CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
5 Kuliner Berbahan Dasar Tulang, Enak Menggoda atau Ekstrim?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e092af610d295427f6bae7e/5-kuliner-berbahan-dasar-tulang-enak-menggoda-atau-ekstrim

5 Kuliner Berbahan Dasar Tulang, Enak Menggoda atau Ekstrim?

Kuliner dengan bahan dasar tulang sapi atau tulang ayam, ekstrim atau enak?


Assalamualaikum Agan dan Sista tercinta .... Bagaimana kabarnya? Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal afiat dan bahagia selalu, aamiin.
Ketemu lagi dengan ane, TS yang doyan makan, pecinta kuliner jadul, ahaaayyy ....


Memasak adalah hobi bagi sebagian orang. Terkadang orang sengaja bereksperimen di dapur untuk memasak makanan yang tidak seperti biasanya. Nah, kali ini ane mau membahas tentang kuliner yang menggunakan bahan dasar tulang untuk makanannya.


Kedengarannya sih menyeramkan ya, Gansist. Masa orang makan tulang, kayak ga ada bahan makanan lain apa yang lebih layak dikonsumsi. Akan tetapi begitulah netizen yang terhormat, selalu mencari sensasi dalam segi apapun, termasuk makanan. Mengulas tentang tulang emang ngeri-ngeri sedap. Jangan membayangkan tulang yang aneh-aneh ya, karena yang akan kita masak adalah tulang ayam dan tulang sapi.


5 Kuliner Berbahan Dasar Tulang, Enak Menggoda atau Ekstrim?
Sumber : cookpad.com


Tulang ayam yang digunakan adalah tulang ayam sisa dari daging ayam yang di fillet. Jadi, saat di fillet hanya bagian daging tebal aja yang diambil, sementara daging yang tipis masih banyak yang menempel pada tulang. Demikian pula pada tulang sapi, namun biasanya pada tulang sapi daging, tulang iga dan tulang kaki lah yang banyak digunakan untuk memasak karena kandungan daging yang menempel masih banyak.


Biasanya dalam mengolah tulang yang terpenting adalah pada proses perebusan. Merebus tulang harus lama agar daging yang menempel menjadi lunak dan enak digigit. Pada proses perebusan, tambahan daun salam, serai, jahe dan bawang putih agar tulang mengeluarkan aroma khas yang menggugah selera dan tidak berbau hanyir.


Sensasi saat menyesap tulang yang berbumbu itu kayak ada gemes-gemesnya. Apalagi saat mengkrikiti daging yang menempel pada tulang, aduhai nikmatnya.


Berikut ini adalah kuliner dengan bahan dasar tulang yang endolita dan enak kebangetan :


1. Rica-rica Tulang
Rica-rica adalah makanan yang menggunakan bumbu antara lain, bawang putih, bawang merah, merica, cabai rawit, kunyit, daun bawang dan kecap. Sering disebut juga dengan Pedesan. Yang paling enak adalah saat kita menyesap tulangnya, wawww ada kenikmatan tersendiri Gansist.


5 Kuliner Berbahan Dasar Tulang, Enak Menggoda atau Ekstrim?
Sumber : cookpad.com



2. Mie Tek-tek Tulang
Makanan ini adalah sejenis mie yang menggunakan mie basah yang biasa ada di tukang mie ayam. Namun diolah sedemikian rupa dengan bumbu utama bawang putih dan merica plus tulang ayam. Pokoke mantap.


5 Kuliner Berbahan Dasar Tulang, Enak Menggoda atau Ekstrim?
Sumber : cookpad.com


3. Seblak Tulang
Siapa tak kenal seblak, makanan fenomenal dari Jawa Barat. Makanan akan menjadi lebih enak jika dikombinasikan dengan tulang atau ceker. Endolita banget dah.


5 Kuliner Berbahan Dasar Tulang, Enak Menggoda atau Ekstrim?
Sumber : made-blog.com


4. Tengkleng
Tengkleng adalah kuliner khas Solo, bumbu yang dipakai mirip dengan perpaduan antara gulai dan tongseng. Tulang yang dipakai biasanya adalah tulang sapi. Makanan ini nikmatnya tiada tara, apalagi jika memakai tulang yang mengandung sumsum. Bikin nagih terus.


