CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Mobil Berenang ? Segera Bawa Ke Salon Mobil sebelum menyesal
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e131484337f937cf20fda2f/mobil-berenang--segera-bawa-ke-salon-mobil-sebelum-menyesal

Mobil Berenang ? Segera Bawa Ke Salon Mobil sebelum menyesal


Awal tahun 2020 diawali dengan Banjir yang cukup hebat di daerah jakarta dan sekitarnya. Banjir tersebut disebabkan karena tingginya curah hujan dan kurangnya resapan air di Jakarta. Banjir tahun ini adalah banjir yang cukup besar untuk wilayah jakarta dan sekitarnya. Hingga hari kamis tanggal 2 Januari 2020 ada beberapa titik yang masih banjir diantaranya:
>Km 4-5 Tol Kedoya
>Kelapa Gading
>Kebon Baru
>Underpass Cawang
>Jemb layang Lapangan Tebet

Berdasarkan pertanggal 2 Januari data dari BNPB ada sekitar 4 Kecamatan dan 7 Kelurahan yang masih terendam air banjir.
Mobil Berenang ? Segera Bawa Ke Salon Mobil sebelum menyesal

Kerugian akibat banjir
Setiap musibah tentunya menyebabkan kerugian baik secara material dan immaterial. Banyak dari mereka yang harus merelakan barang kesayangannya rusak/hilang bahkan nyawa. Tidak sedikit pula usaha yang harus mengalami kerugian karena kegiatan operasional mereka harus terhenti. Potensi Kerugian atas berhentinya operasional yang disebabkan oleh banjir di jabodetabek diperkirakan mencapai 12 Triliun.
Angka tersebut belum termasuk angka perbaikan yang diperlukan untuk memulihkan kondisi jakarta dan memperbaiki aset pribadi yang rusak. Peralatan Elektronik, Furnitur, Rumah, dan tidak sedikit mobil yang belum sempat terevakuasi.

Dampak yang terjadi pada exterior dan interior mobil
Dalam kesempatan ini saya akan sedikit menjelaskan tindakan yang harus dilakukan jika mobil anda terendam banjir. Terutama dampak yang akan terjadi pada exterior dan interior Mobil anda jika sampai salah penanganan.
Kita tidak mungkin mengetahui secara pasti kandungan air banjir yang merendam mobil kita, selain berpengaruh terhadap mesin hal itu tentunya berpengaruh terhadap Exterior dan Interior mobil anda. Jika mobil anda terendam banjir apalagi dalam waktu yang cukup lama mobil anda akan beresiko menjadi mudah berkarat dan keropos. Dalam hal ini selain memastikan mesin mobil yang terendam tidak mengalami masalah, kita harus memastikan penanganan mobil kita sudah benar. Berikut cara penanganan mobil untuk exterior dan interior yang sudah terendam banjir:

Exterior
Banjir jakarta merusak banyak mobil baik mesin ataupun non mesin. Berikut adalah tindakan pembersihan yang harus dilakukan jika mobil anda ingin menyelamatkan tampilan mobil anda.

>Siram Mobil anda dengan tekanan air yang tidak terlalu kencang
>Bersihkan lumpur-lumpur yang tebal dengan hati-hati dalam kondisi basah agar dapat menimalisir goresan halus
>Setelah lumpur yang tebal terangkat, bersihkan sisa-sisa yang menempel dengan menggunakan shampoo khusus mobil
>Setelah semua lumpur terangkat siram ulang semua bagian exterior mobil anda dan bersihkan ulang secara menyeluruh dengan menggunakan shampoo mobil.
Bilas dan segera lap kering mobil anda, jangan biarkan mobil anda kering karena terjemur dan sangat tidak disarankan mencuci dibawah terik matahari langsung karena hal ini dapat menyebabkan watermark

 Interior
Untuk interior sebetulnya sangat disarankan untuk membawanya ke bengkel / salon mobil profesional karena dalam interior untuk beberapa jenis mobil banyak sensor-sensor yang mudah rusak jika anda salah handling, namun jika anda ingin mencobanya sendiri berikut beberapa cara membersihkan interior:

>Buka Semua Jok Mobil anda dan jika mobil anda menggukan sarung jok tambahan anda harus memastikan sarung jok tersebut sudah dibuka.
>Cuci Jok dan sarung jok mobil anda dengan menggunakan sabun yang tidak merusak bahan jok anda, lalu jemur sampai kering.
>Buka Semua doortrim pintu mobil anda, karena bukan tidak mungkin ada kotoran yang terbawa sampai ke dalam doortrim mobil lalu bersihkan bagian-bagian tersebut menggunakan sabun khusus untuk interior (jangan samakan dengan sabun yang digunakan untuk mencuci exterior) karena jika menggunakan sabun yang sama khawatir akan menyebabkan warnanya menjadi kusam (dalamjangka panjang).
>Buka karpet dasar karena biasanya masih banyak genangan air di bawah karpet dasar. Jika hal ini tidak dilakukan dampak yang akan terjadi mobil akan bau apek dan lantai mobil bisa karatan dan keropos.

Semua pembersihan diatas sangat disarankan dilakukan oleh salon mobil yang profesional karena terutama pada bagian interior, karena dikhawatirkan karena kesalahan minor dalam proses pembongkaran ada sensor yang rusak karena salah penanganan. Dalam Hal ini salah satu workshop yang disarankan adalah SCUTO Kelapa Gading. Banjir Jakarta adalah musibah untuk kita semua, pedulilah pada lingkungan kita.

SUMBER

emoticon-Menang



emoticon-Menang emoticon-Menang
profile-picture
jokoariyanto memberi reputasi
Diubah oleh marwan666
Selain banjir adalah musibah, banjir adalah anugerah buat para pemilik salon mobil. Karena pastinya banyak orderan yang masuk ya guys
Lihat 2 balasan
Quote:


emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Balasan post marwan666
Quote:


Kenapa ganemoticon-Bingung
Balasan post jokoariyanto
Antrian panjang
Balasan post 7star
@7star emang yang tempat salon mobil cuma 1 doang?emoticon-Bingung
memang harus mendapat perawatan lebih dan segera jika habis tergenang banjir gan
klo udah kerendem banjir ya lebih dibawa ke salon mobil pro, biar penanganannya tepat. dan harus siap2 rogeh kocek lumayan tuh gan..
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Quote:


Banyak sih gan. Cuma kalo salah handling bisa repot. Apalagi kalo mobil eropa / mobil midle-up. Elektroniknya yg bikin puyeng
emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Balasan post marwan666
Quote:


Sok tau loe tong
Quote:


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:


Setubuh eh setujuh gan
benerr... abis kena banjirrr bawa ke salon ye gannnn...
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
salon mobil dan bengkel mobil juga ikut kebanjiran (pelanggan)


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di