- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Otomotif
Pusaka andalan saat aki mobil mulai ngap-ngapan


TS
micky10
Pusaka andalan saat aki mobil mulai ngap-ngapan
Quote:

Quote:
Jutaan orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka bisa menghemat sekitar 500 - 700rb pertahun untuk aki mobil, tanpa meninggalkan rumah… dan anda akan menjadi salah satu dari mereka…
Halo gan , saya Micky. Saya adalah orang yang sering bermasalah dengan aki mobil, apakah anda juga?? Pada awalnya Accumulator atau Aki Elemen Basah di temukan untuk mensupplay energi guna menghidupkan peralatan-peralatan kecil. Lampu, pemanas, ataupun dinamo kecil. Namun seiring berkembangnya industri dan ulah iseng beberapa ilmuwan kurang kerjaan, mereka mengkolaborasikan Aki Elemen Basah untuk menggerakkan motor stater pada mobil secara otomatis agar mesin bisa menyala dan berputar.
Dari situlah kita tahu betapa krusialnya peranan aki dalam sebuah mobil. Yang seiring jaman aki tidak hanya untuk menggerakkan motor stater, tapi juga mensuplai kelistrikan dalam sebuah mobil seperti headlamp, power windows, klakson, wiper atau lampu kerlap-kerlip ala odong-odong taman ria. Semua hal yang membutuhkan kelistrikan DC, di suplai dari aki.
Kurangnya kasih sayang dan belaian terhadap aki mobil membuat berbagai masalah bisa datang melanda. Seperti aki tekor, aki mendidih, tidak bisa di charge dan pada akhir nya perlu di lakukan penggantian. Lalu tindakan2 apa aja yang perlu kita lakukan saat aki mulai ngambek dan tidak mau diajak kerja sama?
Saya akan sharing tentang sesuatu yang baru saya alami kemarin. Beberapa minggu ini saya rasakan aki lagi kurang greng. Tarikan saat pertama starter kurang joss. Perlu 3-4 kali memutar kunci, mesin baru bisa menyala. Saya sudah menduga pasti aki nya ada apa-apa ini. Entah perlu di belai atau minta adik baru, tapi waktunya belum tepat. Selain masih tanggal tua, puing-puing rupiah di rekening udah mulai menipis. Saya pikir yasudah lah pasti ntar kl mobil jalan lagi, nih aki juga bakal ngecharge.
Sebenarnya mobil memang jarang di pakai, paling 1-2 minggu sekali, lebih banyak duduk-duduk cantik di garasi. Nah hal ini yang membuat performa aki menurun. Jarang ngecharge, tapi selalu continue di pakai untuk menyuplai alarm mobil. Hingga pada akhirnya malam itu di keheningan, di sela-sela rintikan hujan…Hal yang mencengangkan itu benar-benar terjadi… mobil sama sekali gak bisa di stater. Aki sama sekali gak kuat memutar dinamo stater
“Waaduuhh”
Saya yang gak ngerti soal mesin dan cuma paham cuma makan sama tidur ini mencoba untuk memahami barangkali ada penyebab lain mesin tidak menyala. Mungkin seperti spion miring, jog kotor atau ada senar layangan kesangkut di velg mobil. Pokoknya semua hal2 yang ngaco terlintas aja gitu di pikiran. Setelah melalui perdebatan hati yang rumit saya berkesimpulan penyebab utamanya adalah aki mobil.
Sebenernya untuk urusan perawatan, saya sudah cukup memberi asupan gizi di aki ini. Level cairan aki selalu terjaga di level aman, Konektor aki juga sering saya periksa, bahkan body aki selalu saya lap setiap sore. Tapi ternyata kurangnya penggunaan mobil membuat aki ini tidak terisi daya. Emang sih mobil tetep mulus karena jarang dipakai, tapi umur aki menjadi lebih pendek karena siklus pengisian tidak teratur.
