CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Perubahan Menarik Dalam Dunia Musik Indonesia Dalam Dekade Kedua
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dfe2e344601cf229c5aeaac/perubahan-menarik-dalam-dunia-musik-indonesia-dalam-dekade-kedua

Perubahan Menarik Dalam Dunia Musik Indonesia Dalam Dekade Kedua

Perubahan Menarik Dalam Dunia Musik Indonesia Dalam Dekade Kedua

Dekade kedua di abad 21 sebentar lagi usai. Banyak perubahan yang terjadi sepuluh tahun ini. Perkembangan teknologi dan internet sebagai kendaraan perubahan mempengaruhi banyak hal. Mulai dari pekerjaan, gaya hidup, ideologi, sampai hobi. Informasi yang didapatkan secara masif dengan filter yang kecil membuat kita sedikit kesulitan mengontrolnya.

Dari semua perubahan itu, ada satu hal yang menarik buat saya. Mungkin agan sista juga menyadari atau bahkan nggak peduli sama sekali. Hal tersebut adalah perubahan dalam dunia musik yang nggak bisa diprediksi lagi siapa yang akan jadi star dan yang cuma punya one hit wonder.

Dengan berkembangnya internet dan teknologi, membuat sebuah lagu dan memasarkannya bukan lah hal yang sulit. Sekarang orang-orang bisa dengan mudah menciptakan karyanya sendiri, dan memasarkannya secara langsung.

Mungkin ini juga yang membuat musik indie naik daun. Suka nggak suka, para penggiat musik indie ini memanfaatkan teknologi dengan sangat baik. Media pemasaran seperti youtube atau spotify menghilangkan dinding pembatas antara musisi indie dengan pendengarnya.

Stigma industri musik yang harus menyasar pasar dengan lagu pop perlahan-lahan mulai memudar. Musisi indie bisa dengan bebas menuangkan ide dan selera bermusik yang dia miliki ke dalam lagunya. Karena nggak bisa dipungkiri, menghasilkan karya dengan ide dan selera musik sendiri adalah sebuah kebanggaan, kalaupun akhirnya banyak yang menyukai saya kira itu bisa dianggap bonus.

Hal ini kemudian berdampak pada kebiasaan penikmat musik yang secara perlahan mulai nggak mementingkan genre sebuah musik. Selama masih enak didengarkan oleh diri sendiri, maka lagu tersebut akan dia dengarkan. Bodo amat dengan genre, atau bahkan penyanyinya.

Sebuah perubahan yang cukup besar jika dibandingkan dengan tahun 2000-an, di mana musisi pop lebih lama nangkring di top chart daripada musisi genre lain.

Namun sayangnya, kebebasan ini harus kalah oleh perut dan kebutuhan hidup. Memang menciptakan karya dengan “warna” sendiri adalah kepuasan yang luar biasa, namun kalau nggak menghasilkan rupiah, buat apa?

Dan jadilah sekarang dunia musik menjadi cukup aneh karena genre yang lebih bias. Maksud saya sekarang banyak musik yang mencampur-campurkan genre, misalnya pop dengan tekno, reggae dengan hip-hip, dan lain sebagainya. Yang mana buat saya pribadi malah membuat lagunya jadi aneh.

Hal ini berlaku untuk artis indonesia dan internasional. Mungkin saya yang telinganya kurang banyak mendengar, tapi setau saya sekarang musisi internasional lebih banyak yang menggabungkan genre-nya dengan musik tekno.

Ini penilaian subjektif saya saja sih, tapi hal tersebut malah menghilangkan ciri khas mereka.

Well, mau bagaimanapun ini adalah sebuah kemajuan yang cukup besar. Sekitar tahun 2010-2013 dulu, saya pernah konsisten ngband dengan genre ska, yang waktu itu masih belum besar. Terpaksa harus menyeerah di tengah jalan karena, kesulitan promosi. Ditambah telinga orang-orang di kota saya masih belum terbuka lebar seperti sekarang.

Last but not least, maju terus dunia musik indonesia!

sumber tulisan: opini pribadi
sumber gambar: https://pixabay.com/photos/audience-...-music-868074/
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
Halaman 1 dari 5
katro banget gatau cara masukin foto di browser nb -_-
profile-picture
riwidy memberi reputasi
bagus baguse indie sekarang emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
holahaloo dan riwidy memberi reputasi
Quote:


Iya bener, bikin bingung yang milih emoticon-Ngakak (S)
Indie senja kopi gabisa dipisahin bre
Ah
Masuk dekade ke-dua tetep aja selera musik ane di traditional folk emoticon-Ngakak
Selalu nyentrik dan berbeda dari yang lain
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
Dangdut koplo tetap merajalela
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cipokan.yuk dan 2 lainnya memberi reputasi
tapi yg selalu trending dari negara plastik emoticon-Cape deeehh
sama gan. ane juga gak begitu suka yg ke techno2an. mungkin kalo kadarnya sedikit sih aman di telinga ane. jujur aja sma dulu lebih yg ke garang2 macam punk, metal. semakin bertambah umur lebih luas tapi ya itu tadi, kalo sebangsa EDM kurang aja. mending2 folk kalo sekarang. Cuman kalo live, improvisasinya lebih dapet musisi jaman dulu kalo menurut ane emoticon-Cool
Diubah oleh buthair
Saking biasnya sampe sulit buat tau apa genre atau minimal lagu yang sekarang lagi naik daun. Kalo jaman 2000-2010an mungkin top hits internasional atau nasional nya masih nyangkut di kuping, lah kalo sekarang ? emoticon-Hammer (S)emoticon-Hammer (S)
Jaman 2000 sampe 2013 kalo berkutat di music indie dan underground, adalah era nya warna2 musik.
Dari punk, metal, hardcore, rock, dsb.
Ditempat gua banyak yg naik,The Upstairs, The Brandals, Burgerkill, Kuro, Killing me inside, pee wee gaskins, killed by butterfly, mynameis, closehead, speak up, rocket rockers, dsb

Bisa dikatakan, Era 2000-an adalah era emas dimana semua genre music bisa naik dan didengar oleh banyak org.
Percaya lah.
emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh eggnostick
Dari sekian banyak genre di Indo

Mungkin hanya emang Indie yang bisa dibanggakan emoticon-Angkat Beer
Hail baphomet emoticon-Belgia

Long live black metal emoticon-Belgia
profile-picture
ravenwinter memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Bagusnya musik indonesia jaman now masih belom terlalu terpengaruh sama musik internasional (=amrik) yg sekarang terlalu dominan unsur elektronik/programming, efek dari jaman yg makin canggih, bikin lagu makin gampang, alat musik makin simpel, sampe ada yg bentuknya cuma kotak kecil isi tombol beberapa biji doang (ane kaga tau namanya, maklum orang kampung) emoticon-Big Grin
Diubah oleh medyudhapradja
Quote:


Hah programming?
itu namanya genre crossover emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
Sama kek Bring Me The Horizon, kalo konsisten di aliran deathcore mana mungkin bakal setajir sama seterkenal sekarang emoticon-Ngakak
Hail Jordan Fish emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan eggnostick memberi reputasi
Quote:


Iya bring me the horizon, linkin park, genre nya ngikutin market demand. Tp album Amo tetep bagus2 kok, apalg Luden.
Kalau saya merasakan saat ini di daerah daerah justru yang baru booming adalah laginya didi kempot.
mtv.... coba elu masih ada....
Quote:


Setujuh sedelapan,band indie indo mulai naik daon disekitar taun itu. Klo era sekarng udah jarang cari2 lagu baru bnyk yg g terllu cock di ane.
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan eggnostick memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di