- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Otomotif
Motor Habis Nerobos Banjir? Coba Langsung Cek Komponen ini Gan!


TS
KarjoKare
Motor Habis Nerobos Banjir? Coba Langsung Cek Komponen ini Gan!
Dari awal Desember 2019, sebagian besar wilayah di Indonesia memasuki musim hujan. Intensitasnya pun cukup tinggi, jadi gak heran kalau banyak diantara wilayah tersebut yang dilanda banjir. Salah satu yang daerah yang mengalami banjir yang cukup besar adalah Ibu Kota Jakarta. Walaupun banyak yang bilang kalau Jakarta udah biasa dengan banjir, tapi kali ini wilayah yang terdampak cukup banyak. Gak hanya pemukiman, beberapa jalan protokol di Ibu Kota juga tergenang air.

Situasi jalanan yang seperti ini, terkadang masih saja dilewati oleh kendaraan bermotor, apalagi kendaraan roda dua. Mungkin terkadang nerobos banjir kayak gitu gak langsung berdampak ke peforma motor, tapi jika keseringan atau genangan yang dilalui cukup tinggi, maka dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi komponen motor. Apes – apesnya bisa langsung mogok pas ditengah banjir...hehehe
Nah, bagi Agan dan Sista yang sering ngelakuin hal yang kayak gini, alangkah baiknya untuk segera mengecek motor kalian, terutama komponen – komponen berikut:
Oli mesin

Pada saat menerobos banjir, oli mesin berpeluang besar untuk bercampur dengan air. Oleh karena itu untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan, coba cek kondisi oli mesin. Biasanya untuk motor diatas 150cc sudah disediakan dipstick atau kaca yang berfungsi untuk melihat kondisi oli mesin. Jika oli telah berubah warna menjadi putih, maka segeralah untuk menguras dan ganti dengan oli baru. Jika tidak segera diganti, ini akan membuat mesin motor jebol.
Busi

Jika kita perhatikan, posisi busi pada motor sangat rentan terkena cipratan air. Jika menerjang banjir terlalu lama atau genangan yang dilalui cukup tinggi, maka peluang motor mati mendadak akan semakin besar. Ini dikarenakan busi motor basah sehingga mengakibatkan proses pengapian jadi hilang. Apabila kondisinya seperti ini, maka hal pertama yang bisa kalian lakuin adalah membuka tutup busi dan mengeringkannya hingga benar – benar kering.
Kelistrikan

Untuk bagian ini, komponen yang bisa kalian cek adalah bagian aki dan sekring. Jika bagian ini banyak terkena air, maka dikhawatirkan akan terjadinya korsleting yang akan berakibat fatal ke motor.
CVT untuk yang motor matic

Jika ruang CVT pada motor matik kemasukan air yang cukup banyak, maka akan mengakibatkan kinerja penyaluran tenaga ke roda belakang akan berkurang, sehingga peforma motor juga akan menurun. Kalau pun mengalami hal seperti ini, sebaiknya jangan langsung ganti fan belt atau roller. Terlebih dahulu pastikan bagian driven face bersih dari air. Apabila bagian ini kebanyakan air maka motor akan mengeluarkan bunyi yang kasar atau putaran roda akan jadi berat.
Filter udara

Apabila komponen ini kemasukan banyak air, maka motor terasa berat dan brebet pas tuas gas diputar. Sial – sialnya, motor bisa langsung mati jika air yang masuk terlalu banyak, karena air tersebut akan lanjut masuk ke ruang bakar. Walaupun sekarang udah ada filter udara tipe basah yang ada pelumasnya, namun gak salah juga untuk tetap melakukan pengecekan, sebab ditakutkan air akan menempel lama di situ.
Tapi kalau dari Ane sih mending gak usah sok – sokan nerjang banjir pake motor GanSis, sayang motornya. Mending bisa nyampe ujung, kalau tiba – tiba mati pas di tengah genangan, hayo!!! Lebih baik cari jalan lain aja GanSis.






tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.5K
10


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan