CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Selir Atau Gundik, Mana Lebih Terhormat?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dfc691cfacb9565c6309e3a/selir-atau-gundik-mana-lebih-terhormat

Selir Atau Gundik, Mana Lebih Terhormat?

    Selir Atau Gundik, Mana Lebih Terhormat?
Masih hangat tentang kasus penyelundupan Harley Davidson yang menyebabkan Dirut Garuda Ari Askhara dipecat secara tidak hormat oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Seketika mencuat juga bagaimana sepak terjang seorang Ari Askhara dalam memimpin Garuda hingga kehidupan rumah tangganya.

Anyar dikabarkan Ari Askhara telah berselingkuh dengan seorang pramugari. Dari sinilah kata gundik menjadi hangat diperbincangkan oleh warganet. Tak hanya gundik, banyak juga artikel yang mempopulerkan kata selir dari kasus yang menimpa mantan Dirut Garuda tersebut.

Namun, kali ini TS bukan ingin membahas gundik ataupun selir para petinggi Garuda tersebut. Tapi ingin membahas apa sih makna sebenarnya Gundik ataupun Selir tersebut? Samakah Gundik dan Selir?

Baiklah, dimulai dari pengertian gundik dahulu.

Menurut Wikipedia, pergundikan adalah suatu praktik di masyarakat yang berupa ikatan hubungan di luar perkimpoian antara seorang perempuan (disebut gundik) dan seorang laki-laki dengan alasan tertentu. Alasan yang paling umum biasanya adalah karena perbedaan status sosial, ras, dan agama. Selain itu, pergundikan terjadi karena adanya larangan dalam masyarakat untuk memiliki lebih dari satu istri.

Selir Atau Gundik, Mana Lebih Terhormat?

Dan pengertian Selir sendiri ternyata menurut Wikipedia adalah sama seperti gundik. Sama-sama “dipakai” tapi tidak untuk dijadikan istri utama.

Selain gundik dan selir, ternyata pada zaman Hindia-Belanda ada sebutan lain bagi wanita yang dikimpoii tanpa dinikahi tersebut. Mereka memanggil dengan istilah Nyai. Dan menurut KBBI tahun 1989, Nyai, Gundik, ataupun Selir perngertiannya adalah sama yaitu sama-sama istri gelap, perempuan piaraan, atau istri yang tak pernah dikawaini secara resmi.

Selir Atau Gundik, Mana Lebih Terhormat?

Praktek pergundikan sendiri sudah terjadi dari masa Kolonial Hindia-Belanda, dimana wanita pribumi harus rela menjadi budak dan gundik para Lelaki dari Eropa. Namun, tidak akan dinikahi secara resmi karena perbedaan status yang dimiliki. Mereka tak memiliki kuasa atas diri mereka dan apabila Tuannya sudah bosan atau habis masa jabatan, mereka akan di pindah tangankan kepada pejabat  baru. Diperlakukan seperti inventaris.

Selir Atau Gundik, Mana Lebih Terhormat?

Namun, ada sebuah Blog yang dengan gamblang menerangkan bahwa gundik dan selir adalah dua hal yang berbeda. Ia menyebutkan dimana gundik adalah seorang wanita atau beberapa wanita yang hanya dijadikan objek pemuas birahi, namun tidak pernah dinikahi, tidak diperlakukan sebagaimana halnya seorang istri, tidak memiliki wewenang apapun,  dan siapapun bisa menggunakan jasanya dan bisa diperjual-belikan jika sudah bosan, klo seperti zaman sekarang mungkin bisa diibaratkan seperti PSK, Namun gundik juga dapat memiliki anak-anak namun umumnya anak-anak gundik tak memiliki wewenang apapun.

Selir Atau Gundik, Mana Lebih Terhormat?

Sedangkan selir juga istri, namun bukan istri resmi, namun wewenangnya berbeda dengan permaisuri, meskipun demikian, selir tetap mendapatkan haknya dengan baik sebagai selir, tetap mendapatkan haknya dengan baik sebagai istri, disayangi, dihargai, dan dihormati dan diperlakukan dengan baik sebagai istri dan tidak diperjual-belikan. Dimana selir bisa berubah status menjadi permaisuri bila dikehendaki terutama oleh raja dan selir juga memiliki anak dimana anaknya juga disayangi oleh ibunya dan ayahnya yang seorang raja, tetap mendapatkan hak yang baik dan diperlakukan dengan baik sebagai anak/putra/putri sendiri.

