CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Akibat motor tidak segera dicuci ketika sering terkena air hujan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e116a17f4d69536c217de92/akibat-motor-tidak-segera-dicuci-ketika-sering-terkena-air-hujan

Akibat motor tidak segera dicuci ketika sering terkena air hujan

Tahun baru disambut dengan hujan deras yang menyebabkan banjir bandang dibeberapa tempat di jabodetabek tapi yang paling parah terkena dampak banjir di bekasi. Tau ngga efek buruk air hujan terhadap motor kesayangan gansis?

kampas rem bermasalah

Akibat motor tidak segera dicuci ketika sering terkena air hujan
Motor yang terkena hujan, tidak hanya berdampak pada fisiknya aja tapi juga beberapa komponennya. Salah satunya adalah kampas rem. Komponen tersebut akan menimbun kotoran setelah terkena air hujan. Kalau kotoran tersebut tidak segera dibersihkan, akan menimbulkan suara decitan ketika roda motor berputar. Selain itu ada hal lain lagi nih yaitu rem bisa cepat mengalami yang namanya keausan. Hal tersebut bisa terjadi lantaran kotoran bisa menggores piringan cakram. Hmm.. pasti kalian enggak mau kan ini terjadi dengan motor gansis?

Mesin tidak akan bisa melepaskan panas secara normal

Akibat motor tidak segera dicuci ketika sering terkena air hujan

Dampak kedua yang akan diterima kalau enggak segera mencuci motor setelah hujan adalah mesin tidak akan bisa melepaskan panas secara normal. Kenapa begitu? Sebab, kotoran yang dibuat oleh air hujan menempel di beberapa bagian motor. Kemudian, performa mesin juga akan mengalami penurunan lho kalau kotoran sudah mengendap di radiator. Nah, kalau sudah begitu bisa-bisa motor menjadi overheat atau panas yang berlebihan. 

suspensi motor akan mengalamai kerusakan

Akibat motor tidak segera dicuci ketika sering terkena air hujan

komponen lainnya yang akan terkena dampak buruk adalah suspensi motor. Jika suspensi tidak segera dibersihkan dari percikan air hujan, bisa-bisa akan terjadi yang namanya suara decitan yang sangat tidak enak untuk didengarkan. Hal tersebut bisa terjadi lantaran pelumas biasanya akan turut larut bersama air hujan. Sehingga sebisa mungkin, motor harus dilap terlebih dahulu kalau tidak memungkinkan mencuci pada saat itu. 

komponen yang dilindungi karet seal
Akibat motor tidak segera dicuci ketika sering terkena air hujan

Pada motor, banyak komponen yang dilindungi oleh karet seal. Nah, bagian-bagian tersebut rawan sekali rusak jika sudah terkena air hujan. Apalagi karet seal yang ada pada tromol atau pelek, efeknya bisa membuat karat pada bearing atau bantalan. Karat tersebut jika dibiarkan terus menerus akan menimbulkan kerusakan. Sementara itu, karet seal pada sokbreker akan mudah bocor dan mengakibatkan oli semakin berkurang. Jika oli sudah berkurang, maka sistem pengendalian kemudi tidak senyaman biasanya. 

tutup busi tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya

Akibat motor tidak segera dicuci ketika sering terkena air hujan


Tutup busi mempunyai kegunaan yang sangat penting untuk motor. Enggak hanya sekedar sebagai penyambung kabel dari koil ke busi atau berfungsi untuk penutup aja. Komponen ini memiliki fungsi untuk menghilangkan kebocoran arus antar sambungan busi dan menjaga resistansi internal yang tinggi supaya bisa dihindari, sehingga performa mesin tidak akan terpengaruh. Jadi, bisa dibayangkan kalau tutup busi terkena air, maka fungsi kelistrikan akan terhambat dan dapat menyebabkan motor mogok.




rantai motor karatan

Akibat motor tidak segera dicuci ketika sering terkena air hujan


Motor yang memiliki rantai, bakal terkena imbasnya juga nih. Air hujan bisa membuat pelumas pada rantai ikut larut dengannya, sehingga menimbulkan suara yang cukup mengganggu. Selain itu rantai juga bisa mengalami karatan yang akan susah sekali untuk dibersihkan. Oleh karena itu, wajib banget untuk membersihkan rantai motor dari air hujan. Kalau enggak cepat untuk dibersihkan, kotoran akan menumpuk dan suara terus mengganggu teling gansis.

komponen logam mengalami karatan

Akibat motor tidak segera dicuci ketika sering terkena air hujan


Motor mempunyai komponen yang terbuat dari logam di dalamnya. Sehingga, jika komponen telah dibasahi air hujan maka akan mengalami yang namanya karatan. Karat tersebut akan semakin susah hilang kalau tidak dibersihkan dengan segera. Lalu, motor juga semakin berpotensi rusak apabila terkena air hujan dan sinar matahari secara bergantian dengan durasi waktu yang lama.


Nah, dengan adanya ulasan di atas diharapkan para pengendara sepeda motor tidak malas lagi untuk mencuci motornya setelah hujan. Jangan suka memakai saja, tapi tidak mau merawatnya. Jadi, mulai sekarang harus rajin untuk mencuci motor setelah terkena hujan. Kalau tidak memungkinkan mencuci saat itu juga, ya cukup dilap dengan kain bersih aja terlebih dahulu. Supaya tidak ada air hujan yang menempel pada motor kesayangan kalian. musim hujan belum berakhir stay safe gansisemoticon-Ngacir


 pict sumur

profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusn6778 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh el.achmeedy
Halaman 1 dari 3
gan boleh pinjem motornya keliling2 buat belajar perseneling emoticon-Hammer (S) kali aja ada cewe nanti yg digonceng dimainin remnya wkwkwk
Lihat 2 balasan
Balasan post epopolocroia
motor habis kena banjir mau gan
motor ane nih gan, jarang banget dicuci emoticon-Betty
Sekarang pas ane sadar, mau ane cuci udah susah banget ilang karatnya, nah tau2 kemaren abis service mati sendiri dong mesinnya di tengah jalan emoticon-Matabelo
profile-picture
chisaa memberi reputasi
Balasan post epopolocroia
Quote:


Kalau motor baru, mau?
Lihat 2 balasan
Balasan post Kruingputih4
Quote:


bekas aja gan, soalnya nanti bisa lecet dan sebagainya wkwkwk waaaiiit ... baru apa dulu ? emoticon-Hammer (S)
profile-picture
Kruingputih4 memberi reputasi
Balasan post Kruingputih4
yes dopost terima kasih telkomsel emoticon-Embarrassment
profile-picture
Kruingputih4 memberi reputasi
Diubah oleh epopolocroia
Quote:


Baru diangkat dri dlm laut waktu jatuh tahun 2000 yg lalu






Akibat motor tidak segera dicuci ketika sering terkena air hujan
Lihat 2 balasan
Balasan post Kruingputih4
Quote:


sudah kuduga pasti baru embel embel wkwkwk

Quote:


emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Balasan post Kruingputih4
Quote:

emoticon-Wakaka
profile-picture
Kruingputih4 memberi reputasi
Kalo motornya lagi perjalanan jauh dan kehujanan, terus gimana gan?
Lihat 1 balasan
Balasan post jokoariyanto
ya kalau udah sampai tujuan baru dicuci gan
Kalau motor abis kehujanan lebih baik nanti langsung dibasuh pakai air biasa, biar gak bikin part motor korosi
Lihat 1 balasan
musim hujan tidak cuma diri sendiri yang harus hati2 tapi juga motor pribadi. jadi pengingat buatmalah makin rajin pas ujan, bukannya malas
Seancur apapun motor asal bisa jalan bagi ane no problem emoticon-Cool
Lihat 1 balasan
Quote:

Nice gaann
Quote:

Yoihh gan
Quote:


Kalau ngga dirawat kerusakan makin parah tambah biaya lg gan
profile-picture
tuankiwa memberi reputasi
hadeeehh.. aku kira kalo kena air hujan sama aja dicuci, ternyata bahaya juga ya air hujaan.
thanks banget gan infonya
Balasan post akusukamicin
wkwkw jiwa jiwa sederhana sangat ini mamang
Balasan post tuankiwa
tajem juga ya air hujan itu
kalo kena badan bisa langsung meriang
kalo kena motor, eh motornya yang juga meriang
profile-picture
el.achmeedy memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di