Okey, mungkin ini cuma masalah sepele. Beberapa saat saya coba lepas konektor plus minus yang terhubung ke aki dan kemudian menancapkannya kembali, tapi tetap saja gagal. Aki tidak kuat memutar dinamo stater. Untuk menghidupkan alarm dan perangkat kelistrikan lainnya sih kuat, namun memutar dinamo stater membutuhkan daya yang cukup besar. Dan aki ini memang perlu diisi daya dulu, tapi gimana? Mobil nggak bisa nyala.
Saya baru inget dengan teknik jumper. Bisa kita jumper dengan power bank jumper atau dengan aki dari mobil lain. Mulai dah saya krasak-krusuk nyari tetangga yang mobilnya lagi dirumah. Bisa saya mintain tolong untuk ngejumper sebentar. Tapi sejak dari sore tadi memang tidak ada tanda-tanda kehidupan di rumah para tetangga. Kenapa bisa kompak nggak ada dirumah gini ya?
Owh iya… saya kan punya adaptor DC sebesar 2A digudang, sepertinya bisa saya coba untuk menjumper aki mobil ini. Bergegas saya bongkar perkakas di gudang belakang. Gudang yang isinya gak jelas. Mulai dari perkakas motor, buku-buku, sampai sarung jaman kuliah yang pernah ketinggalan di kost mantan… semua ada. Ini gudang lebih mirip minimarket.
Setelah saya coba ternyata adaptor 2A itu juga gagal menambah daya aki untuk memutar dinamo stater. Aki terdengar sangat ngeden untuk menjalankan dinamo dan tambahan 2A masih belum kuat. Saya mulai putus aja, dan hanya terduduk lemas di depan motor honda beat butut yang terparkir di sebelah mobil...
“Yaelaaah… masa harus dorong ke tempat servis aki?? Atau harus beli aki baru nih??sedih akutuuu”
Wait...wait… sebentar… ini ada motor, motornya matic, bisa diidupin pake double stater, pasti ada akinya dong, kalau ada akinya jadi bisa di jumper ke mobil… kenapa baru kepikiran… samsuuuullll??
Dengan sigap saya lepas aki motor beat kesayangan mertua saya. Saya hubungkan dengan kabel jumper ke aki mobil. Dengan mengikuti terminal plus minus yang sama. Setelah saya pastikan sambungan benar dan rapat, saya coba hidupkan mobil… dan hasilnya….
‘Zzzzzzzttttttt bruum...bruuuummmm….’
Berhasil!! Aki motor bisa di gunakan buat ngejamper aki mobil ayla saya yang ngap-ngapan hidupnya. Tambahan 6A yang di jumperkan mampi memutar dinamo stater dan menyalakan mesin. Jujur saya baru tau, mungkin memang sudah ada yang pernah memakai sebelum nya. Tapi hasil keisengan saya ini menghasilkan sebuah penemuan-penemuan yang mutahir. Jadi gini toh rasanya ilmuwan2 yang iseng menemukan sebuah penemuan.
Setelah 5 menit mesin hidup, aki motor saya lepas jumpernya dan saya masukkan ke mobil. Kemudian mobil saya bawa puter2 kota dengan harapan aki bisa nge-charge selama mesin hidup. Sebagai informasi, aki bisa terisi optimal saat kita jalankan mesin diatas 1500Rpm. Hal ini perlu kita perhatikan agar di dapatkan driving experience yang efektif. Selain bepergian dengan mobil, kita juga bisa sekaligus mengisi daya aki hingga penuh.
Jadi buat sobat-sobat otomojok yang mengalami hal serupa, jangan buru-buru membeli aki baru, memanggil montir, atau menyuruh istri anda untuk mendorong mobil. Tinggal sobat siapkan aja aki motor sebagai jumper penambah daya.
Sebelum akhirnya sobat putuskan untuk menyetrum ulang, mengganti maupun memperbaiki aki yang sudah mulai tekor itu.
Saran saya sih, alokasikan dana untuk beli aki motor baru saja. Sebagai senjata yang bisa sobat bawa kemana-mana jika di jalan tiba-tiba aki mobil rewel lagi
Seperti kata pepatah, No Accu Is Perfect… tidak ada aki yang sempurna, semua itu bagaimana kita merawat dan menjaganya dengan penuh kasih sayang yang tulis dan ikhlas… bentar ada WA…
‘Heh cah gemblung… aki motor bapak manaaa???’
