CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / Movies /
JOKER DAN ANTIKLIMAKS PENOKOHAN FILM
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e01e8cfc9518b0cbe02ffb3/joker-dan-antiklimaks-penokohan-film

JOKER DAN ANTIKLIMAKS PENOKOHAN FILM

JOKER DAN ANTIKLIMAKS PENOKOHAN FILM

Mungkin sudah terlalu mainstream jika bahas film Joker pada hari ini. Lusinan thread dan review positif negatif tentang film ini bisa ditemui di media mana saja.

Namun ada dua peristiwa yang bisa (saja) menjadi pertanda perubahan khasanah penokohan dalam film. Bagaimana itu bisa terjadi?? Dan tanda apakah yang dimaksud?? Penasaran?? Saya juga. emoticon-Hammer
Simak ulasan selanjutnya setelah pesan-pesan berikut ini. emoticon-Ngacir

JOKER DAN ANTIKLIMAKS PENOKOHAN FILM

Seperti yang tertulis di awal bahwa sudah banyak thread dan artikel yang membahas tentang film ini. Mulai dari rating yang tinggi, jalan cerita yang berbeda, efeknya pada kehidupan sosial, banding-bandingin Joaquin Phoenix, Jared Leto, (Alm) Heath Ledger, dan sebagainya. Namun disini saya tidak akan mengulangi pembahasan yang sama dengan sebelumnya. Dan ketertarikan saya datang dari dua peristiwa yang mengiringi pemutaran film Joker ini. emoticon-Bookmark (S)

Quote:


Fenomena pertama adalah standing ovation setelah pemutaran film perdana Joker di acara Venice Film Festival. Yah, memang terdengar biasa tapi yang membuatnya berbeda adalah standing ovation setelah premiere film ini dilakukan selama 8 menit. Apresiasi yang sungguh luar biasa bila sebuah film diberikan standing ovation selama itu. Durasi itu bahkan lebih lama jika dibanding dengan durasi mandi saya emoticon-Big Grin. Dalam acara itu hadir pula sang aktor Joaquin Phoenix dan sutradara Todd Phillips. emoticon-army

Quote:


Yang kedua adalah, pendapatan dari film ini yang cukup fantastis. Dilansir dari IMDB bahwa pendapatan kotor dari film ini sudah menyentuh angka 1 milyar dollar, padahal estimasi budget pembuatan film ini berada di angka 55 juta dollar. Jika dibandingkan dengan film The Dark Knight, yang Joker juga main disitu, memang sama-sama meraup 1 milyar dollar. Tapi estimasi budget yang dihabiskan dalam pembuatan film garapan Christopher Nolan ini mencapai 185 juta dollar. Bila dibandingkan dengan The Dark Knight, Joker menghasilkan cuan yang lebih tebal. emoticon-Genit

Saya coba dalami kedua peristiwa tersebut. Kedua peristiwa ini menurut saya lebih dari cukup untuk menjadi bukti bahwa ada peralihan minat masyarakat penikmat film, terutama dalam penokohan. Awalnya masyarakat senang dengan alur cerita dari tokoh pahlawan berhati mulia yang selalu menang melawan kejahatan dari tokoh antagonis. Jika kita mundur ke masa lalu, nenek moyang kita dalam membuat cerita digambarkan bahwa protagonis yang selalu menang. Contohnya adalah kesenian wayang yang notabene asli buatan Indonesia. Kita pasti tidak akan pernah mendengar kisah wayang ketika Arjuna bersama Pandawa kalah perang dengan Bala Kurawa atau Rama yang pasrah menyerah dihadapan Rahwana emoticon-EEK!. Nah fenomena kemenangan tokoh protagonis tersebut terus berulang-ulang hingga di masa sekarang dengan icon superhero ala-ala Avenger dan Justice League. emoticon-Metal

Quote:


