatakan belum tertarik terjun ke MotoGP. Bahkan ''geng hijau'' sangat fokus di WSBK dan terbukti berhasil membawa pebalapnya juara dunia WSBK.

Penyebabnya balapan MotoGP sangat menguras pendapatan perusahaan. Semua yang ada di MotoGP dibikin khusus dan tidak dijual. Riset dan pengembangannya pun membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

"Saya mempertanyakan saat kami harus kembali ke WSBK karena itu benar-benar jelas. Karena motorsport adalah bagian dari DNA BMW. Itu sebabnya kami ikut untuk mewakili merek kami," katanya.

"Bagi kami, balap motor produksi dan Kejuaraan Dunia Superbike jelas merupakan fokusnya," kata Markus.

BMW juga sebetulnya baru kembali ke WSBS setelah lama absen. BMW hadir kembali pada 2013, dan Markus mengatakan pihaknya berkomitmen hadir untuk jangka waktu panjang di WSBK sebagai pemenang.

SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
overclockerr dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
ohh ternyata itu alesannyaa.. masuk akal sihh.. apalagi bmw motorrad secara diatas kertas kalah saing ama honda dan yamaha.. apalagi dr segi motor komersil pun pabrikan jepang masih mendominasi.. jd bmw mungkin sadar diri lah yaa.. ningkatin penjualan di motor komersil dulu dgn ikut wsbk
profile-picture
agusn6778 memberi reputasi
MotoGP itu tunggangan para raja.

BMW raja ???

Tiap sesuatu pasti bagus dalam satu hal
emoticon-Shakehand2
bahaya mengancam
Lihat 1 balasan
iya emang motor GP itu khusus banyak teknologi yg dipake dan gak diterapkan di motor untuk jalan raya...
Moto gp lebih ke benchmarking, wsbk ke segmented produk khusus.
emoticon-Wow emoticon-Wow
berharap bmw masuk motogp, bersaing sama motor2 lain
profile-picture
jasakurirjkt memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
biaya risetnya juga g main2 harganya
Emang bener sih kalo bmw mau-nya di wsbk karna untuk membuktikan produknya layak buat racing dan juga buat umum di jalan raya sama halnya dengan kawasaki yang berhenti mengikuti motogp untuk lebih fokus ke WSBK dengan motor produksi masal bukan prototipe.
Balasan post aldimetalsluger
Quote:


kok bahaya mengancam ? lol
sayang yaaa... padahal kayanyaaa bagusss yeee kan...
Boleh gak kalo ane bilang pabrikan kawasaki sama bmw ogah ngeluarin biaya besar buat motogp dan level insinyur2 nya masih dibawah level insinyur2 pabrikan motor yang ikutan motogp.
Lihat 4 balasan
Alesannya cuma satu...budget.
Bmw ikutan semuanya auto minggir kali ya wkwk
ah di WSBK aja BMW boncos kok, ketinggalan jauh sama Kawasaki - Ducati - Yamaha.. Honda mulai 2020 juga kembali serius, HRC sendiri yg turun tangan n demi WSBK mereka bikin CBR1000RR-R. apa ntar gak semakin ketinggalan itu BMW? bisa2 mereka ikut gulung tikar kayak Suzuki, Aprilia, n MV Agusta di beberapa tahun terakhir.
Balasan post gimanague
Quote:


Money talks bro.. mau gimanapun Honda punya resource paling besar, dan fokus juga penting. Secara level engineering Kawasaki juga bagus koq. Buktinya di WSBK selalu juara, lah Honda CBR aja keok lawan ZX10R di WSBK. Padahal gw udah bilang Honda lebih tajir?

Ya resource dan fokus.. gw sendiri pake Ninja 250 buat harian, dan udah 6 taun lebih motor nya masih bagus kayak baru, awet bandel.. Buat konsumen mah itu yang paling penting, kualitas produk harian.

Ora ngurus motor marqez, motor rossi.. lha motor yang bisa kita beli dari dealer honda/yamaha juga bukan replika motogp toh?
Balasan post gimanague
@thejazzluvr Justru kalo buat ane dana bukanlah masalah yang utama, tapi masalah gengsi yang dipertaruhkan disini, gengsi sebagai pabrikan pembuat motor yang mampu membuat motor replika.
Pihak pabrikan abis-abisan mengeluarkan segala sumber daya baik dana dan kemampuan SDM-nya demi menciptakan sebuah motor hebat, motor canggih sekaligus motor super mahal untuk jadi motor pemenang di ajang motogp dengan harapan selain menaikan gengsi / pamor merk juga menumbuhkan rasa bangga di setiap hati konsumennya bahwa merk kendaraan yang dipakainya mampu menciptakan motor balap canggih untuk mengikuti ajang balap motor paling bergengsi.
Kalo ngomongin WSBK sih kaya ngomongin ajang road race di indo, produk masal yang diset up buat balap jadi buat ane pribadi sih gak luar biasa banget, pernah kepikiran gak bro kalo pabrikan unggulan kaya honda, yamaha, suzuki atau ducati juga punya dept. khusus yang fokus di WSBK.....apakah kawasaki akan masih tetap berjaya di ajang WSBK..?
Motor ane sehari-hari cuma honda jadul bukan kawasaki ninja tapi setiap ane pake ane selalu ngerasa bangga bahwa merk motor yang ane pake ini sudah mau berjuang mati-matian dari mulai menciptakan motor balap hingga memenangkan moto gp dengan tujuan salah satunya yaitu membuat konsumennya bangga.
"It's Just My Opinion", salam Two Wheel Forever...
Balasan post gimanague
Quote:


Hehehe ya makanya saya bilang juga ada faktor FOKUS.. apakah ada "perjanjian" dimana WSBK jadi ajang mainan Kawasaki sehingga Honda Yamaha Suzuki sekarang fokus ke motoGP? Saya gak denial koq, kalo Honda Suzuki Yamaha punya fokus ke WSBK, amat sangat mungkin Kawasaki juga habis tak berkutik.

Tapi kenyataannya tidak demikian.

Buat saya namanya juga motor harian sih bro, asal berkualitas bandel dan reliable, masalah si merk ikutan motoGP atau sticker yang nempel di motor tidak masalah. Mau diapain juga Ninja 250 saya gabakal sekenceng ZX10 di WSBK, atau Yamaha M1 di motoGP.

Oke gan.. let's agree to disagree.. hanya perbedaan cara pandang. emoticon-shakehand
Balasan post gimanague
@thejazzluvr Mantap bro....keep on riding we're all brother
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di