Selir Atau Gundik, Mana Lebih Terhormat?

Memang secara praktek yang ada juga terlihat sekali perbedaan gundik dan selir. Dimana gundik lebih sering kita sebut sebagai wanita yang hanya dijadikan “piaraan” lelaki namun taka da berhak sama sekali secara hukum dan agama. Apabilah sudah bosan, bisa “dibuang” kapan saja oleh si lelaki. Mungkin jaman sekarang ini bisa disamakan dengan PSK.

Selir Atau Gundik, Mana Lebih Terhormat?

Sedangkan selir, merupakan istri sah baik itu istri kedua atau seterusnya namun kedudukannya tidak bisa sama dengan istri pertama. Untuk jaman sekarang cenderung selir lebih cocok disebut saat orang melakukan praktek poligami. Tetap dihargai, namun secara hukum tidak bisa setara secara sah dengan istri pertama.

Sedangkan Nyai, sekarang secara gaul banyak dipakai untuk wanita yang dikategorikan sudah berusia matang dan cenderung panggilan yang dihormati. Baik itu secara umur, ataupun dihormati secara kemampuannya yang sudah mumpuni di suatu di bidang. Jauh dari istilah praktek pergundikan yang ternyata gundik jaman dahulu dipanggil dengan istilah “Nyai”.

Menurut Agan Sista gimana nih?

Mana Yang Lebih Terhormat Secara Kedudukannya?



Source : HERE 1 , HERE 2 , HERE 3
Photo : Google
profile-picture
profile-picture
profile-picture
auradew dan 22 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Mutimumut11
Halaman 1 dari 8
11 12
emoticon-Big Grin
Quote:


13 14
emoticon-Big Grin
Quote:


Selir Atau Gundik, Mana Lebih Terhormat?
Quote:


Quote:


Bljar ngitung gan?emoticon-Ngakak
Secara pengucapan kata, selir lebih nyaman didengar.
profile-picture
profile-picture
iselfiawrds dan Mutimumut11 memberi reputasi
Enggak ada kehormatannya sama sekali di mata saya walaupun mereka bling2 banget bak ratu.. saya melihatnya hanya sampah menjijikkan emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
zara745 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
yaa.. sama aja lah emoticon-Smilie
11 11
profile-picture
profile-picture
becanda dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


Selir masih sah soalnya gan., gundik lebih ke arah simpenan gak sih?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


Iya selir itu masih sah mendapat perlakuan sama dengan istri tapi utk keturunan sebagai pengganti raja maka si anak dari istri atau ratu tidak dengan selir. Cmiiw beda kerajaan beda aturan soalnya.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
sama aja lah, yang satu gak puas ama sate kambing terus tiap hari, yang satu butuh kemapanan dan kekuasaan tapi gak mau kerja keras
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
di drama korea, raja punya banyak selir & hanya punya 1 ratu yang berkuasa.

gundik baru didenger oleh kuping ay baru2 ini, rupanya gundik toh wanita simpanan
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan Mutimumut11 memberi reputasi
Quote:


Sate kambing yg mana? Btuh mapan yg mana nih gan? emoticon-Ngakak
Quote:


Di wikipedia selir ama gundik d samain gan. Tapi kyaknya beda deh. Gundik kan gak sah. Sepir mah sah, kyak praktek poligami gituemoticon-Hammer2
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
yg pntibg akur
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Lonte2 sampah enggak ngerti lah emoticon-Ngakak
Serupa tapi tak sama
Di kaskus udah buka topik yang berjudul Gundik mengudara
Mungkin trit ini udah dimasukin dalam 1 topik karena heboh berita bos garuda berkasus
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Gundik itu wanita simpanan
Nyai itu istri simpanan
Selir itu istri muda (istri ke-2, 3,4,dst)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ordinaryvoice dan 5 lainnya memberi reputasi
Kalau kerajaan mah beda lagi, ada politiknya itu mah
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Quote:


Wikipedia jgn dijadiin sumber atau acuan utama bro
Wikipedia bisa siapa aja yg ngedit
Kang baso depan rumah gw jg bisa
profile-picture
profile-picture
Day.Walker dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
anak dari gundik itu gk punya hak waris.
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di