Menurut saya, kesukaan penonton terhadap film ini bukan hanya dari akting aktor dan aktrisnya semata. Tapi juga karena penonton dapat menghubungkan beberapa kejadian dalam film dengan kehidupan nyata. Penonton mulai sadar bahwa kadang kejahatan berada diatas kebaikan atau kasarnya kejahatan pun dapat mengalahkan kebaikan seperti yang terjadi di dunia nyata emoticon-Confused. Kejenuhan penonton akan kemenangan dari sosok protagonis juga bisa menjadi pendorongnya. Maka saat kemunculannya, film ini menjadi daya tarik tersendiri. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Jika boleh saya gambarkan dengan grafik, maka fenomena ini seperti puncak dari grafik yang kemudian berbalik arah. Yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah, apakah pembalikan arah dari grafik tersebut hanya koreksi semata. Atau pembalikan tersebut adalah awal dari trend yang bersifat jangka panjang (antiklimaks). Hmm, hanya waktu yang bisa menjawabnya. emoticon-Bingung (S)

JOKER DAN ANTIKLIMAKS PENOKOHAN FILM

Saya pribadi termasuk yang jenuh ketika melihat protagonis yang selalu menang. Kadang waktu nonton ending yang seperti itu saya mbatin sendiri, mbok ya sekali-sekali penjahate menang gitu biar beda sensasinya emoticon-EEK!. Tapi bagaimanapun juga film adalah sebatas hiburan semata bagi saya. Adegan-adegan dan pesan-pesannya hanya berhenti di pangkal bola mata, tak sampai masuk ke hati apalagi merasuki jiwa. emoticon-Metal

Guyur saya dengan cendol ijo seger jika menurut teman-teman ini adalah thread menarik, begitu juga batain jika thread ini dinilai membosankan. Gapapa kok, saya ikhlas. emoticon-Blue Guy Cendol (S) emoticon-Bata (S)

Tolong kasih tahu saya jika ada kesalahan pada thread ini, dengan cara yang baik tentunya. emoticon-I Love Indonesia (S)


Spoiler for SUMUR + NO REPOST:


Quote:


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pein666 dan 22 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
emoticon-Sundul Up
profile-picture
goonerettekw memberi reputasi
Semoga ada kaskuser yg ngasih pandangan film joker (versi arthur) dan kesesuaiannya dg comicbook.

Soalnya kalo dari pandangan gw pribadi, jika dinilai sebagai sebuah film, menurut gw filmnya bagus.
Tapi ketika difilm ini ada embel2 adaptasi joker, menurut gw nih film itu jelek dlm mengadaptasi karakter joker.

Gw termasuk org yg suka penggambaran joker itu penuh dg komedi. Sisi kuat karakter joker itu ada pada tiap dialognya.
Tapi difilm ini bisa dinilai sendiri.

Belum lagi soal motif kejahatan joker. Di comicbook/game/animated, dia bertindak murni karena kegilaan/madness yg ada pada pikirannya. Dia gak peduli bahwa dirinya jadi bahan olokan warga gotham atau apapun itu, yg penting motif dia berbuat kejahatan karena ingin memberikan kekacauan/rasa ngeri kepada warga gotham.
Bahkan bagi sesama penjahat pun, joker ini juga ditakuti (terrifying), penjahat pada jiper jika joker buat kekacauan. Tentu warga biasa, polisi dll juga pada takut jika joker buat ulah.

Tapi di film ini joker disimbolkan sebagai sosok pendobrak karena pemerintah dinilai gagal bagi beberapa lapisan masyarakat. Menurut gw hal ini yg paling membedakan antara joker (versi arthur) dg source materialnya.