5 Kuliner Berbahan Dasar Tulang, Enak Menggoda atau Ekstrim?
Sumber : ngopibareng.id


5. Sop Tulang
Nah kalau yang ini, adalah makanan berkuah yang penuh rempah namun segar, bisa menggunakan tulang ayam atau tulang sapi Biasa dikombinasikan dengan sayuran segar. Sangat cocok dimakan siang-siang. Dan tulang sapi yang mengandung sumsumnya itu semakin nikmat saat kita menyeruputnya. Bikin kepengin berat, Gans.

5 Kuliner Berbahan Dasar Tulang, Enak Menggoda atau Ekstrim?
Sumber : pinterest


Semua kuliner diatas sangat menggugah selera, Gansist. Ane jadi ngiler hebat, pengen cepat-cepat eksekusi memasak dan makan.

Wokeeyyy Gansist, cukup sekian tulisan dari ane kali ini, semoga menginspirasi Agan dan Sista untuk berkuliner ria. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada thread VitaArkana selanjutnya.

Bye .... bye ....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 33 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 9
Menurut aku daging yang ada tulangnya itu gurih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sup tulangnya enak keliatannya. segerrrr pas dimakan siangsiang, tubuh bisa gobyos bernandikan keringat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


Iya Bun yang deket tulang selalu enak
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Cahayahalimah memberi reputasi
Quote:


Pake sambel lebih sedap Bang. Aduh ngiler nih
mantap ini sis sumpah jd ngiler pgn sgr sarapan emoticon-Sundul
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Naah, baca trit makanan pagi2 kok jadi ikutan mendadak lapar enih perut?emoticon-Leh Uga

Waduuhh, kudu nyari penjual naskun nih, yuuk mbak TS ... kita sarapan dulu, yuuukemoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Ane makan tengkleng aja yang memang bahan utamanya tulang males, apalagi makan makanan lain yang mengandung tulang. paling enak ya makan telur, langsung hap habis gans. Gak perlu ribet2
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Tulangnya di presto aja jadi kemakan semua unch2 enak banget makan tulang presto emoticon-Ngakak
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Wadaw, tulang cuma buat kaldu saja kali, kalaubikut disajikan di piring kok jadi terasa nganuemoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Ane malah paling seneng bagian tulang yang ada dagingnya begini😁 kalau daging doang gak enak
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan VitaArkana memberi reputasi
5 Kuliner Berbahan Dasar Tulang, Enak Menggoda atau Ekstrim?
Sop Iga
5 Kuliner Berbahan Dasar Tulang, Enak Menggoda atau Ekstrim?
Konro bakar
5 Kuliner Berbahan Dasar Tulang, Enak Menggoda atau Ekstrim?
Soto Ranjau
5 Kuliner Berbahan Dasar Tulang, Enak Menggoda atau Ekstrim?
Sop Sumsum
5 Kuliner Berbahan Dasar Tulang, Enak Menggoda atau Ekstrim?
Sate Tulang
5 Kuliner Berbahan Dasar Tulang, Enak Menggoda atau Ekstrim?
Sup Tulang Ikan
5 Kuliner Berbahan Dasar Tulang, Enak Menggoda atau Ekstrim?
Rahang-Tuna-Bakar-Rica
5 Kuliner Berbahan Dasar Tulang, Enak Menggoda atau Ekstrim?
Tulang Jambal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gembelngehe
kalian emoticon-anjing ?
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VitaArkana dan 2 lainnya memberi reputasi
Mungkin maksudnya tulang yang masih ada dagingnya atau minimal masih ada sumsum nya kali yak emoticon-Bingung (S)
Kalo full tulang ya kebanyakan dijadiin kaldu doang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VitaArkana dan 2 lainnya memberi reputasi
rica2 tulang ayam atau ceker enakk tuh hihii
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Hari Jisun like this
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Yg bikin gurih saripati tulang sih...

Soal tulang begini klo makanan selain buat di sop, olahan khas iga steak iga misalnya gak bakal w ambil karena lebih banyak komposisi tulang dada (iga) drpada dagingnya emoticon-Hammer2
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Kalu melihat hasil masakannya sih memang kelihatan enak banget.......
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
sop tulang gak ada lawannya jeung..


And we danced..in the room..
Grew our heart..a bloom..
I stop..right there!
You've found..a new home..
And I should be happy…

profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
menanti resep seblak tulang 😋😋😋
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
di tempat ane paling banyak di Rica-rica dan nyebutnya Fosil emoticon-Leh Uga

ada juga sate tulang, disebutnya Sate Tangkar. sumpah rasanya enak emoticon-Jempol
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Diubah oleh kuroi2325
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di