Halo gan , saya Micky. Saya adalah orang yang sering bermasalah dengan aki mobil, apakah anda juga?? Pada awalnya Accumulator atau Aki Elemen Basah di temukan untuk mensupplay energi guna menghidupkan peralatan-peralatan kecil. Lampu, pemanas, ataupun dinamo kecil. Namun seiring berkembangnya industri dan ulah iseng beberapa ilmuwan kurang kerjaan, mereka mengkolaborasikan Aki Elemen Basah untuk menggerakkan motor stater pada mobil secara otomatis agar mesin bisa menyala dan berputar.
Dari situlah kita tahu betapa krusialnya peranan aki dalam sebuah mobil. Yang seiring jaman aki tidak hanya untuk menggerakkan motor stater, tapi juga mensuplai kelistrikan dalam sebuah mobil seperti headlamp, power windows, klakson, wiper atau lampu kerlap-kerlip ala odong-odong taman ria. Semua hal yang membutuhkan kelistrikan DC, di suplai dari aki.
Kurangnya kasih sayang dan belaian terhadap aki mobil membuat berbagai masalah bisa datang melanda. Seperti aki tekor, aki mendidih, tidak bisa di charge dan pada akhir nya perlu di lakukan penggantian. Lalu tindakan2 apa aja yang perlu kita lakukan saat aki mulai ngambek dan tidak mau diajak kerja sama?
Saya akan sharing tentang sesuatu yang baru saya alami kemarin. Beberapa minggu ini saya rasakan aki lagi kurang greng. Tarikan saat pertama starter kurang joss. Perlu 3-4 kali memutar kunci, mesin baru bisa menyala. Saya sudah menduga pasti aki nya ada apa-apa ini. Entah perlu di belai atau minta adik baru, tapi waktunya belum tepat. Selain masih tanggal tua, puing-puing rupiah di rekening udah mulai menipis. Saya pikir yasudah lah pasti ntar kl mobil jalan lagi, nih aki juga bakal ngecharge.
Sebenarnya mobil memang jarang di pakai, paling 1-2 minggu sekali, lebih banyak duduk-duduk cantik di garasi. Nah hal ini yang membuat performa aki menurun. Jarang ngecharge, tapi selalu continue di pakai untuk menyuplai alarm mobil. Hingga pada akhirnya malam itu di keheningan, di sela-sela rintikan hujan…Hal yang mencengangkan itu benar-benar terjadi… mobil sama sekali gak bisa di stater. Aki sama sekali gak kuat memutar dinamo stater
“Waaduuhh”
Saya yang gak ngerti soal mesin dan cuma paham cuma makan sama tidur ini mencoba untuk memahami barangkali ada penyebab lain mesin tidak menyala. Mungkin seperti spion miring, jog kotor atau ada senar layangan kesangkut di velg mobil. Pokoknya semua hal2 yang ngaco terlintas aja gitu di pikiran. Setelah melalui perdebatan hati yang rumit saya berkesimpulan penyebab utamanya adalah aki mobil.
Sebenernya untuk urusan perawatan, saya sudah cukup memberi asupan gizi di aki ini. Level cairan aki selalu terjaga di level aman, Konektor aki juga sering saya periksa, bahkan body aki selalu saya lap setiap sore. Tapi ternyata kurangnya penggunaan mobil membuat aki ini tidak terisi daya. Emang sih mobil tetep mulus karena jarang dipakai, tapi umur aki menjadi lebih pendek karena siklus pengisian tidak teratur.
Okey, mungkin ini cuma masalah sepele. Beberapa saat saya coba lepas konektor plus minus yang terhubung ke aki dan kemudian menancapkannya kembali, tapi tetap saja gagal. Aki tidak kuat memutar dinamo stater. Untuk menghidupkan alarm dan perangkat kelistrikan lainnya sih kuat, namun memutar dinamo stater membutuhkan daya yang cukup besar. Dan aki ini memang perlu diisi daya dulu, tapi gimana? Mobil nggak bisa nyala.
Saya baru inget dengan teknik jumper. Bisa kita jumper dengan power bank jumper atau dengan aki dari mobil lain. Mulai dah saya krasak-krusuk nyari tetangga yang mobilnya lagi dirumah. Bisa saya mintain tolong untuk ngejumper sebentar. Tapi sejak dari sore tadi memang tidak ada tanda-tanda kehidupan di rumah para tetangga. Kenapa bisa kompak nggak ada dirumah gini ya?
Owh iya… saya kan punya adaptor DC sebesar 2A digudang, sepertinya bisa saya coba untuk menjumper aki mobil ini. Bergegas saya bongkar perkakas di gudang belakang. Gudang yang isinya gak jelas. Mulai dari perkakas motor, buku-buku, sampai sarung jaman kuliah yang pernah ketinggalan di kost mantan… semua ada. Ini gudang lebih mirip minimarket.
Setelah saya coba ternyata adaptor 2A itu juga gagal menambah daya aki untuk memutar dinamo stater. Aki terdengar sangat ngeden untuk menjalankan dinamo dan tambahan 2A masih belum kuat. Saya mulai putus aja, dan hanya terduduk lemas di depan motor honda beat butut yang terparkir di sebelah mobil...
“Yaelaaah… masa harus dorong ke tempat servis aki?? Atau harus beli aki baru nih??sedih akutuuu”
Wait...wait… sebentar… ini ada motor, motornya matic, bisa diidupin pake double stater, pasti ada akinya dong, kalau ada akinya jadi bisa di jumper ke mobil… kenapa baru kepikiran… samsuuuullll??
Dengan sigap saya lepas aki motor beat kesayangan mertua saya. Saya hubungkan dengan kabel jumper ke aki mobil. Dengan mengikuti terminal plus minus yang sama. Setelah saya pastikan sambungan benar dan rapat, saya coba hidupkan mobil… dan hasilnya….
‘Zzzzzzzttttttt bruum...bruuuummmm….’
Berhasil!! Aki motor bisa di gunakan buat ngejamper aki mobil ayla saya yang ngap-ngapan hidupnya. Tambahan 6A yang di jumperkan mampi memutar dinamo stater dan menyalakan mesin. Jujur saya baru tau, mungkin memang sudah ada yang pernah memakai sebelum nya. Tapi hasil keisengan saya ini menghasilkan sebuah penemuan-penemuan yang mutahir. Jadi gini toh rasanya ilmuwan2 yang iseng menemukan sebuah penemuan.
Setelah 5 menit mesin hidup, aki motor saya lepas jumpernya dan saya masukkan ke mobil. Kemudian mobil saya bawa puter2 kota dengan harapan aki bisa nge-charge selama mesin hidup. Sebagai informasi, aki bisa terisi optimal saat kita jalankan mesin diatas 1500Rpm. Hal ini perlu kita perhatikan agar di dapatkan driving experience yang efektif. Selain bepergian dengan mobil, kita juga bisa sekaligus mengisi daya aki hingga penuh.
Jadi buat sobat-sobat otomojok yang mengalami hal serupa, jangan buru-buru membeli aki baru, memanggil montir, atau menyuruh istri anda untuk mendorong mobil. Tinggal sobat siapkan aja aki motor sebagai jumper penambah daya.
Sebelum akhirnya sobat putuskan untuk menyetrum ulang, mengganti maupun memperbaiki aki yang sudah mulai tekor itu.
Saran saya sih, alokasikan dana untuk beli aki motor baru saja. Sebagai senjata yang bisa sobat bawa kemana-mana jika di jalan tiba-tiba aki mobil rewel lagi
Seperti kata pepatah, No Accu Is Perfect… tidak ada aki yang sempurna, semua itu bagaimana kita merawat dan menjaganya dengan penuh kasih sayang yang tulis dan ikhlas… bentar ada WA…
‘Heh cah gemblung… aki motor bapak manaaa???’






tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.2K
Kutip
5
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan