CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mitos Gerhana Matahari: Dimakan Iblis sampai Hubungan Seks
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e0457acaf7e937c50576252/mitos-gerhana-matahari-dimakan-iblis-sampai-hubungan-seks

Mitos Gerhana Matahari: Dimakan Iblis sampai Hubungan Seks

Mitos Gerhana Matahari: Dimakan Iblis sampai Hubungan Seks

Gerhana matahari cincin terjadi pada Kamis (26/12). Fenomena alam gerhana matahari terjadi ketika bulan lewat di antara bumi dan matahari.

Peristiwa alam ini memang beberapa kali terjadi di tahun 2019, bahkan sejak bertahun-tahun lalu. Namun gerhana bisa membangkitkan kekaguman yang mendalam akan terjadinya peristiwa ini. Akan tetapi tak dimungkiri kalau di balik penjelasan ilmiah soal gerhana ini, masih ada mitos-mitos yang berkembang soal gerhana matahari. Mitos ini bukan hanya terjadi di Indonesia, tapi juga berkembang di seluruh dunia.

Kepada CNNIndonesia.com, Ustadz Wahyul Afif Al-Ghofiqi mengungkapkan bahwa di Indonesia pernah ada mitos bahwa gerhana matahari terjadi karena matahari dimakan Buto Ijo. Selain itu ada juga mitos yang berkembang bahwa ada kesialan datang bersama gerhana matahari.

"Gerhana dijelaskan kepada manusia bahwa ini adalah kekuasaan Allah lewat fenomena alam lainnya bukan karena hal-hal yang mistik ataupun takhayul," katanya.

Sementara itu, di negara dan budaya lainnya juga memiliki mitos yang nyaris sama.

"Jika Anda orang Yunani, sebelum mereka paham tentang gerhana (secara ilmiah), mereka berpikir bahwa itu adalah pertanda buruk. Sebuah pertanda dari dewa bahwa mereka sudah melakukan kesalahan," kata David Dearborn, astrofisikawan di Lawrence Livermore National laboratory di California dikutip dari NYTimes.

"Untuk orang China, gerhana matahari diyakini bahwa ada seekor naga yang memakan matahari."

Berbeda lagi dengan mitos di orang Indian di dataran Arapaho. Mereka melihat benda-benda langit sebagai saudara kandung. Matahari kakak laki-laki dan bulan sebagai saudara perempuan. Ketika terjadi gerhana matahari, mereka beranggapan bahwa keduanya sedang bertemu.

"Mereka bertanya-tanya apa yang dilakukan oleh kedua saudara tersebut. Apa yang mereka lakukan, apakah mereka berhubungan seks di langit?" kata Anthony Avenu, astronom budaya dan penulis buku In the Shadow of the Moon: The Science, Magic, and Mystery of Solar Eclipses.

Aveni juga mengungkapkan bahwa dalam setiap budaya, gerhana matahari dipandang sebagai interupsi kosmik. Selain itu, gerhana juga dipercaya oleh banyak budaya menjadi penanda kiamat. Susan Milbrath, kurator seni dan arkeologi Amerika Latin di Museum Sejarah Alam Florida, mengungkapkan ada banyak budaya yang percaya gerhana matahari menjadi pertanda akhir zaman.

"Ch'orti, penduduk asli Maya percaya bahwa gerhana matahari yang berlangsung lebih dari satu hari akan menyebabkan akhir dunia. Arwah orang yang sudah meninggal akan hidp kembali dan memakan semua yang ada di bumi," katanya.

Sedangkan suku Maya lainnya, termasuk Yucatec dan Lacandon menghubungkan gerhana dengan kehancuran total. Lacandon yang tinggal di negara bagian Chiapas di Meksiko mengungkapkan bahwa gerhana matahari akan menyebabkan bumi hancur dan jaguar akan muncul serta memakan banyak orang.

Hal ini digambarkan dengan jelas dalam studi etnografi Aztec abad 16 di Meksiko, The Florentine Codex. Mereka menggambarkan gerhana matahari dalam situasi yang sangat jelas namun menyeramkan.

"Dengan demikian dikatakan, jika gerhana matahari selesai maka dunia akan gelap selamanya. Setan-setan gelap akan turun dan mereka akan memakan kaum pria."


Matahari yang dimakan
Lauran Danly, seorang astrofisikawan dan kurator Griffith mengungkapkan bahwa gerhana matahari disebabkan oleh mahluk mengerikan yang memakan matahari.

"Bulan benar-benar terlihat seperti menggigit matahari sampai melahapnya penuh."

Ketika matahari mulai muncul kembali, hal ini dianggap sebagai matahari dimuntahkan oleh mahluk mengerikan tersebut.

Dalam mitos kepercayaan Hindu, matahari dimakan oleh iblis yang dipenggal kepalanya, Rahu. Dewa Wisnu, menangkap basah Rahu yang meminum ramuan kehidupan abadi. Dia pun memotong kepala iblis tersebut sebelum ramuan tersebut melewati tenggorokannya. Kepala Rahu pun membalas dendam pada benda-benda langit dengan melahap matahari dan bulan. Tapi karena Rahu tak lagi punya tubuh, matahari dn bulan akan muncul kembali setelah ditelan iblis tersebut.

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hi...-hubungan-seks


Buat Agan yang kepo, hati-hati ya kalau melihat gerhana matahari terlalu lama secara langsung. Bisa berbahaya buat mata.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
gpandita dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Jangan liat gerhana matahari sendiri apalagi jomblo nanti kering kerontang emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
kalok liat gerhana matahari dlu di rcti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 3 lainnya memberi reputasi
yang gue heran kenapa harus disholatin segala, seperti penyembah matahari aja emoticon-Tai:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Mitos Gerhana Matahari: Dimakan Iblis sampai Hubungan Seks
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffrey.maulana dan 7 lainnya memberi reputasi
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak Namanya mitos gan, udah ga kepake dijaman sekarang emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2
lihatlah gerhana pake kacamata hitamemoticon-Cool
praise the sun
profile-picture
profile-picture
super.elmo10 dan laodemaulidin memberi reputasi
Balasan post ssdestroyer
Quote:




gara2 seorang pedofil jenius, yg berpikir gerhana adalah tanda2 kiamat gan
dan saking takutnya mati itu pedofil, cepat2 deh buat acara ritual dungu untuk meredahkan ketakutannya akan kiamat emoticon-Ngakak


lucu baca sejarahnya awal mula ada ritual karena gerhana ini emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh monfai
kekuasaan Tuhan ..
Quote:


Ketauan tua nya emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan kolorsobek69 memberi reputasi
Dalam mitos kepercayaan Hindu, matahari dimakan oleh iblis yang dipenggal kepalanya, Rahu. Dewa Wisnu, menangkap basah Rahu yang meminum ramuan kehidupan abadi. Dia pun memotong kepala iblis tersebut sebelum ramuan tersebut melewati tenggorokannya. Kepala Rahu pun membalas dendam pada benda-benda langit dengan melahap matahari dan bulan. Tapi karena Rahu tak lagi punya tubuh, matahari dn bulan akan muncul kembali setelah ditelan iblis tersebut.



Ini mah buat gerhana bulan bre..


Nama raksasanya Kalarau yg mencuri dan meminum tirta amerta,tp sebelum tirtanya masuk ke perut,lehernya sdh keduluan di lempar cakra.


Sbgai balas dendam kpd bulan yg memergoki pencurian tirta amertanya,makannya bulan dimakan bulat2..


emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joseffani dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:


emang sholat itu berarti nyembah ya menurut antum emoticon-Ngakak

dungunyaemoticon-Ngakak
profile-picture
syahali memberi reputasi
Mirip sama yang disini,, ada gerhana malah di suruh ndlosor emoticon-Malu

masa utusan pencipta semesta alam ga tau fenomena gerhana itu apa ? emoticon-Bingung (S)
hmmm.. mencurigakan sekali... emoticon-Embarrassment
profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
Quote:


Bagi Umat ISLAM itu salah 1 cara untuk mengingat, bahwa Allah adalah Pemilik dan Penguasa Alam. Dan yang pasti bukan Nyolatin Matahari/Bulan (klo gerhana Bulan). Selain Umat Islam juga ada pemeluk agam lain yang melakukan ritual ibadah saat gerhana
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan abi.molay memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Quote:


oh sholat itu sedang nyanyi ya? emoticon-Ngakak:
kalo gitu gak usah pake toa, ribut tau emoticon-Marah:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


gerhana tanda kiamat, kesimpulan dari mana emoticon-Bingung
Quote:

padahal cuma fenomena alam biasa emoticon-Cape deeehh


agama apakah itu?
profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
Bsngkulu aman ga mendung emoticon-Recommended Seller
Sama kek mitos dri padang pasir nan jauh disanaemoticon-Ngakak
otw ngumpet kolong tempat tidur
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di