Utk origin joker (peristiwa dia berubah jadi joker) menurut gw masih bagus versi the killing joke.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Thoriq27ST dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Quote:


hmm nice point of view emoticon-Add Friend (S)
Quote:


Yg saya tangkep difilem ini y tahap awal dia jd Joker.. utk kegilaan dia kek di comic menurut imajinasi saya: andaikan di hubungkan dg Batman (Bruce Wayne disini ntar gede) kelak ya Jokernya beda lg orgnya (seorang psikopat asli) catut nama Joker dan terinspirasi, karna difilem ini masyarakat yg demo pd demen lah istilahnya dg badut sampe pada pake topeng.

emoticon-Malu emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
goonerettekw dan 2 lainnya memberi reputasi
emoticon-Traveller
profile-picture
goonerettekw memberi reputasi
Quote:


Yaaa bener ane jg nyangka gitu, tokoh joker digambarinnya emang beda bgt.. tp yaa balik lg ke selera kita lbh suka asli komik atau film nya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
ia... film yang cukup unik... bagus banget
profile-picture
goonerettekw memberi reputasi
Gw setuju yg poin kedua sih.
Masyarakat secara umum mulai jenuh dengan alur klasik dimana protagonis selalu menang.
Walau memang balik lagi alur cerita tetap menjadi syarat utama bagusnya sebuah film mau antagonis atau protagonis yg menang.
profile-picture
profile-picture
goonerettekw dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh rhaul
klo buat beneran jd penjahat sihhh ane lbh suka joker versi komik.... tp klo diliat dari nilai yg mau disampein sih ane suka bgt filmnyaaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
goonerettekw dan 2 lainnya memberi reputasi
kecewa dengan film joker yg terakhir,cerita n aktor nya ud lumayan ok,cuma koq kayak nya kurang dapet gereget nya gitu ya,klo kemaren yg ane tonton judul nya bkn joker,ud ane tinggal ga nyampe pelem nya abis jg emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
.LEONE. dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
kereenn
banyak ketawa
"wanna hear a joke, murray?"
profile-picture
goonerettekw memberi reputasi
Di dalam bioskop, cuman Ane yg tereak bahagia sambil tepuk tangan pas adegan Pak Joker nembak Pak Presenter...
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
porno135 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Joker is kompor gas emoticon-Kaskus Banget
JOKER DAN ANTIKLIMAKS PENOKOHAN FILM

JOKER DAN ANTIKLIMAKS PENOKOHAN FILM

JOKER DAN ANTIKLIMAKS PENOKOHAN FILM
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
hhhhmmm bgtu kah emoticon-Betty
profile-picture
TEDE memberi reputasi
sampe sekarang jg protagonis yg menang masih dinikmati..
di film joker 2019, awal nya jg joker protagonis..dibully dan dianggap beda sama lingkungan sekitar, harus nerima kenyataan pahit bukan keturunan Wayne dll..
ini memaksa joker "baik" menjadi dendam dan membalas ke publik..
Pemabalasan ini seperti ketika protagonis balas dendam ke antagonis..membuat penonton senang..

Coba di film dari awal tuh joker jahat, sampe akhir antagonis yg menang..
terus pesan moral di film nya itu apa?

krn film bukan sekedar hiburan semata..kita bisa ngajarin anak2 kita lewat film..

joker jg di akhir ketangkep kan..dmn menang nya?
di situ ada pesan moral, jika kita melakukan bully ke orang, bisa jadi kita menciptakan joker-joker yg lain..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
goonerettekw dan 6 lainnya memberi reputasi
Terlepas alur cerita yg banyak pro dan kontra, menurut ane akting Joaquin Phoenix keren emoticon-2 Jempol
profile-picture
hantumasam memberi reputasi
Quote:


namanya juga buat film baru..

tapi yg menarik, kelakuan jokernya setelah jadi gila terlepas dari apapun penyebabnya..

itu pas banget men, ketawa2nya, joget2nya, dapet banget menurut ane dibanding film live action yg lain2, ga termasuk kartun ya..

bahkan yg dibilang legend, ledger, kalau dibandingkan dengan komik ya ga sesuai penggambarannya, tapi keren abis, everybody loves his joker..
Diubah oleh red23rd
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di