CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bagaimana cara "kerja" ular berbisa?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dfd1a7ca2d19546f27f05e0/bagaimana-cara-quotkerjaquot-ular-berbisa

Bagaimana cara "kerja" ular berbisa?

بِسْمِ اللهِ الرحْمَنِ الرحِيمِ

Lagi heboh nih tentang banyaknya ditemukan ular, fenomena unik memang karena tidak biasanya terjadi, tapi bagi para ahli dalam dunia hewan melata, hal ini dianggap hal yang biasa dan lumrah menurut mereka kemunculan ular-ular tersebut diakibatkan oleh banyaknya alih lahan dari persawahan, perkebunan beralih ke perumahan... yang imbasnya kepada munculnya para tamu tak diundang ke pemukiman-pemukiman warga. 
...ketika orang-orang pada umumnya ditanya apa sih yang ditakutkan dari ular? jawabannya kecendrungannya serupa, gigitanya/bisa nya.. but, ada juga yang menjawab,, karena gusinya.. nah lho what is wrong dengan gusi ular??,, katanya kalau gusinya dah rapat dikulit kita,,, artinya giginya dah masuk semua.. (sa ae)emoticon-Big Grin

talk about snake venom nih.,..
gimana sih bisa ular bekerja pada tubuh kita sehingga efek yang diakibatkan oleh bisa tersebut dapat berakibat fatal dan jika tidak ditindaki sesegera mungkin bahkan dapat menghantarkan seseorang menuju gerbang kematian,..
emoticon-Takut

Bisa ular biasanya berwarna kuning yang tersimpan di kelenjar ludah (khsusus yang berbisa nih). Ada ratusan spesies ular berbisa yang mengandalkan racun yang mereka hasilkan untuk melemahkan dan melumpuhkan mangsa mereka. nah, racun ular tersusun atas kombinasi protein, enzim, dan zat molekuler lainnya. Zat toksik ini berfungsi menghancurkan sel, mengganggu impuls saraf, atau keduanya. 

Ular menggunakan racunnya dengan hati-hati,  mereka menginjeksikan jumlah yang cukup untuk melumpuhkan mangsa atau untuk bertahan melawan predator.. Racun ular bekerja dengan cara menghancurkan sel dan jaringan, yang dapat menyebabkan kelumpuhan, pendarahan internal, bahkan,,,, u knowlah...  
Agar racun dapat bekerja, racun tersebut harus disuntikkan ke jaringan atau masuk ke aliran darah.

Komponen utama racun ular adalah protein.,, Protein beracun inilah penyebab sebagian besar efek berbahaya dari bisa ular. selain itu bisa ular juga mengandung enzim , yang membantu mempercepat reaksi kimia yang memecah ikatan kimia antara molekul besar. Enzim ini membantu pemecahan karbohidrat , protein, fosfolipid , dan nukleotida yang ada pada mangsa. Enzim toksik juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah, menghancurkan sel darah merah, dan menghambat kontrol otot.,, manusia mana coba yang tidak akan lumpuh dalam kondisi seperti ini?

Komponen tambahan racun ular adalah racun polipeptida. Racun polipeptida mengganggu fungsi sel yang dapat menyebabkan kematian sel.,, So, ada komponen yang ditemukan disemua bisa ular, tapi ada juga komponen khusus yang terdapat pada bisa ular tertentu.. 


Tiga jenis komponen utama Racun Ular: Sitotoksin, Neurotoksin, dan Hemotoksin 
Meskipun bisa ular terdiri dari kumpulan toksin, enzim, dan zat non-toksik yang kompleks, mereka secara historis telah diklasifikasikan menjadi tiga jenis utama: sitotoksin, neurotoksin, dan hemotoksin. Jenis racun ular lainnya memengaruhi tipe sel tertentu dan termasuk kardiotoksin, miotoksin, dan nefrotoksin

Sitotoksin
Spoiler for Sitotoksin:

Neurotoksin
Spoiler for Neurotoksin:

Hemotoxins 
Spoiler for Hemotoxins:


Pengiriman dan Injeksi Bisa Ular
Kebanyakan ular berbisa menyuntikkan racun ke mangsanya dengan taringnya,,. Taring sangat efektif dalam memberikan racun karena mereka menembus jaringan dan memungkinkan racun mengalir dan masuk ke luka. Beberapa ular juga bisa meludahkan atau mengeluarkan racun sebagai mekanisme pertahanan. Sistem injeksi racun mengandung empat komponen utama: kelenjar racun, otot, saluran, dan taring.

Kelenjar racun
Spoiler for Kelenjar Racun:

Otot
Spoiler for Otot:

Saluran
Spoiler for Saluran:

Taring
Spoiler for Taring:


Ular dari keluarga Viperidae memiliki sistem injeksi yang sangat berkembang. Racun terus diproduksi dan disimpan dalam kelenjar racun. Jumlah racun yang disuntikkan diatur oleh ular dan tergantung pada ukuran mangsa. Biasanya, ular berbisa melepaskan mangsanya setelah bisa disuntikkan. Ular menunggu efek dari bisa nya sebelum mengkonsumsi mangsanya tersebut.

Ular dari keluarga Elapidae (mis. Kobra, mambas, dan adders) memiliki sistem pengiriman dan injeksi racun yang sama seperti viper. Bedanya,  jenis elapid tidak memiliki taring depan bergerak. Sebagian besar elapid memiliki taring pendek, kecil dan tegak. Setelah menggigit mangsanya, elapid biasanya mempertahankan cengkeraman dan mengunyahnya untuk memastikan penetrasi racun yang optimal.

Kalau memang berbahaya, kenapa bisa ular tidak membahayakan si empunya??
Tidak ada istilah senjata makan tuan pada ular except ularnya lagi bego.., Ular berbisa tidak dirugikan oleh racun yang digunakan untuk membunuh mangsanya karena komponen utama racun ular adalah protein. Racun berbasis protein harus disuntikkan atau diserap ke dalam jaringan tubuh atau aliran darah agar efektif. Menelan racun ular tidak berbahaya karena racun berbasis protein dipecah oleh asam lambung dan enzim pencernaan menjadi komponen dasar mereka. Ini menetralkan racun protein dan membongkar mereka menjadi asam amino. Namun, jika racun itu masuk sirkulasi darah, hasilnya bisa mematikan.. 

Ular berbisa memiliki banyak perlindungan untuk membantu mereka tetap kebal atau kurang rentan terhadap racun mereka sendiri. Kelenjar racun ular diposisikan dan disusun sedemikian rupa sehingga mencegah agar racun tidak mengalir kembali ke tubuh ular. Ular beracun juga memiliki antibodi atau anti-racun untuk racun mereka sendiri untuk melindungi dari paparan, misalnya, jika mereka digigit oleh ular lain dari spesies yang sama.


.sedikit berbagi pengetahuan tentang bisa ular, semoga bermanfaat bagi agan-agan sekalian..

Wassalamu Alaikum Wr Wb

Diubah oleh ic2ng
Ulal kan gak kelja om. emoticon-EEK!
Lihat 1 balasan
Balasan post adekgantengom
kelja,,, tapi t4 keljanya di hutan
Quote:


Dapet uwit gak om? emoticon-EEK!
Lihat 1 balasan
Balasan post adekgantengom
dapet jodoh.... emoticon-Big Grin


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di